Pdt. Henrek Lokra, Sekretaris Eksekutif PGI: Perseteruan Israel-Palestina Bukan Soal Agama
Sumber: pgi.or.id

News / 30 November 2023

Kalangan Sendiri

Pdt. Henrek Lokra, Sekretaris Eksekutif PGI: Perseteruan Israel-Palestina Bukan Soal Agama

Claudia Jessica Official Writer
528

Perseteruan yang terjadi antara Israel dan Palestina memiliki sejarah yang sangat panjang. Banyak sekali perundingan yang dilakukan dengan berbagai kesepakatan yang disetujui, namun perdamaian tidak kunjung terjadi.

Dalam sebuah seminar pada Hari Solidaritas Internasional untuk Rakyat Palestina yang diadakan di Auditorium Juwono Sudarsono (AJS) FISIP UI pada Rabu (29/11/2023), Sekretaris Eksekutif Bidang Keadilan dan Perdamaian (KP) PGI, Pdt. Henrek Lokra, menegaskan bahwa meskipun ada aspek-aspek emosional keagamaan, tetapi perang tersebut bukanlah persoalan agama.

“Mungkin ada emosi-emosi keagamaan tersangkut-paut di dalamnya, namun sangat perlu digaris bawahi bahwa apa yang terjadi di Tanah Palestina sekarang bukanlah persoalan agama. Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Mr. Fariz N. Mehdawi, dalam perkunjungannya ke PGI, di hadapan tokoh-tokoh Kristen menegaskan, bahwa persoalan di Palestina adalah persoalan tanah, bukan agama,” ungkap Pdt. Henrek Lokra.

Meskipun adanya pemahaman keliru bahwa konflik melibatkan Islam melawan Yahudi yang didukung oleh Kristen, Pdt. Henrek menegaskan bahwa ini adalah pandangan yang keliru.

“Tidak demikian. Perlu disadari bahwa di kalangan bangsa Palestina terdapat banyak orang Kristen dengan jumlah yang signifikan. Para tokoh Palestina, seperti Hanan Asrawi adalah seorang Kristen. George Habbas adalah seorang Kristen. Almarhum Yaser Arafat bercita-cita mendirikan sebuah Negara Palestina merdeka di mana setiap orang, tanpa memandang agama yang dianutnya hidup di dalamnya dalam persamaan derajat,” tambahnya.

Dalam seminar tersebut, Pdt. Henrek Lokra mengutip makalah Pdt. A.A. Yewangoe dan Buku Israel Palestina Perseteruan Abadi? yang merinci dukungan Dewan Gereja-gereja Sedunia (WCC) terhadap hak-hak rakyat Palestina untuk menentukan nasib sendiri. WCC, yang mencakup banyak gereja di Indonesia, secara khusus mendukung hak-hak tersebut.  

Dalam acara yang sama, Duta Besar Palestina untuk Republik Indonesia, Zuhair SM Al Shun, menyampaikan apresiasi atas donasi yang dikirimkan Indonesia ke Palestina. Donasi ini diharapkan dapat membantu meringankan penderitaan rakyat di Gaza.

Sumber : PGI
Halaman :
1

Ikuti Kami