Food Prep: Cara Menghemat Keuangan dan Masak Sehat
Sumber: Canva.com

Finance / 8 January 2024

Kalangan Sendiri

Food Prep: Cara Menghemat Keuangan dan Masak Sehat

Aprita L Ekanaru Official Writer
672

Di era modern seperti saat ini, banyak orang yang lebih memilih untuk membeli makanan siap saji daripada memasak sendiri. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kesibukan, kurangnya keterampilan memasak, atau rasa malas. Padahal, memasak sendiri di rumah memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah dapat menghemat keuangan.

 

BACA JUGA: 5 Kesalahpahaman Konsep Frugal Living yang Sering Terjadi Pada Pemula

 

Food prep adalah salah satu cara untuk memasak sendiri yang dapat menghemat keuangan. Food prep adalah kegiatan menyiapkan makanan untuk dikonsumsi dalam beberapa hari ke depan. Dengan food prep, Anda dapat memasak dalam jumlah besar sekaligus, sehingga dapat menghemat waktu dan biaya.

Berikut adalah beberapa cara food prep dapat menghemat keuangan:

1. Mengurangi pembelian makanan di luar

Ketika Anda memasak sendiri, Anda akan lebih sering mengonsumsi makanan yang dimasak di rumah. Hal ini akan mengurangi pembelian makanan di luar, yang biasanya lebih mahal daripada memasak sendiri.

Misalnya, jika Anda biasanya makan di luar dengan harga Rp50.000 per hari, maka dalam sebulan Anda akan mengeluarkan biaya sebesar Rp15.000.000. Jika Anda memasak sendiri dengan biaya rata-rata Rp20.000 per hari, maka dalam sebulan Anda hanya akan mengeluarkan biaya sebesar Rp6.000.000.

2. Mengontrol anggaran makanan

Dengan food prep, Anda dapat dengan mudah mengontrol anggaran makanan Anda. Anda dapat membuat daftar menu makanan yang akan Anda masak selama beberapa hari ke depan, dan kemudian membuat anggaran untuk membeli bahan-bahannya.

Dengan begitu, Anda akan lebih sadar akan jumlah uang yang Anda keluarkan untuk makanan, dan Anda dapat menghindari pengeluaran yang tidak perlu.

3. Membeli bahan makanan dalam jumlah besar

Ketika Anda membeli bahan makanan dalam jumlah besar, Anda biasanya akan mendapatkan potongan harga. Hal ini dapat menghemat anggaran makanan Anda secara signifikan.

Misalnya, jika Anda biasanya membeli beras 1 kilogram dengan harga Rp10.000, maka dalam sebulan Anda akan mengeluarkan biaya sebesar Rp300.000. Jika Anda membeli beras 5 kilogram dengan harga Rp45.000, maka dalam sebulan Anda hanya akan mengeluarkan biaya sebesar Rp180.000.

4. Mencegah makanan terbuang sia-sia

Dengan food prep, Anda dapat memasak dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Hal ini dapat mencegah makanan terbuang sia-sia, yang dapat menjadi pemborosan uang.

Misalnya, jika Anda biasanya memasak makanan untuk satu kali makan, maka Anda mungkin akan memasak lebih banyak dari yang Anda butuhkan. Jika makanan tersebut tidak habis, maka Anda akan membuangnya. Dengan food prep, Anda dapat memasak dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda, sehingga makanan tidak akan terbuang sia-sia.

Selain menghemat keuangan, food prep juga dapat memberikan manfaat lain, seperti:

1. Membuat Anda lebih sehat

Dengan food prep, Anda dapat lebih mudah mengontrol asupan makanan Anda. Anda dapat memilih bahan makanan yang sehat dan segar, serta memasaknya dengan cara yang sehat.

2. Meningkatkan keterampilan memasak

Food prep dapat menjadi sarana untuk meningkatkan keterampilan memasak Anda. Dengan sering memasak, Anda akan menjadi lebih terampil dan dapat membuat berbagai macam hidangan.

3. Mempermudah aktivitas sehari-hari

Food prep dapat mempermudah aktivitas sehari-hari Anda. Anda tidak perlu lagi repot menyiapkan menu memasak setiap hari, karena Anda sudah memiliki makanan yang siap dimasak.

 

BACA JUGA: 4 Cara Bijak Ibu Rumah Tangga Kelola Uang di Tengah Masa Krisis

 

Jika Anda ingin menghemat keuangan dan makan sehat, food prep adalah salah satu cara yang dapat Anda coba. Dengan sedikit perencanaan dan ketekunan, Anda dapat dengan mudah menerapkan food prep dalam kehidupan sehari-hari Anda.

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami