Anak Kasar Berubah Menjadi Sopan Setelah 3 Bulan Dibimbing
Sumber: jawaban.com

Family / 5 December 2023

Kalangan Sendiri

Anak Kasar Berubah Menjadi Sopan Setelah 3 Bulan Dibimbing

Lidya Dwi Apriliani Official Writer
591

Doughman Theovano (5 tahun), akrab disapa dengan panggilan Theo. Ia merupakan salah satu anak didik di TK Kasih Anak Bangsa, Pangkalan Bun. Sebelum bergabung, Theo dikenal sebagai anak kasar dan tidak memiliki sopan santun ketika berbicara dengan orang yang lebih tua darinya. Bahkan saat di bulan pertama Theo sekolah di TK Kasih Anak Bangsa, Theo memanggil gurunya dengan kata-kata yang tidak pantas. Bedasarkan keterangan orangtuanya, hal ini terjadi karena Theo tumbuh di lingkungan yang terbiasa berbicara kasar. Tak jarang ibu Theo dibuat kewalahan dengan perilaku anaknya. 

"Saya merasa sangat kewalahan dengan tingkah laku anak saya. Dia seringkali bersikap kasar, perkataannya tajam, dan sulit untuk menghargai orang yang lebih tua. Situasi ini membuat saya merasa khawatir tentang masa depannya," tutur Rezekinty Phataita, ibu Theo.

BACA JUGA : Aku Berani Operasi Tumor Berkat Kisah Ini -Erland, 8 Tahun

Guru-guru di TK Kasih Anak Bangsa berusaha membimbing dan mengarahkan Theo untuk bertutur kata yang baik lewat materi-materi yang mereka sampaikan. Mereka tidak menegur Theo dihadapan teman-temannya, namun pendekatan yang dilakukan adalah dengan memanggil Theo dan mengajak dia mengobrol dari hati ke hati. 

"Kami memperlakukan dia seperti anak kami sendiri dan itu adalah salah satu cara untuk menyentuh Theo secara personal. Sehingga dia menjadi lebih mudah untuk dibentuk dan diarahkan, " ungkap Pak David, guru Theo.

BACA JUGA : Transformasi Iren: Si Anak Manja yang Sudah Bertanggung Jawab

Puji Tuhan! Dalam kurun waktu 3 bulan, Theo mulai menunjukkan perubahan atas sikapnya. Ia menggunakan bahasa yang baik ketika berbicara dengan orang lain. Terutama ia mengucapkan kata "Permisi" dan membungkukkan badannya ketika melewati orang yang lebih tua. Ia juga sudah mulai berani untuk menegur teman-temannya yang berbicara kasar atau berperilaku tidak baik. Ibu Theo yang melihat perubahan ini sangat kagum dan berterimakasih pada TK Kasih Anak Bangsa yang telah mendidik Theo. 

BACA JUGA : Kisah Wini, Anak Kecil yang Belajar Menerima Perubahan Lewat PAUD

TK Kasih Anak Bangsa adalah satu dari 320 pendidikan usia dini yang bergabung dengan Kurikulum Super5 di daerah pelosok Indonesia dan Theo merupakan salah satu dari 5.920 anak yang CBN layani lewat Program Super5. Mari bergabung bersama kami untuk melayani anak-anak di daerah  Terdepan, Terluar dan Tertinggal lewat pendidikan dan jadilah berkat bagi mereka!

SAYA MAU JADI BERKAT! 

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami