Mengenal 15 Jenis Makanan untuk Menurunkan Kolesterol dalam Tubuh
Sumber: canva.com

Health / 13 December 2023

Kalangan Sendiri

Mengenal 15 Jenis Makanan untuk Menurunkan Kolesterol dalam Tubuh

Claudia Jessica Official Writer
892

Kolesterol tinggi dapat menjadi masalah kesehatan yang serius dan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan pola makan dan mengonsumsi makanan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Berikut adalah daftar makanan yang dapat membantu Anda menjaga keseimbangan kolesterol dalam tubuh:

  1. Oatmeal dan Gandum Utuh: Oatmeal dan gandum utuh mengandung serat beta-glucan yang terbukti dapat menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat). Ganti sarapan Anda dengan secangkir oatmeal atau roti gandum utuh untuk memulai hari dengan baik.
  2. Alpukat: Alpukat kaya akan lemak sehat, terutama lemak tak jenuh tunggal yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat. Tambahkan potongan alpukat pada salad atau buat guacamole untuk camilan sehat.
  3. Ikan Berlemak: Ikan seperti salmon, mackerel, dan sarden mengandung asam lemak omega-3 yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung. Konsumsi ikan berlemak dua hingga tiga kali seminggu.
  4. Bawang Putih: Bawang putih terkenal dengan sifat antioksidannya dan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Tambahkan bawang putih segar atau bubuk pada masakan Anda.
  5. Kacang-Kacangan: Kacang-kacangan seperti almond, kenari, dan kacang tanah mengandung lemak sehat, serat, dan antioksidan. Sertakan segenggam kacang-kacangan dalam menu harian Anda.
  6. Buah Beri: Buah-buahan seperti blueberry, strawberry, dan raspberry kaya akan serat, antioksidan, dan fitonutrien yang dapat membantu mengontrol kolesterol. Tambahkan buah beri pada smoothie atau makan sebagai camilan sehat.
  7. Sayuran Berdaun Hijau: Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kale, dan collard greens mengandung serat tinggi dan antioksidan yang mendukung kesehatan jantung. Sertakan sayuran hijau dalam berbagai hidangan.
  8. Teh Hijau: Teh hijau dikenal mengandung senyawa polifenol yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan mendukung fungsi pembuluh darah. Minum secangkir teh hijau setiap hari sebagai bagian dari rutinitas minum Anda.
  9. Minyak Zaitun: Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung. Gantilah minyak masak biasa dengan minyak zaitun extra virgin untuk memasak atau membuat saus.
  10. Tomat: Tomat mengandung likopen, sejenis antioksidan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung. Sertakan tomat dalam salad atau saus.
  11. Wortel: Wortel mengandung serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Makan wortel mentah sebagai camilan atau tambahkan dalam rebusan.
  12. Kubis: Kubis dan sayuran cruciferous lainnya seperti brokoli dan kembang kol mengandung senyawa sulforaphane yang dapat membantu mengatur produksi kolesterol. Sertakan sayuran ini dalam menu makanan Anda.
  13. Jeruk: Jeruk mengandung pektin, jenis serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Nikmati segelas jus jeruk segar atau makan jeruk sebagai camilan.
  14. Anggur Merah: Anggur merah mengandung resveratrol, sejenis polifenol yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dan melindungi pembuluh darah. Minum anggur merah secukupnya sebagai bagian dari gaya hidup sehat.
  15. Kacang Kedelai: Kacang kedelai dan produk olahannya, seperti tahu dan tempe, mengandung protein nabati, serat, dan fitonutrien yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Sertakan kacang kedelai dalam diet Anda.

Meskipun makanan di atas dapat membantu menurunkan kolesterol, penting untuk diingat bahwa mengadopsi gaya hidup sehat secara keseluruhan, termasuk olahraga teratur dan menghindari merokok, juga berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung. Konsultasikan dengan profesional kesehatan untuk perencanaan diet yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kesehatan Anda

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami