6 Hal Sederhana yang Bikin Orangtua Bahagia di Usia Senja
Sumber: pexels.com

Marriage / 28 November 2023

Kalangan Sendiri

6 Hal Sederhana yang Bikin Orangtua Bahagia di Usia Senja

Aprita L Ekanaru Official Writer
636

Orangtua adalah orang yang paling berjasa dalam hidup kita. Merekalah yang telah merawat dan membesarkan kita dengan penuh kasih sayang. Sebagai anak, meskipun telah berkeluarga sudah seharusnya kita membalas kasih sayang mereka dengan cara yang terbaik. Salah satu cara untuk membahagiakan orangtua adalah dengan melakukan hal-hal sederhana yang dapat menunjukkan bahwa kita masih peduli dan menyayangi mereka.

Berikut adalah beberapa hal sederhana yang dapat membuat orangtua bahagia:

1. Menanyakan kabar melalui telepon

Menelepon orangtua untuk menanyakan kabar adalah hal yang sederhana, namun dapat memberikan makna yang besar. Orangtua akan merasa senang dan bahagia ketika mendengar suara kita. Kita dapat menanyakan kabar tentang kesehatan, kegiatan, atau hal-hal lainnya.

2. Kirim video milestone si cucu

Jika kita memiliki anak, kita dapat mengirimkan video milestone si cucu kepada orangtua. Hal ini akan membuat orangtua merasa bahagia karena bisa melihat perkembangan cucunya. Kita dapat mengirimkan video saat si cucu belajar berjalan, berbicara, atau hal-hal lainnya.

3. Kunjungi ke rumah

Berkunjung ke rumah orangtua adalah cara yang baik untuk menghabiskan waktu bersama mereka. Kita dapat membantu mereka mengerjakan pekerjaan rumah, mengobrol, atau sekadar menonton televisi bersama.

4. Kirim makanan kesukaan

Orangtua akan merasa senang ketika kita mengirimkan makanan kesukaan mereka. Kita dapat mengirimkan makanan yang mereka sukai, seperti makanan khas daerah mereka, makanan kesukaan mereka saat kecil, atau makanan yang mereka sukai saat ini.

5. Ingat hari ulang tahunnya

Ingat hari ulang tahun orangtua dan memberikan hadiah kecil adalah hal yang berarti bagi mereka. Kita dapat memberikan hadiah yang sederhana, seperti kue ulang tahun, bunga, atau kartu ucapan.

6. Mengajak keluar rumah

Ajak orangtua pergi ke tempat-tempat yang mereka sukai. Hal ini akan membuat mereka merasa bahagia karena bisa menghabiskan waktu bersama kita. Kita dapat mengajak mereka pergi jalan-jalan, makan di luar, atau menonton film bersama.

Hal-hal sederhana tersebut tidak memerlukan biaya yang mahal, namun dapat memberikan kebahagiaan yang besar bagi orangtua. Sebagai anak, sudah seharusnya kita melakukan hal-hal tersebut untuk membahagiakan orangtua.

Dalam Alkitab, kita dapat menemukan beberapa contoh tentang bagaimana anak-anak dapat membahagiakan orangtua mereka. Misalnya, dalam kitab Amsal 1:8-9, dikatakan:

"Dengarlah, anakku, didikan ayahmu, dan jangan menyia-nyiakan ajaran ibumu, sebab itu akan menjadi perhiasan kepalamu dan kalung indah pada lehermu."

Ayat tersebut mengajarkan bahwa kita harus mendengarkan didikan orangtua kita dan tidak menyia-nyiakan ajaran mereka. Hal ini akan membuat kita menjadi orang yang bijak dan bermoral.

Dalam kitab Efesus 6:1-3, dikatakan:

"Hai anak-anak, taatilah orang tuamu di dalam Tuhan, karena ini adalah kewajiban yang wajar. Hormatilah ayahmu dan ibumu, ini adalah perintah yang pertama, yang diiringi dengan janji: supaya engkau berbahagia dan panjang umur di atas bumi."

Ayat tersebut mengajarkan bahwa kita harus menghormati orangtua kita. Hal ini akan membuat kita mendapatkan kebahagiaan dan umur panjang.

Jadi, marilah kita membahagiakan orangtua kita dengan melakukan hal-hal sederhana tersebut. Hal ini merupakan bentuk kasih dan penghargaan kita kepada mereka.

Sumber : @parentalk.id | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami