12 Ayat Alkitab tentang Kematian dan Penghiburan Bagi yang Ditinggalkan
Sumber: canva.com

Kata Alkitab / 28 November 2023

Kalangan Sendiri

12 Ayat Alkitab tentang Kematian dan Penghiburan Bagi yang Ditinggalkan

Claudia Jessica Official Writer
1600

Dimana ada kehidupan, disitu juga ada kematian. Setiap tubuh yang bernyawa, tidak bisa menghindari kematian yang telah Tuhan tetapkan. Meskipun terkadang bagi sebagian orang, kematian adalah ketakutan yang besar dan perpisahan untuk selamanya.

Saya sendiri telah kehilangan banyak keluarga dan kerabat dalam satu bulan terakhir. Mereka pergi satu per satu, mulai dari keluarga, kerabat, hingga guru semasa sekolah. Kepergian mereka membuat saya terkenang dengan perbuatan mereka semasa hidupnya, dan kenyataan menghantam saya bahwa kami tidak akan bertemu lagi di dunia ini.

Namun, perpisahan dari kematian bukanlah hal yang harus disesali. Bahwasannya setiap orang yang percaya kepada Yesus Kristus dan menerimanya sebagai Tuhan dan Juruselamat telah mengakhiri perjalanan mereka di dunia menuju rumah kekal Bapa di Surga.

 

BACA JUGA: 15 Ayat Alkitab untuk Pemakaman Ini Memberi Penghiburan Pada yang Berduka

 

Mari kita lihat ayat Alkitab yang berbicara tentang kematian untuk kita renungkan dan memperkuat iman kita.

Roma 14: 7-9

Sebab tidak ada seorang pun di antara kita yang hidup untuk dirinya sendiri, dan tidak ada seorang pun yang mati untuk dirinya sendiri. Sebab jika kita hidup, kita hidup untuk Tuhan, dan jika kita mati, kita mati untuk Tuhan. Jadi baik hidup atau mati, kita adalah milik Tuhan. Sebab untuk itulah Kristus telah mati dan hidup kembali, supaya Ia menjadi Tuhan, baik atas orang-orang mati, maupun atas orang-orang hidup.

Roma 6:23

Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.

Yohanes 14: 1-3

“Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku. Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamu pun berada.”

Yohanes 11: 25-26

Jawab Yesus: “Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati, dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepada-Ku, tidak akan mati selama-lamanya. Percayakah engkau akan hal ini?”

 

BACA JUGA: Apakah Alkitab Berbicara tentang Berkabung dan Kehilangan Orang yang Dicintai?

 

Pengkhotbah 7:1

Nama yang harum lebih baik dari pada minyak yang mahal, dan hari kematian lebih baik dari pada hari kelahiran.

Lukas 23:43

Kata Yesus kepadanya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus.”

2 Timotius 2:11

“Jika kita mati dengan Dia, kita pun akan hidup dengan Dia.”

Ayat Alkitab tentang penghiburan bagi keluarga yang ditinggalkan

Yohanes 11: 26

“dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepada-Ku, tidak akan mati selama-lamanya. Percayakah engkau akan hal ini?”

Yohanes 14:1-4

“Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku. Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamu pun berada. Dan ke mana Aku pergi, kamu tahu jalan ke situ.”

Mazmur 73:26

Sekalipun dagingku dan hatiku habis lenyap, gunung batuku dan bagianku tetaplah Allah selama-lamanya.

Wahyu 21:4

Dan Ia akan menghapus segala air mata dari mata mereka, dan maut tidak akan ada lagi; tidak akan ada lagi perkabungan, atau ratap tangis, atau dukacita, sebab segala sesuatu yang lama itu telah berlalu.

 

BACA JUGA: 10 Ayat Alkitab untuk Menghibur Orang yang Berduka

 

2 Korintus 5:1

Karena kami tahu, bahwa jika kemah tempat kediaman kita di bumi ini dibongkar, Allah telah menyediakan suatu tempat kediaman di sorga bagi kita, suatu tempat kediaman yang kekal, yang tidak dibuat oleh tangan manusia.

Meskipun kita merasa sedih, kehilangan, dan kesepian, tetapi Alkitab hadir dan mengajarkan kita bahwa setiap orang percaya akan bertemu di rumah Bapa di Surga. Oleh karena itu, teruslah berlaku baik dan memancarkan kasih Kristus dalam hidup kita agar tidak menyesal.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami