Cara Beri Pengertian Pada Anak Saat Keuangan Keluarga Goyah
Sumber: canva.com

Parenting / 13 January 2024

Kalangan Sendiri

Cara Beri Pengertian Pada Anak Saat Keuangan Keluarga Goyah

Puji Astuti Official Writer
676

Kemalangan itu tidak bisa diprediksi dan tak pernah direncanakan. Sebuah keluarga bisa mengalami goncangan ekonomi secara tiba-tiba karena berbagai faktor, seperti kehilangan pekerjaan, kenaikan biaya hidup, atau goncangan ekonomis secara global. Bahkan kesehatan anggota keluarga yang memburuk atau kejadian tak terduga seperti bencana alam juga dapat berdampak serius pada stabilitas finansial.  

Bagi orang dewasa, menghadapi goncangan ekonomi dan kesulitan yang tiba-tiba, mereka lebih mudah beradaptasi karena mereka bisa mengerti apa yang terjadi, melakukan analisa dan membuat keputusan untuk memperbaiki keadaan. Namun bagi anak-anak, ketidakpastian ekonomi akan sangat memukul mereka dan bahkan mempengaruhi mereka secara mental dan fisik. Bagaimana cara menolong mereka? 

Cara terbaik untuk menjelaskan kondisi ekonomi sulit kepada anak adalah dengan terbuka dan lembut. Pilihlah momen yang tenang, lalu katakan dengan jujur bahwa keluarga sedang mengalami tantangan keuangan. Gunakan bahasa yang sesuai dengan pemahaman anak, seperti "beberapa hal perlu diatur dengan lebih hati-hati untuk sementara waktu." 

Sampaikan bahwa kondisi ini bukan salah anak dan bahwa orang tua tetap akan menjaga kebutuhan dasar, seperti makanan, pakaian, dan tempat tinggal. Beri contoh sederhana tentang bagaimana keluarga bisa melakukan penghematan tanpa mengorbankan kebahagiaan, seperti memasak bersama di rumah atau menikmati kegiatan gratis. 

Tunjukkan dukungan dan ajak anak berbicara tentang perasaannya. Jelaskan bahwa stres orang tua bukan karena mereka, tetapi karena tanggung jawab keuangan. Pastikan anak tahu bahwa mereka aman dan dicintai, dan bahwa keluarga akan bekerja sama untuk mengatasi masalah ini. Akhirnya, tegaskan bahwa anak tidak perlu merasa takut atau bersalah, karena keluarga akan melewati ini bersama-sama. 

7 Hal Pada Anak Yang Perlu Diperhatikan Orangtua Saat Melewati Kesulitan Ekonomi 

1. Komunikasi Terbuka.

Berbicaralah dengan jujur dan sederhana kepada anak tentang situasi ekonomi keluarga. Hindari menyembunyikan informasi yang bisa menimbulkan kekhawatiran atau ketidakpastian. 

2. Dukungan Emosional.

Anak-anak perlu merasa aman dan dicintai. Berikan dukungan emosional, hindari menyalahkan mereka, dan pastikan mereka tahu bahwa situasi ini bukan salah mereka. 

3. Rutinitas yang Stabil.

Usahakan untuk menjaga rutinitas harian sebanyak mungkin. Rutinitas yang stabil dapat memberikan anak perasaan kepastian dan kontrol di tengah ketidakpastian ekonomi. 

4. Pemahaman Terhadap Perasaan Anak.

Biarkan anak berbicara tentang perasaannya dan pertanyaannya. Dengarkan dengan penuh perhatian dan berikan jawaban sesuai usia mereka. 

5. Pemantauan Kesehatan Mental.

Perhatikan perubahan perilaku anak, seperti penurunan semangat, isolasi diri, atau gangguan tidur. Jika diperlukan, pertimbangkan untuk mencari bantuan profesional. 

6. Pengaturan Pengeluaran.

Ajarkan anak tentang nilai uang dan arti dari pengeluaran yang bijaksana. Libatkan mereka dalam keputusan keuangan yang sesuai dengan usia mereka. 

7. Mengutamakan Kebutuhan Dasar.

Pastikan kebutuhan dasar anak, seperti makanan, pendidikan, dan kesehatan, tetap terpenuhi meskipun ada pembatasan anggaran. 

Dalam menghadapi tantangan ekonomi, orang tua memiliki peran penting untuk memastikan kesejahteraan anak-anak. Meskipun situasi sulit, komunikasi terbuka dan dukungan emosional dapat membantu mengurangi dampaknya pada anak-anak. Menjaga rutinitas harian dan pemahaman terhadap perasaan anak juga merupakan kunci untuk memberikan stabilitas dalam kehidupan mereka.  

Selalu ingat, meskipun dalam kesulitan ekonomi, ada harapan di dalam Tuhan. Ingatkan anak-anak bahwa Tuhan tidak pernah meninggalkan mereka, dan pertolongan-Nya pasti datang tepat pada waktunya. Doa dapat membangkitkan iman dan kekuatan yang diperlukan untuk mengatasi masalah ini.

Jika saat ini keluarga Anda juga sedang menghadapi goncangan ekonomi, jangan ragu untuk menghubungi kami di Layanan Doa dan Konseling CBN dengan KLIK DISINI. Jadikan hal ini sebagai langkah pertama menuju harapan dan pemulihan. 

Sumber : Puji Astuti | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami