5 Cara Memahami dan Memotivasi Pasangan yang Malas Kumpul Keluarga
Sumber: Canva.com

Relationship / 14 December 2023

Kalangan Sendiri

5 Cara Memahami dan Memotivasi Pasangan yang Malas Kumpul Keluarga

Aprita L Ekanaru Official Writer
1000

Keluarga adalah pondasi yang kuat dalam kehidupan kita, namun terkadang, kita menemukan pasangan yang enggan kumpul keluarga. Pasangan yang malas kumpul keluarga biasanya memiliki alasan-alasan tertentu, misalnya karena sibuk bekerja, karena merasa tidak nyaman dengan anggota keluarga lainnya, atau karena merasa tidak ada hal yang menarik untuk dilakukan saat kumpul keluarga.

 

BACA JUGA: Catat! 4 Topik Obrolan yang Ga Boleh Dibahas Saat Kumpul Keluarga Khususnya di Hari Raya

 

Jika Anda memiliki pasangan yang malas kumpul keluarga, berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memotivasinya:

1. Pahami alasan pasangan Anda

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memahami alasan pasangan Anda mengapa malas kumpul keluarga. Dengan memahami alasan pasangan Anda, Anda akan lebih mudah untuk mencari solusi yang tepat.

Jika pasangan Anda malas kumpul keluarga karena sibuk bekerja, Anda dapat membantunya untuk mengatur waktunya agar tetap bisa meluangkan waktu untuk kumpul keluarga. Anda juga dapat mengajaknya untuk kumpul keluarga di waktu-waktu yang lebih fleksibel, misalnya di akhir pekan atau di hari libur.

Jika pasangan Anda malas kumpul keluarga karena merasa tidak nyaman dengan anggota keluarga lainnya, Anda dapat mencoba untuk berbicara dengan anggota keluarga lainnya untuk mencari solusi. Anda juga dapat mengajak pasangan Anda untuk ikut serta dalam kegiatan-kegiatan keluarga yang lebih menarik baginya.

 

2. Berikan pengertian dan dukungan

Setelah Anda memahami alasan pasangan Anda, cobalah untuk memberikan pengertian dan dukungan. Biarkan pasangan Anda tahu bahwa Anda memahami alasan mengapa dia malas kumpul keluarga. Anda juga dapat meyakinkannya bahwa Anda akan selalu mendukungnya, apa pun keputusannya.

Pemberian pengertian dan dukungan akan membuat pasangan Anda merasa dihargai dan dicintai. Hal ini akan membuatnya lebih terbuka untuk mendengarkan saran dan masukan Anda.

 

3. Jadilah contoh yang baik

Cara terbaik untuk memotivasi pasangan adalah dengan menjadi contoh yang baik. Jika Anda ingin pasangan Anda rajin kumpul keluarga, maka Anda juga harus rajin kumpul keluarga.

Tunjukkan kepada pasangan Anda bahwa Anda menikmati waktu kumpul keluarga. Biarkan pasangan Anda tahu bahwa Anda senang menghabiskan waktu bersamanya dan anggota keluarga lainnya.

 

4. Ajak pasangan Anda untuk ikut serta dalam kegiatan-kegiatan keluarga

Jika pasangan Anda malas kumpul keluarga karena merasa tidak ada hal yang menarik untuk dilakukan, maka ajaklah dia untuk ikut serta dalam kegiatan-kegiatan keluarga yang menarik baginya.

Anda dapat mengajaknya untuk bermain bersama anak-anak, memasak bersama, atau sekadar mengobrol bersama. Anda juga dapat mengajaknya untuk mengikuti kegiatan-kegiatan keluarga lainnya, misalnya piknik, liburan, atau perayaan hari besar.

 

5. Jangan memaksa

Hal terpenting yang perlu Anda ingat adalah jangan memaksa pasangan Anda untuk kumpul keluarga. Pemaksaan hanya akan membuat pasangan Anda semakin malas kumpul keluarga.

Biarkan pasangan Anda memutuskan sendiri apakah dia ingin kumpul keluarga atau tidak. Jika pasangan Anda mau kumpul keluarga, maka itu adalah hal yang bagus. Namun, jika pasangan Anda tidak mau kumpul keluarga, maka Anda harus menghormati keputusannya.

 

BACA JUGA: Canggung Bertemu Keluarga Besar Saat Tahun Baru? Persiapkan Diri Anda dengan 10 Tips Ini!

 

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat memotivasi pasangan Anda untuk rajin kumpul keluarga. Kumpul keluarga adalah kegiatan yang penting untuk membangun keharmonisan dan kedekatan antar anggota keluarga.

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami