VIDEO: Waspada! Silent Killer Ini Penyebab Kematian Banyak Manusia
Sumber: Jawaban Channel

Berita CBN / 10 January 2024

Kalangan Sendiri

VIDEO: Waspada! Silent Killer Ini Penyebab Kematian Banyak Manusia

Puji Astuti Official Writer
920

Tahukah Anda bahwa ada satu hal yang menjadi silent killer atau penyebab kematian yang tidak disadari oleh banyak orang? Apa itu? Hal tersebut adalah stres. Padahal stres sangat dekat dengan  kehidupan ini. Manusia tidak pernah lepas dari masalah dan tekanan.  

Kementerian Kesehatan mendefisinikan stres sebagai reaksi seseorang baik secara fisik maupun emosional (mental/psikis) apabila ada perubahan dari lingkungan yang mengharuskan seseorang menyesuaikan diri. 

Lalu apakah orang yang dekat dengan Tuhan juga bisa mengalami stres? Bagaimana cara orang Kristen meresponi stres?  

Hal inilah yang dibahas dalam program Cahaya Bagi Negeri bersama dengan Mark McClendon dan Maria Kaesmetan, yang mengupas tentang “Apakah Stres Menjadi Penyebab Kematian Banyak Orang?” 

World Health Organization (WHO) dan Kementerian Kesehatan menyatakan bahwa stres adalah respons tubuh terhadap tekanan kehidupan, jadi stres berdampak pada kesehatan fisik dan mental. Bahkan ada penelitian medis menyatakan 90% penyakit itu berhubungan dengan stres. Karena stres berlebihan dapat menyerang kekebalan tubuh seseorang dan membuatnya rentan berbagai penyakit.  

Namun ada sebuah fakta menarik dalam menangani stres, dalam Journal of Psychosomatic Research menunjukkan korelasi kuat antara tingkat stres dan tingkat spiritualitas seseorang. Bahkan Oregon State University menyatakan bahwa berdoa dan membaca Alkitab dapat membantu mengatur emosi dan menciptakan pola hidup yang lebih sehat.  

Tetapi apakah hal tersebut benar, iman dan hubungan yang intim dengan Tuhan dalam mengatasi stres serta meningkatkan kualitas kehidupan orang percaya? Mengenai hal ini Pdt.Ir,Jarot Wijanarko mengupas lebih dalam tentang hal ini.  

Sebagai seorang praktisi kesehatan, pengusaha dan pendeta, stres adalah hal juga dialami oleh Pdt.Jarot. Terlebih ketika usahanya mengalami kebangkrutan dan harus menanggung kerugian hingga 240 miliar, tubuhnya bereaksi terhadap stres sehingga gula darahnya naik. Lalu bagaimana ia mengatasinya dan hikmat seperti apa yang ia dapatkan dari Tuhan dalam meresponi stres dengan benar?  

Mari saksikan bersama dalam episode Cahaya Bagi Negeri berikut ini: 

TONTON JUGA EPISODE LAINNYA : 

Cahaya Bagi Negeri Special Natal, Wonderful Christmas Tradition

VIDEO : Resolusi Tahun Baru, Apakah Monumen Kebodohan atau Tekad yang Layak?

Sumber : Jawaban Channel
Halaman :
1

Ikuti Kami