5 Tips Pola Makan Sehat saat Perayaan Natal
Sumber: Canva.com

Health / 24 December 2023

Kalangan Sendiri

5 Tips Pola Makan Sehat saat Perayaan Natal

Aprita L Ekanaru Official Writer
819

Perayaan Natal selalu identik dengan kelezatan hidangan yang memanjakan lidah. Dari hidangan berat seperti daging panggang hingga berbagai macam kue kering, serta makanan penutup seperti puding dan bolu, semuanya menjadi daya tarik tersendiri. Namun, yang perlu Anda perhatikan adalah dampak konsumsi makanan tersebut terhadap kesehatan, terutama risiko kenaikan berat badan dan masalah kesehatan lainnya.

 

BACA JUGA: Makanan Khas Natal di Berbagai Negara, Indonesia Punya Apa Ya?

 

Oleh karena itu, penting untuk menjaga pola makan sehat saat perayaan Natal. Berikut beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk tetap menikmati hidangan lezat tanpa mengorbankan kesehatan:

1. Makan teratur sesuai jadwal

Makan teratur sesuai jadwal dapat membantu Anda menghindari makan berlebihan saat perayaan Natal. Pastikan untuk makan tiga kali sehari dengan porsi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda juga dapat menambahkan camilan sehat di sela-sela waktu makan.

2. Utamakan buah dan sayuran segar

Buah dan sayuran segar merupakan sumber nutrisi yang penting untuk tubuh. Mereka kaya akan vitamin, mineral, dan serat yang dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Pastikan untuk menyertakan buah dan sayuran segar dalam setiap kali makan.

3. Batasi makanan berlemak dan tinggi kalori

Makanan berlemak dan tinggi kalori, seperti daging berlemak, gorengan, dan makanan manis, dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan masalah kesehatan lainnya. Batasi konsumsi makanan-makanan tersebut dan pilihlah alternatif yang lebih sehat.

4. Hindari alkohol dan minuman manis

Alkohol dan minuman manis juga dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan masalah kesehatan lainnya. Batasi konsumsi alkohol dan minuman manis, atau hindari sama sekali jika memungkinkan.

5. Tetap aktif

Meskipun Anda sedang menikmati hidangan lezat saat perayaan Natal, jangan lupa untuk tetap aktif. Olahraga dapat membantu Anda membakar kalori dan mencegah kenaikan berat badan.

 

Berikut ini adalah beberapa tips tambahan untuk menjaga pola makan sehat saat perayaan Natal:


  • Jika Anda akan menghadiri pesta, cobalah untuk makan terlebih dahulu sebelum pergi. Hal ini akan membantu Anda menghindari makan berlebihan saat pesta.
  • Saat di pesta, jangan langsung mengambil makanan dalam porsi besar. Ambil sedikit terlebih dahulu dan tambahkan lagi jika Anda masih lapar.
  • Jika Anda ingin mengonsumsi makanan penutup, pilihlah makanan penutup yang lebih sehat, seperti buah segar atau puding buah.

 

BACA JUGA: Bikin Ngiler, 4 Hidangan Ini Pas Disajikan Saat Natal

 

Dengan menerapkan tips-tips di atas, Anda tetap dapat menikmati hidangan lezat saat perayaan Natal tanpa khawatir akan kenaikan berat badan dan masalah kesehatan lainnya.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami