Lelah Doa Tak Kunjung Dijawab? Inilah 10 Doa yang Pasti Akan Selalu Dijawab Tuhan
Sumber: canva.com

Kata Alkitab / 11 January 2024

Kalangan Sendiri

Lelah Doa Tak Kunjung Dijawab? Inilah 10 Doa yang Pasti Akan Selalu Dijawab Tuhan

Claudia Jessica Official Writer
878

Doa yang menjadi nafas orang Kristen adalah hal sederhana sekaligus rumit. Setiap orang berdoa dan Tuhan mendengarkan setiap doa-doa yang kita naikkan. Namun, bagaimana kita bisa mendapatkan jawaban doa kita?

Terkadang jawaban doa datang begitu saja. Tak jarang kita juga perlu menunggu jawaban doa. Tuhan menjawab doa kita dengan tiga jawaban, yakni “iya”, “tidak” dan “tunggu”. Namun, ada beberapa doa yang pasti akan Tuhan kabulkan. Mengapa demikian? Karena keinginan kita harus tumbuh dalam diri-Nya dan melihat kita harus melihat lebih banyak tentang Dia dalam hidup kita.

Apa saja doa yang pasti akan dikabulkan oleh-Nya? Mari kita lihat 10 doa yang pasti akan dikabulkan oleh Tuhan:

#1 “Gunakan aku untuk memuliakan-Mu”

Salah satu keinginan Tuhan adalah menggunakan kita untuk kemuliaan-Nya. Terkadang sulit bagi kita untuk melihat arah kehidupan kita atau kemana Tuhan mengarahkan hidup kita. Namun, jika kita bertanya kepada-Nya, DIA akan menjawabnya.

 

BACA JUGA: Bukan Asal Berdoa, Doa Ini yang Berkuasa Meluluhkan Hati Tuhan

 

Tuhan bisa menjawabnya dengan berbagai cara, maka dari itu kita memerlukan hikmat untuk mendengar jawaban-Nya.

#2 “Ampuni dosa-dosaku”

Tuhan kita adalah Tuhan yang pengasih dan penuh belas kasihan. Sementara kita semua adalah orang berdosa. Tidak ada satupun orang yang sempurna. Namun, jika kita membuka hati dan mau mengakui dosa-dosa kita, DIA akan menebus kita. Tuhan telah mati di kayu salib untuk menyelamatkan kita dari dosa-dosa yang kita lakukan.

#3 “Tunjukkan kehadiran-Mu”

Dalam kesibukan hidup ini, terkadang sulit bagi kita untuk melihat dan mendengar suara Tuhan yang memimpin kita. Jika kita meminta-Nya, Tuhan akan menunjukkan diri-Nya kepada kita. Dia akan melakukannya dengan cara yang mengagumkan dan membuat kita takjub. Dia mengungkapkan diri-Nya dengan cara yang berbeda-beda kepada setiap kita. Terkadang Tuhan menunjukkan kehadiran-Nya dengan suara hati, terkadang melalui penglihatan dan mimpi, dan masih banyak lagi cara-Nya yang tak terduga. Tuhan tidak selalu menunjukkan diri-Nya dengan jelas, terkadang Dia mengungkapkan diri-Nya dengan cara sederhana.

#4 “Berikan aku kebijaksanaanmu”

Seperti yang dikatakan oleh Alkitab bahwa kita tidak boleh bersandar pada pengertian kita sendiri. Saat menghadapi situasi dimana tidak tahu harus berbuat apa, mintalah hikmat kebijaksanaan kepada-Nya.

 

BACA JUGA: 3 Alasan Orang Kristen Harus Berdoa Sebelum Mengambil Keputusan Keuangan

 

#5 “Kuatkan imanku”

Taat adalah hal yang Tuhan inginkan dari kita ketika Ia memberikan perintah kepada kita. Namun, terkadang menjadi taat sangat sulit. Kecemasan, keraguan, dan ketakutan seringkali membuat kita menjadi kurang atau tidak taat. Ketika hal ini terjadi, berdoalah kepada-Nya untuk meneguhkan iman Anda dan taat kepada perintah-Nya. Jangan sungkan untuk meminta Tuhan membantu Anda melakukan apa yang Ia perintahkan kepada Anda.

#6 “Bantu Aku menyebarkan kasih-Mu”

Dunia adalah tempat yang kera, penuh dengan kegilaan. Dan cara terbaik untuk berinteraksi dengan orang lain adalah dengan menunjukkan kasih Tuhan. Meski pada kenyataannya, terkadang kita kesulitan untuk melakukan hal ini.

Ketika Anda meminta bantuan Tuhan untuk menyebarkan kasih-Nya, DIA akan melakukannya.

#7 “Beri aku kejelasan”

Menjalani hidup di dunia ini terkadang terasa sulit dan membingungkan. Tuhan tidak ingin kita mengambil jalan yang salah atau membuat pilihan yang salah. Mungkin membutuhkan waktu dan kesabaran, tetapi Tuhan akan selalu menjawab doa-doa kita.

2 Korintus 4:6 “Sebab Allah yang telah berfirman: “Dari dalam gelap akan terbit terang!”, Ia juga yang membuat terang-Nya bercahaya di dalam hati kita, supaya kita beroleh terang dari pengetahuan tentang kemuliaan Allah yang nampak pada wajah Kristus.”

#8 “Bantu aku menemukan kedamaian”

Hidup kita bisa saja kacau, apa lagi kita hidup di dunia dengan segala kericuhannya. Dengan segala hal yang terjadi, rasanya menemukan kebahagiaan hampir mustahil. Tuhan tidak ingin kita hidup dalam kecemasan dan bahaya, DIA akan selalu menjawab doa dan membantu kita menemukan kedamaian.

 

BACA JUGA: Masalah Datang, Berserah Atau Pasrah?

 

Yeremia 29: 12-13 “Dan apabila kamu berseru dan datang untuk berdoa kepada-Ku, maka Aku akan mendengarkan kamu; apabila kamu mencari Aku, kamu akan menemukan Aku; apabila kamu menanyakan Aku dengan segenap hati.”

#9 “Sejajarkan hatiku dengan hatimu”

Dunia ini menjadi tempat yang kejam dan terkadang sulit untuk tidak menyimpan kebencian atau perasaan negatif dalam hati kita. Dengan meminta Tuhan menyelaraskan hati kita dengan hati-Nya dan meminta pengampunan, Dia dapat membersihkan kita dari segala racun yang menumpuk di hati kita dan menjadi lebih selaras dengan-Nya. Dia mengasihi kita dan Dia ingin menjadi sama seperti-Nya, jadi DIA akan selalu menjawab doa ini.

#10 “Sejajarkan pikiranku dengan pikiran-Mu”

Pikiran kita dibombardir dengan berbagai informasi, opini, pemikiran setiap hari. Seperti frasa umum, apa yang kita dengar, itulah yang akan kita keluarkan. Namun, kita tidak bisa menutup diri sepenuhnya dari masyarakat dan media.

Tak jarang pikiran kita merasa bimbang dari waktu ke waktu. Ketika mengalami situasi seperti ini, yang terbaik adalah dengan meminta Tuhan untuk menyelaraskan pikiran kita dengan pikiran-Nya.

 

BACA JUGA: Ministry Time: Tuhan Selalu Ada Bahkan di Tengah Masa Tersulitmu

 

Mari kita berdoa:

Tuhan, aku ingin bertumbuh di dalam Engkau dan mengetahui lebih banyak tentang Engkau di dalam hidupku. Aku berdoa agar Engkau menguatkan aku dan bisa menjadi serupa dengan Engkau.

Aku mengucap syukur atas cinta-Mu dan Engkau telah mengampuni dosa-dosaku setiap hati. Aku berdoa agar Engkau menunjukkan diri-Mu dalam hidupku. Berikan aku kebijaksanaan tentang apa yang harus aku lakukan dalam setiap keadaan yang kuhadapi. Kuatkan dan teguhkan hatiku. Tunjukkan jalan yang benar kepadaku dan tolong aku jika aku tersesat.

Tunjukkan kepadaku cara untuk membagikan kasih-Mu kepada orang-orang di sekitarku. Jernihkan pikiranku dan bantu selaraskan hatiku dengan hati-Mu, dan pikiranku dengan pikiran-Mu.

Terima kasih telah menjawab semua doaku di waktu yang tepat dengan jawaban-Mu yang sempurna meskipun terkadang aku tidak bisa mengerti.

Dalam nama-Mu, Tuhan Yesus Kristus, aku berdoa.

Amin.

 

Jika Anda berbeban berat dan membutuhkan dukungan doa dan konseling, hubungi Layanan Doa dan Konseling CBN di nomor 0822-1500-2424 atau klik link: bit.ly/InginDidoakan

Sumber : crosswalk.com
Halaman :
1

Ikuti Kami