Jokowi Sampaikan Pesan Natal di Acara Perayaan Natal Nasional 2023 di Surabaya
Sumber: Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden

News / 29 December 2023

Kalangan Sendiri

Jokowi Sampaikan Pesan Natal di Acara Perayaan Natal Nasional 2023 di Surabaya

Claudia Jessica Official Writer
2725

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), turut serta dalam perayaan Natal Nasional 2023 yang diadakan di Gereja Bethany Nginden, Surabaya, pada Rabu (27/12/2023). Dalam sambutannya, Jokowi menyampaikan selamat Natal kepada seluruh umat Kristiani di Indonesia.

“Pertama-tama kepada umat Kristiani di seluruh pelosok Indonesia dan yang tinggal di luar negeri, saya ucapkan selamat Natal. Semoga kehangatan Natal memenuhi hati kita dengan damai,” kata Jokowi dalam sambutannya.

Jokowi mengungkapkan rasa syukur atas kesempatan bagi umat Kristiani di Indonesia dapat merayakan Natal 2023 dalam suasana penuh kedamaian dan kasih sayang. Menurutnya, keharmonisan ini dapat menjadi contoh positif bagi negara-negara lain.

 

BACA JUGA: Cahaya Bagi Negeri Special Natal, Wonderful Christmas Tradition

 

“Kita ingin terus memberi contoh pada dunia bahwa keberagaman itu hukum alam yang tidak terhindarkan. Perbedaan agama, pandangan semakin wajar dalam kehidupan modern sekarang ini. Tapi pilihan untuk rukun dan penuh kasih sayang adalah pilihan terbaik yang diajarkan Tuhan kepada kita dan itu yang harus kita perjuangkan dalam kehidupan masyarakat berbangsa bernegara,” sambungnya.

Jokowi juga mengajak umat Kristiani untuk mewaspadai ancaman politik global yang dapat mengakibatkan perpecahan hingga peperangan. Menurutnya, perpecahan hanya akan membawa kemunduran peradaban manusia.

“Di tengah tantangan kehidupan dunia yang berat, ditandai krisis pangan ekonomi, perselisihan antar bangsa bahkan peperangan, kita harus ingat dan waspada. Perselisihan apa lagi peperangan pasti akan membawa kemunduran peradaban,” tandasnya.

Ia juga menggarisbawahi pentingnya persatuan dan kerukunan dalam mencapai kemajuan. Ia mengingatkan bahwa persatuan dan kerukunan memungkinkan masyarakat mencapai perkembangan positif.

“Sebaliknya, persatuan, kerukunan memungkinkan kita mencapai kemajuan. Setuju?” tanya Jokowi kepada para jemaat Graha Bethany yang merespon dengan cepat, “Setuju!”

 

BACA JUGA: Pemerintah Canangkan Natal Nasional 2023 Diadakan di Kota Ini Lho!

 

Jokowi bersyukur karena Indonesia berhasil menjaga toleransi di tengah keberagaman masyarakat. Ia mencatat betapa beragamnya suku dan bahasa di Indonesia, dan mengingatkan akan pentingnya Pancasila sebagai dasar negara.

“Kita bangsa Indonesia sungguh beruntung mampu menjaga toleransi, persatuan di tengah kebhinekaan. Kita bersyukur memiliki Pancasila. Saya ingatkan negara kita besar ada 714 suku, lebih dari 1.300 bahasa daerah. Betapa kita sangat beragam, hampir 85% saya sudah kunjungi wilayah Indonesia, kurang 15 persen akan saya selesaikan 2024,” tandasnya.

Meski memasuki tahun politik dan akan menyelenggarakan pemilu, Jokowi mengajak untuk tetap menjaga toleransi dan persatuan. Ia menekankan bahwa perbedaan pilihan politik adalah hal yang wajar dalam demokrasi.

“Walaupun kita memasuki tahun politik sebentar lagi, kita menyelenggarakan pemilu, kita harus terus menjaga toleransi, menjaga persatuan, perdamaian. Perbedaan pilihan politik itu wajar dalam demokrasi. Setuju?” Tanya Jokowi lagi yang disetujui oleh jemaat yang hadir0.

 

BACA JUGA: Sunyinya Perayaan Natal di Betlehem, Berikut Pesan Natal dari Bethlehem

 

“Tapi kita dipersatukan oleh kepentingan lebih mulia, yakni menjaga persatuan, kesatuan, persemaian, kegotongroyongan, kepentingan kemanusiaan, serta bersama-sama memajukan negara Indonesia,” lontarnya.

Pesan natal yang disampaikan Presiden Jokowi menjadi sebuah pengingat bagi kita semua untuk terus menjaga keharmonisan dalam perbedaan. Selamat Natal dan semoga semangat damai Natal mewarnai langkah kita di tahun yang akan datang.

 

Sumber : YouTube Sekretariat Presiden
Halaman :
1

Ikuti Kami