Boncos Setelah Libur Tahun Baru? Lakukan 5 Tips Sederhana Ini
Sumber: Canva.com

Finance / 5 January 2024

Kalangan Sendiri

Boncos Setelah Libur Tahun Baru? Lakukan 5 Tips Sederhana Ini

Aprita L Ekanaru Official Writer
702

Musim liburan Natal dan Tahun Baru telah berlalu. Setelah menikmati liburan yang menyenangkan, kini saatnya untuk kembali mengatur keuangan. Banyak orang yang merasa kantongnya menipis atau bahkan defisit setelah berlibur. Hal ini tentu saja akan mengganggu keseimbangan keuangan dan rencana keuangan di tahun baru.

 

BACA JUGA: Belajar Kelola Keuangan dari 4 Tokoh Di Alkitab

 

Untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatur keuangan setelah liburan tahun baru. Berikut ini adalah beberapa tipsnya:

1. Evaluasi pengeluaran selama liburan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengevaluasi pengeluaran selama liburan. Anda dapat membuat catatan atau daftar semua pengeluaran yang dilakukan, mulai dari transportasi, akomodasi, makanan, hiburan, hingga oleh-oleh.

Hal ini akan membantu Anda untuk mengetahui berapa banyak dana yang telah Anda habiskan.

2. Buat anggaran baru

Setelah Anda mengetahui berapa banyak dana yang telah Anda habiskan, Anda dapat membuat anggaran baru untuk bulan-bulan berikutnya.

Anggaran ini harus disesuaikan dengan kondisi keuangan Anda setelah liburan. Pastikan Anda tetap menyisihkan dana untuk kebutuhan pokok, dana darurat, dan investasi.

3. Kurangi pengeluaran yang tidak penting

Salah satu cara untuk menghemat keuangan adalah dengan mengurangi pengeluaran yang tidak penting.

Anda dapat mulai dengan mengurangi frekuensi makan di luar, membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan, atau berlangganan layanan yang tidak digunakan secara rutin.

4. Tambahkan penghasilan

Jika Anda merasa pengeluaran Anda masih terlalu besar, Anda dapat mencoba untuk menambah penghasilan.

Anda dapat mencari pekerjaan sampingan, berjualan online, atau mengikuti kursus untuk meningkatkan keterampilan Anda.

5. Hindari menggunakan kartu kredit

Jika Anda tidak bisa mengendalikan pengeluaran, sebaiknya hindari menggunakan kartu kredit. Kartu kredit bisa membuat Anda berbelanja lebih banyak dari yang Anda rencanakan.

 

BACA JUGA: 7 Tips Menerapkan Gaya Hidup Frugal Living untuk Keuangan Lebih Baik

 

Kini liburan telah usai, saatnya Anda kembali beraktifitas seperti biasanya. Mumpung masih awal tahun, jangan sampai Anda salah langkah dalam mengatur keuangan. Dengan pengaturan uang yang benar, semoga Anda dapat menuainya di akhir tahun nanti. Jangan lupa untuk melibatkan Tuhan dalam setiap langkah Anda.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami