10 Ayat Alkitab Tentang Kekuatiran dan Cara Menaklukannya
Sumber: Jawaban

Kata Alkitab / 23 December 2023

Kalangan Sendiri

10 Ayat Alkitab Tentang Kekuatiran dan Cara Menaklukannya

Puji Astuti Official Writer
1648

Apa itu kekuatiran?

Hal ini adalah perasaan tidak nyaman, tegang, atau takut—terutama terkait dengan hal-hal yang akan terjadi, atau yang kita pikir mungkin terjadi di masa depan. Kecemasan adalah respons manusia alami ketika kita merasa bahwa kita berada dalam ancaman. Hal ini dapat dirasakan melalui pikiran, perasaan, dan sensasi fisik kita, seperti merasa mual, sakit perut, keringat dingin dan bahkan hingga jatuh sakit.  

Kuatir tentang sesuatu sepertinya terdengar sepele, namun dampaknya sangat merusak. Dampak kekuatiran bisa mempengaruhi sistem saraf, membuat otot tegang dan mengganggu sistem pencernaan. Jika kita tidak segera menangani kekuatiran kita, maka akan sangat merugikan baik secara spiritual, mental dan fisik.  

Langkah pertama mengatasi kekuatiran adalah dengan menyerahkan hidup Anda kepada Yesus. Ketika Anda melakukannya, maka yang bertanggung jawab atas hidup Anda adalah Tuhan Yesus. Dia yang berdaulat atas hidup Anda, baik untuk kondisi saat ini ataupun masa depan Anda.  

Mazmur 37:5-6 menyatakan, “Serahkanlah hidupmu kepada TUHAN dan percayalah kepada-Nya, dan Ia akan bertindak; Ia akan memunculkan kebenaranmu seperti terang, dan hakmu seperti siang.” 

Tuhan akan bertindak bagi Anda dan saya, bahkan dalam terjemahan lain mengatakan dengan jelas bahwa “Tuhan akan menolongmu.”  

Berserah adalah kunci untuk mengalami kemerdekaan dari kekuatiran. Namun untuk berserah, kita harus memiliki rasa percaya atau iman kepada Tuhan. Apakah Anda mau bertindak dan mengalami kelepasan dari kekuatiran yang menyiksa Anda?  

Mari mulai dengan merenungkan dan memperkatakan 10 ayat Alkitab untuk mengatasi kekuatiran ini, setiap hari 1 ayat saja.  

1. Carilah dahulu Kerajaan Allah 

Matius 6:33-34 

Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu. Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari. 

2. Anda diberikan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban 

2 Timotius 1:7 

Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban. 

3. Jangan takut, Tuhan selalu menyertaimu 

Yesaya 41:10 

Janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan. 

4. Ini perintah Tuhan untuk Anda : Kuatkan dan teguhkan hatimu! 

Yosua 1:9 

Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke manapun engkau pergi. 

5. Andalkan Tuhan, jangan andalkan kekuatanmu sendiri 

Amsal 3:5 

Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. 

6. Bawalah semua yang kamu inginkan dalam doa disertai ucapan syukur  

Filipi 4:6-7 

Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus. 

7. Mintalah tuntunan Roh Kudus dan Anda akan alami damai sejahtera dari Allah 

Yohanes 14:26-27 

Tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu. Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu. 

8. Tuhan yang memeliharamu, jangan kuatir 

Mazmur 55:22 

Serahkanlah kuatirmu kepada TUHAN, maka Ia akan memelihara engkau! Tidak untuk selama-lamanya dibiarkan-Nya orang benar itu goyah. 

9. Tenanglah, Tuhan pencipta Alam Semesta yang berkuasa atas hidup Anda 

Mazmur 46:10-11 

"Diamlah dan ketahuilah, bahwa Akulah Allah! Aku ditinggikan di antara bangsa-bangsa, ditinggikan di bumi!"  

 TUHAN semesta alam menyertai kita, kota benteng kita ialah Allah Yakub. Sela 

10. Tuhan adalah pembela dan pelindung Anda, siapakah yang bisa jadi lawanmu 

Yesaya 54:17 

Setiap senjata yang ditempa terhadap engkau tidak akan berhasil, dan setiap orang yang melontarkan tuduhan melawan engkau dalam pengadilan, akan engkau buktikan salah. Inilah yang menjadi bagian hamba-hamba TUHAN dan kebenaran yang mereka terima dari pada-Ku, demikianlah firman TUHAN. 

Sebagai orang Kristen, kita memiliki Tuhan yang selalu siap untuk kita datangi kapan pun kita membutuhkannya. Kita dapat datang pada-Nya melalui doa dan mengungkapkan tentang kecemasan kita, mendapatkan kekuatan melalui Firman-Nya, dan merenungkan janji-Nya. Kita juga dapat memberikan prioritas pada perawatan diri dengan memastikan bahwa kita makan dengan baik, tetap aktif, dan mendapatkan cukup tidur setiap hari. Hal ini akan menjaga diri kita baik secara fisik dan mental. 

Namun secara rohani, latihlah manusia rohmu dengan Dan karena kita tahu bahwa Tuhan peduli dan mengasihi kita, kita bisa yakin bahwa jika kita membutuhkan bantuan dari luar dalam bentuk apa pun, Dia akan mengirimkan sumber daya dan orang yang tepat pada waktu yang tepat. 

Kami telah belajar bahwa kesembuhan itu adalah sebuah proses, termasuk sembuh dari kecemasan. Namun Tuhan sudah menjamin bahwa di dalam Dia, kita tidak akan kekurangan sesuatu baik. Jadi mari jadikan doa dan memperkatakan firman Tuhan sebagai gaya hidup untuk menaklukan kekuatiran kita.  

Bagi Anda yang butuh dukungan  dalam menghadapi masalah dan kekuatiran, kami rindu untuk berdoa secara pribadi untuk Anda. Mari hubungi Layanan Doa dan Konseling CBN dengan KLIK DISINI. 

Singa-singa muda merana kelaparan, tetapi orang-orang yang mencari TUHAN, tidak kekurangan sesuatu pun yang baik. - Mazmur 34:11 

Sumber : Puji Astuti / Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami