Seberapa Pentingkah Hubungan Pernikahan yang Baik Sebelum Memutuskan Memiliki Anak?
Sumber: freepik.com

Relationship / 22 November 2023

Kalangan Sendiri

Seberapa Pentingkah Hubungan Pernikahan yang Baik Sebelum Memutuskan Memiliki Anak?

Aprita L Ekanaru Official Writer
3101

Memiliki anak merupakan salah satu momen bahagia yang ditunggu-tunggu oleh pasangan suami istri. Namun, sebelum memutuskan untuk memiliki anak, penting bagi pasangan suami istri untuk memastikan bahwa hubungan mereka sudah harmonis dan siap untuk menjadi orang tua.

Hubungan suami istri yang harmonis akan memberikan dampak positif bagi kesehatan fisik dan mental ibu hamil, perkembangan janin, serta tumbuh kembang anak di masa depan. Sebaliknya, hubungan suami istri yang tidak harmonis dapat berdampak negatif bagi kesehatan fisik dan mental ibu hamil, perkembangan janin, serta tumbuh kembang anak.

 

BACA JUGA: Menciptakan Pernikahan yang Harmonis, Jangan Lupa Lakukan Satu Hal Ini...

 

Fakta Psikologis Kondisi Kandungan Bila Hubungan Orang Tuanya Tidak Baik

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa hubungan suami istri yang tidak harmonis dapat berdampak negatif bagi kondisi kandungan dan kesehatan ibu hamil. Berikut adalah beberapa fakta psikologis kondisi kandungan bila hubungan orang tuanya tidak baik:

1. Resiko keguguran

Wanita yang memiliki hubungan suami istri yang tidak harmonis memiliki risiko keguguran yang lebih tinggi. Hal ini disebabkan oleh stres yang dialami oleh ibu hamil akibat hubungan yang tidak harmonis.

2. Resiko kelahiran prematur

Wanita yang memiliki hubungan suami istri yang tidak harmonis juga memiliki risiko kelahiran prematur yang lebih tinggi. Hal ini disebabkan oleh stres yang dialami oleh ibu hamil dapat menyebabkan kontraksi dini.

3. Resiko bayi lahir dengan berat badan rendah

Bayi yang lahir dari ibu dengan hubungan suami istri yang tidak harmonis memiliki risiko lahir dengan berat badan rendah. Hal ini disebabkan oleh stres yang dialami oleh ibu hamil dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan janin.

4. Resiko bayi lahir dengan gangguan kesehatan

Bayi yang lahir dari ibu dengan hubungan suami istri yang tidak harmonis memiliki risiko lahir dengan gangguan kesehatan, seperti cacat lahir, gangguan perkembangan, dan gangguan mental.

 

BACA JUGA: Bosan dengan Pasangan, Wajar atau Tidak?

 

Tips Memperbaiki Hubungan Suami Istri Sebelum Punya Anak. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh pasangan suami istri untuk memperbaiki hubungan mereka sebelum punya anak, antara lain:

1. Komunikasi yang baik

Komunikasi adalah kunci dari setiap hubungan, termasuk hubungan suami istri. Komunikasi yang baik akan membantu pasangan suami istri untuk saling memahami dan saling mendukung.

Alkitab mengajarkan pentingnya komunikasi dalam pernikahan. Dalam Efesus 4:29, dikatakan bahwa kita harus "jangan membiarkan kata-kata kotor keluar dari mulut kita, tetapi hanya perkataan yang baik untuk membangun, sesuai dengan kebutuhan, agar itu bermanfaat bagi mereka yang mendengarnya."

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA >>

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami