Siapakah Roh Kudus dan Mengapa Tuhan Mengutus-Nya untuk Kita?
Sumber: Canva

Kata Alkitab / 5 December 2023

Kalangan Sendiri

Siapakah Roh Kudus dan Mengapa Tuhan Mengutus-Nya untuk Kita?

Puji Astuti Official Writer
2147

Siapakah Roh Kudus? Bagi orang Kristen sosok Roh Kudus sangatlah penting. Namun apakah Anda mengenal-Nya dan memahami tentang peran Roh Kudus dalam dalam hidup kita sebagai orang percaya? 

Sebelum lebih jauh membahas siapakah Roh Kudus, kita perlu tahu bahwa Roh Kudus bukanlah “sesuatu”, bukan juga sebuah “kekuatan mistis”, dan yang pasti Dia bukan malaikat.  

Roh Kudus adalah pribadi Allah sendiri, seperti yang dinyatakan dalam Yohanes 4:24. Dia lah Yang Awal, yang menciptakan segala sesuatu (Kejadian 1:1-2). Dia lah Tuhan kita yang kita sembah dan kita kenal sebagai sosok Trinitas sebagai Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus.  

1. Roh Kudus Adalah Pribadi Allah Sendiri 

Ada banyak pemahaman keliru tentang identitas Roh Kudus. Beberapa melihat-Nya sebagai kekuatan mistis, sementara yang lain menganggap-Nya sebagai kekuatan tanpa pribadi yang Tuhan sediakan bagi para pengikut Kristus. Namun, Alkitab dengan tegas menyatakan bahwa Roh Kudus adalah pribadi Tuhan sendiri. 

Dalam Kitab Kisah Para Rasul 5:3-4, kita dapat membaca pernyataan Petrus kepada Ananias "Ananias, mengapa hatimu dikuasai Iblis, sehingga engkau mendustai Roh Kudus dan menahan sebagian dari hasil penjualan tanah itu?” 

Ayat ini menegaskan bahwa berdusta kepada Roh Kudus adalah berdusta kepada Tuhan sendiri. Roh Kudus adalah pribadi ilahi yang Mahahadir, memiliki pengetahuan, dan kehendak/perasaan. Itu sebabnya, kita sebagai orang percaya bisa bergaul dengan Roh Kudus, kita dapat menceritakan isi hati kepada-Nya dan Dia mampu menguatkan dan menghibur kita.  

2. Sifat-sifat Ilahi Roh Kudus 

Roh Kudus bukan hanya kekuatan atau sebuah kuasa, melainkan entitas yang memiliki sifat-sifat ilahi. Dalam Mazmur 139:7-8, kita mendapati kehadiran-Nya yang meliputi segala tempat, " Ke mana aku dapat pergi menjauhi roh-Mu, ke mana aku dapat lari dari hadapan-Mu?  Jika aku mendaki ke langit, Engkau di sana; jika aku menaruh tempat tidurku di dunia orang mati, di situpun Engkau.” 

Sifat Roh Kudus yang mampu menyelidiki kedalaman hati juga tercermin dalam 1 Korintus 2:10-11, "Allah telah menyatakannya kepada kita oleh Roh, sebab Roh meneliti segala sesuatu, bahkan rahasia-rahasia Allah yang dalam-Nya tersembunyi. Karena siapakah yang tahu apa yang ada dalam hati seorang manusia, selain roh manusia yang ada di dalamnya sendiri? Demikian juga, tidak seorang pun tahu apa yang ada dalam hati Allah, selain Roh Allah." 

Jika kita bergaul karib dengan Roh Kudus maka Dia akan membantu kita untuk memahami, dan menyelami rahasia-rahasia yang ada di dalam hati Allah. 

3. Roh Kudus Yang Membuka Mata Rohani Kita Untuk Mengenal Allah 

Mengapa Tuhan mengutus Roh Kudus kepada kita? Salah satu peran sentral-Nya adalah untuk menuntun kita kepada keselamatan, sebab tanpa karya Roh Kudus tidak seorangpun bisa mengalami kelahiran baru. Dalam Yohanes 3:5-6, Yesus berkata kepada Nikodemus, "Sesungguhnya, Aku berkata kepadamu: Jika seorang tidak lahir dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah. Yang dilahirkan dari daging adalah daging, dan yang dilahirkan dari Roh adalah roh." 

Roh Kudus membawa transformasi spiritual yang membawa kita dari manusia yang berdosa, menjadi manusia baru melalui penebusan di dalam Yesus Kristus. Ia membangkitkan kita dari kehidupan yang penuh dosa menuju kehidupan yang diperbaharui dalam Kristus. Inilah sebabnya mengapa kita memerlukan Dia dalam hidup kita. 

4. Roh Kudus akan Menolong dan Membimbing  Orang percaya 

Dalam Yohanes 14:16, Yesus berjanji untuk mengutus seorang Penolong bagi kita, dan Dia adalah pribadi Roh Kudus, " Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya "  

Pada saat kita menerima Kristus sebagai Juruselamat, Roh Kudus masuk dalam hidup kita menjadi meterai atas kelahiran baru tersebut, dan Dia tinggal di dalam kita. Dia bukan hanya sekadar hadir, melainkan menjadi Pembimbing yang membantu kita memahami kebenaran firman Tuhan, memberikan tuntunan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan Roh Kudus akan menyertai dan memperlengkapi kita dalam menjalankan misi yang Tuhan berikan, yaitu untuk memberitakan kabar baik dan memuridkan. 

5. Roh Kudus Memberikan Karunia dan Kuasa 

Dalam 1 Korintus 12:4-11, kita dapat mempelajari bahwa Roh Kudus memberikan karunia-karunia yang spesifik kepada setiap orang percaya.  

" Ada rupa-rupa karunia, tetapi satu Roh. Dan ada rupa-rupa pelayanan, tetapi satu Tuhan. Dan ada berbagai-bagai perbuatan ajaib, tetapi Allah adalah satu yang mengerjakan semuanya dalam semua orang.” 1 Korintus 12:4-6 

Roh Kudus memberikan karunia-karunia ini untuk memperlengkapi dan membangun tubuh Kristus. Setiap orang percaya menerima setidaknya satu karunia yang dirancang untuk melayani sesama dan memuliakan Tuhan. 

Mengapa Roh Kudus Penting Bagi Kita? 

Dalam perjalanan rohaniah, Roh Kudus memainkan peran kunci sebagai Pribadi Allah yang hadir, menyertai, membimbing, dan memperlengkapi kita. Dari identitas-Nya sebagai Tuhan yang Maha Hadir hingga peran-Nya dalam membawa kita untuk mengalami lahir baru, membuat kita tidak bisa hidup tanpa Diri-Nya. Kita perlu untuk terus bergantung dan terhubungan dengan pribadi Roh Kudus.  

Mengapa Tuhan mengutus-Nya untuk kita? Karena Dia tahu bahwa kita adalah manusia yang lemah,  memerlukan bimbingan-Nya dalam memahami kebenaran-Nya, kekuatan-Nya untuk memperbaharui hidup kita, dan karunia-karunia-Nya untuk melayani dalam tubuh Kristus. Roh Kudus adalah anugerah Tuhan bagi kita, memungkinkan kita untuk hidup dalam kebenaran-Nya dan menjadi saksi-Nya di dunia ini. 

Apakah Anda memiliki pertanyaan tentang pribadi Roh Kudus? Anda bisa menghubungi  Tim Doa dan Konseling CBN dengan KLIK DISINI untuk bertanya dan mendapatkan penjelasan secara pribadi tentang Tuhan dan kehidupan Kristen.  

Sumber : Berbagai Sumber / Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami