7 Doa Tahun Baru 2024 dan Ayat Alkitab Untuk Terobosan di Tahun Depan
Sumber: Jawaban

Kata Alkitab / 28 December 2023

Kalangan Sendiri

7 Doa Tahun Baru 2024 dan Ayat Alkitab Untuk Terobosan di Tahun Depan

Puji Astuti Official Writer
4594

Bagi umat Kristen, doa adalah nafas kehidupan. Bahkan dalam menutup tahun 2023 ini serta membuka tahun baru 2024, doa menjadi sebuah kebutuhan utama untuk mengalami sebuah terobosan secara spiritual.  

Doa menjadi jembatan yang menghubungkan kita dengan Tuhan, merenungkan atas segala anugerah Tuhan dan pertolongan-nya dalam mengatasi tantangan yang telah dihadapi sepanjang tahun. Melalui doa, kita juga menyatakan rasa syukur, berserah diri, dan mencari arahan dari Tuhan untuk masa depan. 

Melalui doa-doa tersebut kita menyerahkan segala rencana dan harapan kepada Tuhan Yesus Kristus yang berdaulat atas kehidupan. Kepercayaan pada kuasa doa membawa keyakinan bahwa Tuhan mendengarkan setiap permohonan dan dapat memberikan arahan serta kekuatan baru untuk menghadapi tahun yang akan datang. Dalam proses ini, doa membangkitkan iman, memperkuat hubungan pribadi dengan Tuhan, dan menghadirkan keberkahan serta keberanian untuk menghadapi setiap perjalanan hidup dengan penuh keyakinan.  

Untuk itu, ada 7 doa tahun baru 2024 yang perlu kita panjatkan: 

1. Ucapan Syukur untuk Pertolongan Tuhan sepanjang 2023: 

Doa: Tuhan Yesus yang penuh kasih,  kami bersyukur atas segala pertolongan-Mu sepanjang tahun 2023. Terima kasih karena Engkau tidak pernah meninggalkan kami, baik dalam kondisi yang paling sulit ataupun dimasa kami mengalami berkat dan sukacita yang melimpah dari-Mu.  

Untuk semua yang telah Kau perbuat dalam hidupku, aku berterima kasih dan bersyukur. Terima kasih untuk kasih setia-Mu yang tak pernah berkesudahan. Di dalam nama Tuhan Yesus Kristus aku mengucap syukur. Amin. 

Ayat Alkitab: Tetapi syukur bagi Allah, yang dalam Kristus selalu membawa kami di jalan kemenangan-Nya. Dengan perantaraan kami Ia menyebarkan keharuman pengenalan akan Dia di mana-mana. (2 Korintus 2:14) 

2. Perlindungan Tuhan sepanjang Tahun 2023 dan di Tahun Baru 2024:  

Doa: Bapa di Sorga yang kami panggil dalam nama Anak-Mu Yesus Kristus., terima kasih atas perlindungan dan berkat-Mu  sepanjang tahun 2023. Aku menyadari bahwa tanpa-Mu, aku tidak bisa melakukan apapun. Dan hanya karena pertolonganmu aku bisa menjalani hidupku hingga akhir tahun ini.  

Bapa, saat ini aku juga mohon agar oleh kasih dan  rahmat-Mu yang melimpah di tahun baru 2024. Perlindunganmu nyata dalam setiap langkahku di tahun depan.  Ajar aku terus bergantung kepada-Mu dan berjalan dalam rencana-Mu sehingga pagar perlindunganmu selalu ada di dalam hidupku. Di dalam nama Tuhan Yesus aku berdoa. Amin.   

Ayat Alkitab: TUHAN akan menjaga engkau terhadap segala kecelakaan; Ia akan menjaga nyawamu. TUHAN akan menjaga keluar masukmu, dari sekarang sampai selama-lamanya. Mazmur 121:7-8 

3. Rencana dan Kerinduan di Tahun 2024: 

Doa: Tuhan yang Maha Tahu, yang memegang kendali atas kehidupan. Hari ini aku datang kepada-Mu membawa seluruh rencana dan kerinduanku untuk tahun baru 2024. Aku menyadari bahwa aku membutuhkan  hikmat, dan tuntunan-Mu, sebab hanya kehendak-Mu saja yang jadi atas hidupku. Tuhan, jadikanlah kerinduan hatiku ini selaras dengan kehendak-Mu yang sempurna. 

Jangan biarkan aku berjalan menurut keinginanku sendiri dan menjauh dari kehendak serta rencana-Mu. Tuntun dan peganglah tanganku dalam menjalani hari-hariku di tahun baru 2024. Terima kasih atas segala kebaikanmu di dalam hidupku, di dalam nama Tuhan Yesus Kristus aku mengucap syukur. Amin. 

Ayat Alkitab: Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan. - Yeremia 29:11 

BACA JUGA :

Pertolongan yang Selalu Tepat Waktu

Bukan Asal Berdoa, Doa Ini yang Berkuasa Meluluhkan Hati Tuhan

4. Karir yang Baik di Tahun 2024: 

Doa: Tuhan Yesus, terima kasih atas pekerjaan yang Kau percayakan kepadaku di tahun ini. Kiranya setiap jerih payahku dalam karir dan pekerjaanku berkenan di hadapan-Mu. Aku percaya bahwa pekerjaan yang Kau percayakan kepadaku adalah alat yang Kau berikan untuk aku bisa menjadi berkat untuk keluargaku dan juga rekan-rekanku.  

Untuk itu Tuhan, aku mohon pertolongan-Mu untuk bisa maksimal dalam segala yang Kau percayakan untuk aku kerjakan dengan tanganku. Bukakan pintu-pintu kesempatan yang sesuai dengan rencana-Mu, dan oleh perkenanan-Mu, jadikan aku berkat bagi banyak orang. 

Ayat Alkitab: Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia. Kamu tahu, bahwa dari Tuhanlah kamu akan menerima bagian yang ditentukan bagimu sebagai upah. Kristus adalah tuan dan kamu hamba-Nya. - Kolose 3:23-24 

5. Kesehatan Seluruh Keluarga di 2024: 

Doa: Terima kasih Tuhan atas kesehatan yang sudah berikan atasku dan keluargaku sepanjang tahun 2023. Sebab hanya karena rahmat dan kasih-Mu kami bisa menikmati perlindungan Tuhan, kami sekeluarga sehat dan terpelihara baik secara utuh. 

Memasuki tahun ini 2024, kami tidak tahu apa yang akan terjadi di depan. Namun satu hal yang kupercaya bahwa Engkau Allah yang memelihara kesehatan kami sekeluarga. Berilah kami kekuatan baik tubuh, jiwa, dan roh kami. Semoga setiap hari kami dapat mengalami kesejahteraan yang datang dari hadirat-Mu. 

Ayat Alkitab: Sesungguhnya, Aku akan mendatangkan kepada mereka kesehatan dan kesembuhan, dan Aku akan menyembuhkan mereka dan akan menyingkapkan kepada mereka kesejahteraan dan keamanan yang berlimpah-limpah. - Yeremia 33:6 

6. Keutuhan dan Kebahagiaan Keluarga di 2024: 

Doa: Tuhan Yesus, Engkaulah yang menjadi kepala dalam keluarga kami. Engkaulah Tuhan dan Raja atas keluargaku. Aku berdoa kiranya Engkau terus menjaga keluarga kami, sehingga kami menjadi keluarga yang utuh dan penuh damai sejahtera di sepanjang tahun 2024.  

Berkati hubungan kami, baik antara suami isteri, maupun antara orangtua dengan anak-anak. Dan  kiranya melalui kehidupan keluarga kami, orang-orang di sekeliling kami bisa melihat kehadiran-Mu secara nyata sehingga mereka juga rindu untuk mengalami kehadiran-Mu dalam keluarga mereka. Terima kasih Tuhan atas keluarga yang Engkau percayakan dalam hidupku, kiranya aku bisa menjadi berkat dan penolong bagi mereka. Di dalam nama Tuhan Yesus aku berdoa. Amin. 

Ayat Alkitab: Nyanyian ziarah Daud. Sungguh, alangkah baiknya dan indahnya, apabila saudara-saudara diam bersama dengan rukun! Seperti minyak yang baik di atas kepala meleleh ke janggut, yang meleleh ke janggut Harun dan ke leher jubahnya. Seperti embun gunung Hermon yang turun ke atas gunung-gunung Sion. Sebab ke sanalah TUHAN memerintahkan berkat, kehidupan untuk selama-lamanya. - Mazmur 133:1-3 

7. Menjadi Berkat bagi Orang Lain di Tahun 2024 :

Doa: Tuhan Yesus, memasuki tahun baru 2024 ini aku serahkan hidupku kepada-Mu. Pakailah hidupku untuk menjadi alat-Mu, agar menjadi saluran berkat bagi banyak orang.  Gunakanlah hidupku untuk memuliakan-Mu. 

Tuhan dengan kekuatan dan kemampuanku yang terbatas aku tahu bahwa aku tidak mampu. Untuk itu aku mau merendahkan diri dihadapan-Mu, agar Engkau memenuhi aku dengan kasih-Mu. Tuntunlah aku sehingga setiap perkataan, tindakan dan sikapku menjadi cerminan-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus Kristus, amin.  

Ayat Alkitab: Ia yang menyediakan benih bagi penabur, dan roti untuk dimakan, Ia juga yang akan menyediakan benih bagi kamu dan melipatgandakannya dan menumbuhkan buah-buah kebenaranmu; kamu akan diperkaya dalam segala macam kemurahan hati, yang membangkitkan syukur kepada Allah oleh karena kami. - 2 Korintus 9:10-11 

Kita percaya bahwa doa orang benar besar kuasanya, ketika kita berdoa sesuai dengan kehendak Allah maka Dia akan mendengarkan dan mengabulkannya. Selamat memasuki tahun baru 2024 dengan sukacita dan iman percaya, Tuhan menyertai dan memberkati Anda senantiasa. Selamat tahun baru 2024.  

Untuk Anda yang membutuhkan dukungan doa secara khusus di akhir tahun ini, mari hubungi kami di Layanan Doa dan Konseling CBN dengan KLIK DISINI. Kami rindu untuk berdoa dan menguatkan Anda. 

Sumber : Puji Astuti / Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami