5 Alasan Penting Berdoa Sebelum Makan Untuk Orang Kristen
Sumber: canva

Kata Alkitab / 10 December 2023

Kalangan Sendiri

5 Alasan Penting Berdoa Sebelum Makan Untuk Orang Kristen

Puji Astuti Official Writer
860

Doa sebelum makan adalah sesuatu yang lazim diajarkan dalam keluarga Kristen. Sebab makan bukanlah sekedar untuk memenuhi kebutuhan tubuh saja, namun saat makan adalah sebuah sarana membangun hubungan. Di meja makan seringkali ada banyak tradisi dan juga hal-hal sakral untuk sebuah keluarga atau budaya.  

Berdoa sebelum menikmati hidangan bukan hanya sebuah ritual, melainkan suatu kesempatan untuk merenung dan menyatukan hati dengan Tuhan. Lalu mangapa hal ini penting bagi kita orang Kristen? Mari kita renungkan bersama 5 kebenaran ini. 

1. Doa Membuka Pintu Mujizat 

Salah satu teladan yang Yesus berikan adalah saat Ia mengucap syukur untuk 5 roti dan 2 ekor ikan. Ucapan syukur dan berkat yang Yesus ucapkan menghasilkan mujizat, sehingga lebih dari 5000 orang dapat makan dengan kenyang dan bahkan masih ada sisanya.  

Dan setelah Ia mengambil lima roti dan dua ikan itu, Ia menengadah ke langit dan mengucap berkat, lalu memecah-mecahkan roti itu dan memberikannya kepada murid-murid-Nya, supaya dibagi-bagikan kepada orang-orang itu; begitu juga kedua ikan itu dibagi-bagikan-Nya kepada semua mereka. - Markus 6:41 

Dari kebenaran ini, kita belajar bahwa apa yang kita terima dengan ucapan syukur dapat Tuhan lipat gandakan dan menjadi berkat bagi banyak orang. Mungkin keluarga Anda menghadapi kekurangan saat ini, bawalah dalam doa, bahkan dalam doa makan bersama. 

2. Mengakui Segala Sesuatu adalah Pemberian Tuhan 

Berdoa sebelum makan adalah cara kita mengakui bahwa setiap berkat dan pemberian berasal dari Tuhan. Dalam Yakobus 1:17  dituliskan, “Setiap pemberian yang baik dan setiap anugerah yang sempurna, datangnya dari atas, diturunkan dari Bapa segala terang; pada-Nya tidak ada perubahan atau bayangan karena pertukaran.” 

Doa sebelum makan menjadi waktu kita mengakui bahwa setiap suap makanan yang kita nikmati adalah anugerah dari Tuhan, dan kita bersyukur atas pemberian-Nya tersebut. 

3. Menyatakan Iman Percaya Akan Penyediaan Tuhan 

Melalui doa sebelum makan kita juga menyatakan iman percaya kita kepada penyediaan Tuhan, seperti yang dinyatakan Yesus dalam Matius 6:25 -26, “Karena itu Aku berkata kepadamu: Janganlah kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan atau minum, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai. Bukankah hidup itu lebih penting dari pada makanan dan tubuh itu lebih penting dari pada pakaian? Pandanglah burung-burung di langit, yang tidak menabur dan tidak menuai dan tidak mengumpulkan bekal dalam lumbung, namun diberi makan oleh Bapamu yang di sorga. Bukankah kamu jauh melebihi burung-burung itu?” 

Apakah Anda saat ini sedang menghadapi masalah dan kekuatiran yang membuat Anda tertekan? Mari hubungi kami di Layanan Doa dan Konseling CBN dengan KLIK DISINI, kami rindu berdoa untuk menguatkan Anda. 

4. Sebagai Ungkapan Syukur 

Setiap suap makanan yang kita nikmati adalah kesempatan untuk menyatakan rasa syukur kita kepada Tuhan. Dalam 1 Tesalonika 5:18, kita diajarkan, "Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu." Doa sebelum makan menjadi wadah untuk menyatakan rasa syukur kita atas anugerah makanan, kesehatan, dan segala hal yang Tuhan berikan kepada kita. 

5. Menjadi Sarana Kesaksian 

Berdoa sebelum makan juga memiliki dimensi bersaksi di hadapan orang lain. Meskipun tidak boleh dilakukan dengan sombong atau mencolok, doa di depan umum dapat menjadi testimonial hidup kita sebagai orang percaya. Dalam Matius 5:16, Yesus mengajarkan, "Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.”  

Berdoa sebelum makan adalah cara sederhana untuk memberikan kesaksian akan iman kita, bahwa Tuhan adalah yang utama dalam hidup kita, termasuk dalam cara kita makan dan minum.  

Dalam kesibukan hidup sehari-hari, seringkali kita tergesa-gesa melewati momen-momen kecil seperti waktu makan. Namun, berdoa sebelum makan memungkinkan kita untuk meresapi setiap suap makanan dengan kesadaran rohani, mengingatkan kita akan kasih dan kehadiran Tuhan dalam setiap aspek hidup kita.  

Mari kita renungkan bersama ayat-ayat Alkitab di atas dan jadikan hal tersebut inspirasi untuk membangun sebuah budaya doa, sebagaimana kita percaya bahwa doa adalah nafas kehidupa kita.  Mari jadikan doa sebelum makan sebagai kebiasaan yang menguatkan iman kita dan menyatukan hati kita dengan Sang Sumber Berkat. 

Baca Juga :

Apa Kata Alkitab Mengenai Kuasa Doa? Demikian 5 Ayat FirmanNya…

Kuasa Doa Itu Nyata, Tidak Dibatasi Oleh Jarak & Waktu

Sumber : Puji Astuti / Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami