Yuk Ajarkan Anak Nilai Diri Yang Benar Dengan 3 Kebenaran Firman Tuhan Ini
Sumber: Canva

Parenting / 6 January 2024

Kalangan Sendiri

Yuk Ajarkan Anak Nilai Diri Yang Benar Dengan 3 Kebenaran Firman Tuhan Ini

Puji Astuti Official Writer
1097

Anak-anak adalah peniru ulung, mereka seperti spons yang menyerap informasi dari sekitarnya. Sayangnya, tidak semua yang mereka tiru dan pelajari adalah kebenaran, salah satunya adalah tentang nilai diri atau rasa berharga. Seperti ada yang membanding-bandingkan mereka dengan orang lain, atau merasa berharga karena pencapaian atau keberhasilan mereka, dan bahkan ada yang butuh pengakuan orang lain untuk merasa berharga.  

Mengajarkan kepada anak bahwa diri mereka berharga di mata Tuhan memiliki dampak positif yang besar dalam pembentukan karakter dan perkembangan pribadi mereka. Konsep ini membangun dasar yang kuat untuk kepercayaan diri dan nilai diri yang sehat. 

Pertama-tama, pemahaman bahwa diri mereka berharga di mata Tuhan memberikan fondasi moral dan etika. Anak yang menyadari bahwa mereka diciptakan oleh Tuhan dengan tujuan dan bahwa diri mereka berharga di mata Tuhan.  Mereka akan lebih mungkin membuat keputusan berdasarkan nilai-nilai moral yang mendasar, karena merasa memiliki tanggung jawab moral kepada Pencipta mereka. 

Selanjutnya, konsep ini juga membantu mereka melawan tekanan sosial dan ekspektasi eksternal yang dapat merusak harga diri anak. Dalam dunia yang sering kali menilai seseorang berdasarkan penampilan fisik, prestasi, atau popularitas, maka pemahaman bahwa diri mereka berharga di mata Tuhan memberikan anak landasan yang kokoh. Mereka tidak lagi terjebak dalam perbandingan yang merugikan dan bisa lebih fokus pada pengembangan karakter dan potensi yang unik. 

Selain itu, keyakinan bahwa diri mereka berharga di mata Tuhan juga membantu anak mengatasi rasa takut dan kecemasan. Mereka akan merasa lebih aman dan diterima, sehingga mereka dapat menghadapi tantangan hidup dengan keyakinan diri yang positif. Hal ini juga membantu dalam mengembangkan ketahanan mental yang diperlukan untuk menghadapi rintangan dan kegagalan. 

BACA JUGA ARTIKEL LAINNYA:
Anak Berharga & Bernilai Di Mata Tuhan! Apa Yang Penting Bagi Tuhan, Penting Juga Bagi Kita

Pelajaran di SOL Ajarkan Bahwa Aku Anak yang Berharga - Arjuna

Mengajarkan kepada anak bahwa diri mereka berharga dapat dilakukan dengan memperkenalkan konsep tersebut melalui ajaran-ajaran Alkitab yang sederhana dan relevan.  

3 Hal Yang Perlu Diajarkan Pada Anak Tentang Nilai Diri Mereka 

1.Allah Menciptakan setiap Pribadi dengan Rencana Khusus. 

 - Ayat Dasar: " Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan. " (Yeremia 29:11) 

 - Penjelasan: Anak-anak perlu menyadari bahwa Allah menciptakan mereka dengan tujuan khusus dalam hidup mereka. Mereka lahir bukan karena kebetulan, karena Tuhan sudah merencanakannya dan Tuhan berjanji akan memberikan masa depan yang penuh harapan untuk mereka. 

2. Kita Diciptakan menurut Gambar Allah. 

   - Ayat Dasar: " Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka. " (Kejadian 1:27) 

   - Penjelasan: Anak-anak perlu tahu bahwa mereka adalah ciptaan Allah, diciptakan menurut gambar-Nya, dan oleh karena itu memiliki nilai yang sangat tinggi.  

3. Mereka Berharga Karena Yesus Kristus Mati di Kayu Salib Untuk Menebus Mereka 

   - Ayat Dasar: " Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. " (Yohanes 3:16) 

   - Penjelasan: Mengajarkan anak-anak bahwa kasih Allah kepada mereka tidak terbatas dan bahwa karena kasih-Nya yang begitu besar buat mereka sehingga Yesus Kristus rela mati di kayu salib untuk menebus mereka dari dosa.  

Dengan mengajarkan 3 nilai-nilai mendasar di atas kepada anak-anak, mereka dapat bertumbuh dengan nilai diri yang benar. Ingatlah bahwa sebagai orangtua, kita memiliki peran penting dalam membentuk nilai diri anak-anak kita. Ketika mereka memiliki keyakinan bahwa mereka adalah ciptaan Tuhan yang amat berharga, dengan potensi yang tak terhingga, mereka akan tumbuh dengan percaya diri. 

Dengan memberikan kasih sayang, dukungan, dan penerimaan tanpa syarat, kita tidak hanya membangun anak-anak kita memiliki nilai diri yang benar,  tetapi juga membantu mereka tumbuh menjadi individu yang penuh kasih dan bermanfaat bagi sesama, sejalan dengan kerinduan  Tuhan terhadap mereka. 

------------------------------------------------------------------

 

Saat ini CBN sudah melayani 3.720 anak lewat Sanggar Belajar Anak School of Life (SoL) di daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal di Indonesia. Mari jadi berkat untuk anak Indonesia agar mereka dapat akses pendidikan yang baik, DONASI SEKARANG

 

Sumber : Puji Astuti | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami