3 Alasan Orang Kristen Harus Berdoa Sebelum Mengambil Keputusan Keuangan
Sumber: freepik.com

Finance / 21 November 2023

Kalangan Sendiri

3 Alasan Orang Kristen Harus Berdoa Sebelum Mengambil Keputusan Keuangan

Aprita L Ekanaru Official Writer
899

Tak dapat dipungkiri jika uang adalah salah satu aspek penting dalam kehidupan kita. Hal ini tidak hanya berkaitan dengan kebutuhan sehari-hari, seperti makanan, pakaian, dan tempat tinggal. Uang juga dapat digunakan untuk mencapai tujuan-tujuan hidup di masa depan, seperti membeli rumah, menyekolahkan anak, atau berbagi kepada sesama.

Dalam Alkitab, keuangan dipandang sebagai hal yang penting, tetapi tidak boleh menjadi prioritas utama dalam hidup. Tuhan mengajarkan kita untuk mencari dahulu kerajaan-Nya dan kebenaran-Nya, maka segala sesuatu akan ditambahkan kepada kita (Matius 6:33).

 

BACA JUGA: Bagaimana Orang Kristen Mengelola dan Menggunakan Uang dalam Hidup Mereka?

 

Karena keuangan adalah hal yang penting, maka penting juga untuk mengambil keputusan keuangan dengan bijaksana. Keputusan keuangan yang bijak adalah keputusan yang didasarkan pada prinsip-prinsip Alkitab, seperti kesetiaan, kejujuran, dan keadilan.

Salah satu cara untuk mengambil keputusan keuangan yang bijak adalah dengan berdoa. Doa adalah cara kita berkomunikasi dengan Tuhan dan meminta bimbingan-Nya. Ketika kita berdoa tentang keputusan keuangan kita, kita menyerahkannya kepada Tuhan dan meminta Dia untuk memimpin kita ke jalan yang benar.

Mengapa Penting Berdoa dalam Pengambilan Keputusan Keuangan? Ada beberapa alasan mengapa penting untuk berdoa dalam pengambilan keputusan keuangan, antara lain:

  1. Tuhan adalah sumber hikmat. Alkitab menyatakan bahwa Tuhan adalah sumber hikmat (Yakobus 1:5). Ketika kita berdoa kepada Tuhan, kita meminta hikmat-Nya untuk membimbing kita dalam membuat keputusan yang tepat.
  2. Tuhan adalah pelindung. Alkitab menyatakan bahwa Tuhan adalah pelindung bagi orang-orang yang mengasihi Dia (Mazmur 34:8). Ketika kita berdoa kepada Tuhan, kita meminta perlindungan-Nya dari bahaya yang mungkin terjadi akibat keputusan yang kita buat.
  3. Tuhan adalah pemberi berkat. Alkitab menyatakan bahwa Tuhan akan memberkati orang-orang yang setia kepada-Nya (Ulangan 28:1-14). Ketika kita berdoa kepada Tuhan, kita meminta berkat-Nya atas keputusan yang kita buat.

Bagaimana Cara Berdoa dalam Pengambilan Keputusan Keuangan? Berikut adalah beberapa tips untuk berdoa dalam pengambilan keputusan keuangan:

  1. Pahamilah situasi Anda. Sebelum berdoa, luangkan waktu untuk memahami situasi keuangan Anda. Apa saja kebutuhan dan tujuan Anda? Apa saja opsi yang Anda miliki?
  2. Mintalah hikmat dari Tuhan. Berdoalah kepada Tuhan dan mintalah hikmat-Nya untuk membimbing Anda dalam membuat keputusan yang tepat.
  3. Pertimbangkan prinsip-prinsip Alkitab. Berdoalah dan mintalah Tuhan untuk membantu Anda membuat keputusan yang sejalan dengan prinsip-prinsip Alkitab.
  4. Bersyukurlah kepada Tuhan. Bersyukurlah kepada Tuhan atas petunjuk dan bimbingan-Nya.

Berikut adalah contoh doa untuk pengambilan keputusan keuangan:

Ya Tuhan,

Aku datang kepada-Mu hari ini untuk meminta bimbingan-Mu dalam membuat keputusan keuangan. Aku sedang mempertimbangkan untuk [sebutkan keputusan yang Anda buat]. Tuhan, aku tahu bahwa Engkau adalah sumber hikmat. Aku meminta hikmat-Mu untuk membimbing aku dalam membuat keputusan yang tepat. Aku juga meminta perlindungan-Mu dari bahaya yang mungkin terjadi akibat keputusan yang aku buat. Tuhan, aku juga meminta berkat-Mu atas keputusan yang aku buat. Aku percaya bahwa Engkau akan memimpin aku ke jalan yang benar. Terima kasih atas bimbingan dan kasih-Mu.

Dalam nama Yesus, aku berdoa. Amin.

 

BACA JUGA: Jika Anda Mengalami 3 Hal Ini, Artinya Pengelolaan Keuangan Anda Buruk. Yuk Benahi!

 

Dengan berdoa dalam setiap keputusan keuangan, kita dapat meminta bimbingan dan perlindungan dari Tuhan. Dengan demikian, kita dapat membuat keputusan yang bijak dan sejalan dengan prinsip-prinsip Alkitab.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami