VIDEO: DUNIA DIGITAL MEMBUAT KELUARGA SEMAKIN JAUH ?
Sumber: Jawaban Channel

Berita CBN / 15 January 2024

Kalangan Sendiri

VIDEO: DUNIA DIGITAL MEMBUAT KELUARGA SEMAKIN JAUH ?

Puji Astuti Official Writer
389

Jumlah anak-anak yang mengalami kecanduan gadget semakin mengkuatirkan. Bahkan saat ini sebuah rumah sakit jiwa di Jawa Barat sudah menyediakan khusus bangsal untuk anak-anak yang mengalami kecanduan gawai atau gadget. Pengaruh dunia digital sangat kuat, seperti game online dan pornografi. Namun tahukah Anda, seberapa parah dampaknya untuk anak-anak kita? 

Hal inilah yang diulas secara khusus oleh Mark McClendon dan Maria Kaesmetan dalam Cahaya Bagi Negeri.

Pandemi Covid19 menjadi salah satu pendorong yang membuat banyak anak-anak masuk dalam dunia digital di usia yang seharusnya belum pantas. Hal ini akhirnya menjadi pemicu bencana bagi banyak keluarga, yaitu menormalkan anak-anak untuk berada di dunia maya sebelum waktunya.  

Menurut data Meltwater.com, setiap harinya orang Indonesia menghabiskan waktu 7 jam 42 menit untuk mengakses internet. Serta laporan Badan Pusat Statistik Indonesia pada tahun 2022, anak-anak usia 0-6 tahun yang memiliki akses terhadap ponsel sebanyak 33%, dan usia 5-6 tahun sebesar 53%. Anak-anak ini menghabiskan waktu empat setengah jam menggunakan smartphone-nya. Apa dampak jangka panjang pada anak yang mengakses gawai secara terus menerus? Apakah orangtua bisa memberikan pendampingan maksimal kepada anak-anak itu?  

Apakah anak-anak kita pada akhirnya malah memiliki pola pikir dan nilai-nilai di luar dari kemauan orangtuanya? Sebab kemudahan akses informasi dan arus sosial media saat ini tidak bisa dipungkiri membentuk dan mempengaruhi pola pikir dan nilai-nilai kehidupan, bukan hanya anak-anak bahkan hingga orang dewasa.  

Lalu bagaimana sebagai orangtua harus bertindak menghadapi kondisi yang sudah pada tahap sangat memprihatinkan saat ini? 

Bertanyaan-pertanyaan krusial tentang dampak penggunaan gawai pada anak inilah yang dijawab dalam diskusi dengan Charllote Priyatna,M.Pd, seorang pendidik dan pengajar parenting. Dapatkan jawaban selengkapnya di Video Cahaya Bagi Negeri berikut ini: 

Tonton episode Cahaya Bagi Negeri lainnya : 

VIDEO: Waspada! Silent Killer Ini Penyebab Kematian Banyak Manusia

VIDEO : Resolusi Tahun Baru, Apakah Monumen Kebodohan atau Tekad yang Layak?

Cahaya Bagi Negeri Special Natal, Wonderful Christmas Tradition

Sumber : Jawaban Channel
Halaman :
1

Ikuti Kami