Tema Hari Guru Nasional 2023 dan Maknanya #TerimaKasihGuruku
Sumber: Jawaban

News / 23 November 2023

Kalangan Sendiri

Tema Hari Guru Nasional 2023 dan Maknanya #TerimaKasihGuruku

Puji Astuti Official Writer
1949

Hari Guru Nasional (HGN)  diperingati setiap tanggal 25 November. Pada peringatan Hari Guru Nasional 2023 ini menjadi momentum untuk memberikan penghargaan kepada para guru yang telah berjasa mencerdaskan bangsa. Setiap tahun, peringatan HGN mengusung tema dan juga logo yang berbeda. Pada tahun 2023, tema HGN adalah "Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar". 

Makna Tema Hari Guru 2023, Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar 

Tema "Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar" memiliki makna yang mendalam. Tema ini mengajak seluruh pemangku kepentingan pendidikan, termasuk guru, siswa, orang tua, dan pemerintah, untuk bersama-sama mewujudkan Merdeka Belajar. Merdeka Belajar merupakan kebijakan pendidikan yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim. Kebijakan ini bertujuan untuk membebaskan siswa dari hambatan dan tekanan dalam belajar, sehingga mereka dapat mengembangkan potensinya secara maksimal. 

Tema "Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar" juga bermakna bahwa guru tidak lagi bekerja sendiri dalam mewujudkan Merdeka Belajar. Guru membutuhkan dukungan dari semua pihak, termasuk siswa, orang tua, dan pemerintah. Dengan kolaborasi yang kuat, maka Merdeka Belajar dapat tercapai dengan lebih mudah dan cepat. 

Memberi Semangat Para Guru Yang Semakin Banyak Hadapi Tantangan  

Guru  merupakan agen perubahan yang memegang peranan penting dalam membentuk karakter, pengetahuan, dan keterampilan anak-anak. Dedikasi guru dalam mendidik murid seringkali mengharuskan mereka untuk mengorbankan banyak hal. Namun, sayangnya, penghargaan terhadap guru masih rendah, baik dalam bentuk dukungan fasilitas dan moral, namun juga gaji yang tidak memadai.  

Sebagai contoh, kita bisa menemukan guru PAUD atau TK yang gajinya dibawah 1 juta rupiah, hal ini terjadi di berbagai pelosok Indonesia. Terlebih guru-guru di daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal) di Indonesia, mereka juga harus mengatasi keterbatasan infrastruktur, akses terbatas terhadap sumber daya pendidikan, dan kondisi sosial-ekonomi yang sulit. Meskipun demikian, banyak guru itu tetap memiliki dedikasi luar biasa dan dengan tetap gigih berjuang untuk memberikan pendidikan. 

Dalam rangka Hari Guru 2023 ini, yuk kita memberikan dukungan dan apresiasi kepada para guru yang sudah bersama kita mendidik dan mencerdaskan anak-anak Indonesia. Mungkin dia adalah guru Anda, atau guru anak-anak Anda. Anda bisa ungkapkan rasa terima kasih Anda dengan mention nama guru tersebut, dan berikan tagar #terimakasihguruku.   

Baca juga : 

Saya Sangat Terbantu Dengan Materi Super5 Karena Dikemas Sangat Menarik – Risty Lahagu

Bergumul dengan Bahan Ajar untuk Anak, Super5 Hadir Bantu PAUD Kami – Lely Inggar

5 Profesi Mulia Bagi Anda yang Punya Hati Untuk Melayani Sesama

Sumber : Berbagai Sumber / Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami