Bantu Anak Anda Menolak Rokok dengan Mempraktikkan 4 Prinsip Alkitabiah Ini
Sumber: Canva.com

Parenting / 18 January 2024

Kalangan Sendiri

Bantu Anak Anda Menolak Rokok dengan Mempraktikkan 4 Prinsip Alkitabiah Ini

Aprita L Ekanaru Official Writer
750

Rokok adalah salah satu masalah kesehatan masyarakat yang paling serius di dunia. Menurut data dari Kementerian Kesehatan RI, prevalensi merokok pada anak usia 10-18 tahun di Indonesia pada tahun 2021 mencapai 9,1%. Angka ini menunjukkan bahwa anak-anak Indonesia semakin rentan terhadap bahaya merokok.

 

BACA JUGA: Simak Metode Terbaik Agar Suami Kamu Berhenti Merokok dan Sepenuhnya Hidup Untuk Tuhan!

 

Orang tua memiliki peran penting dalam membantu anak-anak untuk menolak rokok. Alkitab memberikan beberapa prinsip yang dapat membantu orang tua dalam menjalankan peran ini.

1. Jadilah teladan yang baik

Teladan adalah salah satu cara yang paling efektif untuk mengajarkan anak-anak. Jika orang tua merokok, anak-anak akan lebih cenderung untuk merokok juga. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk berhenti merokok jika mereka ingin membantu anak-anak mereka untuk menolak rokok.

Alkitab mengajarkan bahwa orang tua harus menjadi teladan bagi anak-anak mereka. Dalam Efesus 6:4, Paulus berkata, "Hai bapa-bapa, janganlah jengkelkan hati anak-anakmu, tetapi didiklah mereka di dalam ajaran dan nasihat Tuhan."

2. Ajarkan anak-anak tentang bahaya rokok

Anak-anak perlu mengetahui bahaya rokok agar mereka dapat membuat keputusan yang tepat untuk menolak rokok. Orang tua dapat mengajarkan anak-anak tentang bahaya rokok dengan cara yang menarik dan sesuai dengan usia mereka.

Alkitab mengajarkan bahwa orang tua harus mendidik anak-anak mereka tentang kebenaran. Dalam 2 Timotius 3:14-15, Paulus berkata, "Ia telah menjadikan kita layak untuk menjadi bagian dari warisan orang-orang kudus dalam terang, dan telah melepaskan kita dari kuasa kegelapan dan memindahkan kita ke dalam Kerajaan Anak-Nya yang kekasih; di dalam Dia kita memiliki penebusan oleh darah-Nya, pengampunan dosa, menurut kekayaan kasih karunia-Nya."

3. Berikan anak-anak keterampilan untuk menolak rokok

Anak-anak perlu memiliki keterampilan untuk menolak rokok jika mereka dihadapkan pada situasi di mana mereka ditawari rokok. Orang tua dapat membantu anak-anak untuk mengembangkan keterampilan ini dengan cara berlatih bersama mereka.

Alkitab mengajarkan bahwa orang tua harus membekali anak-anak mereka dengan hikmat dan pengetahuan. Dalam Amsal 2:1-11, Salomo berkata, "Hai anakku, jikalau engkau menerima perkataanku dan menyimpan perintahku di dalam hatimu, sehingga telingamu memperhatikan hikmat dan hatimu merenungkan kebijaksanaan, maka engkau akan berseru-seru untuk pengertian, dan akan meninggikan suaramu untuk kecerdasan; jikalau engkau mencarinya seperti mencari perak dan menyelidikinya seperti menyelidiki harta terpendam, maka engkau akan memahami takut akan TUHAN dan mendapat pengenalan akan Allah. Karena TUHANlah yang memberikan hikmat, dari mulut-Nyalah keluar pengetahuan dan kebijaksanaan."

4. Libatkan anak-anak dalam kegiatan positif

Anak-anak yang terlibat dalam kegiatan positif akan lebih cenderung untuk menolak rokok. Orang tua dapat membantu anak-anak untuk terlibat dalam kegiatan positif dengan cara mendaftarkan mereka di kegiatan ekstrakurikuler atau komunitas.

Alkitab mengajarkan bahwa orang tua harus membimbing anak-anak mereka untuk hidup dalam kebenaran. Dalam 3 Yohanes 1:4, "Bagiku tidak ada sukacita yang lebih besar dari pada mendengar, bahwa anak-anakku hidup dalam kebenaran."

 

BACA JUGA: WHO Desak Semua Negara Larang Rokok Elektrik Berperasa, Masih Berani Coba-coba?

 

Dengan menerapkan prinsip-prinsip Alkitabiah ini, orang tua dapat membantu anak-anak mereka untuk menolak rokok dan menjalani hidup yang sehat dan bahagia.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami