Ini 9 Kota Dengan Tingkat Penduduk Kristen Tertinggi di Indonesia Tahun 2023
Sumber: Beritasatu.com

News / 17 November 2023

Kalangan Sendiri

Ini 9 Kota Dengan Tingkat Penduduk Kristen Tertinggi di Indonesia Tahun 2023

Lori Official Writer
1651

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), berikut adalah data agama di Indonesia pada tahun 2023, dimana tingkat populasinya diantaranya Islam (86,93%), Kristen Protestan (10,48%), Katolik (3,06%), Hindu (1,71%), Buddha (0,74%) dan Konghucu (0,05%). 

Data ini menunjukkan bahwa Islam dan Kristen merupakan dua agama mayoritas di Indonesia. Meskipun menduduki posisi kedua teratas, agama Kristen (Protestan dan Katolik) tetap menjadi minoritas di Indonesia, dimana hanya sebanyak 10% dari populasi Indonesia yang terdaftar sebagai umat Kristen atau setara dengan kira-kira 23.5 juta orang. 

 

Wilayah Dengan Populasi Umat Kristen yang Tertinggi di Indonesia

Populasi Kristen di Indonesia sangat menyebar. Berikut adalah 9 wilayah dengan populasi Kristen tertinggi di Indonesia berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2023:

1. Papua Barat 60,2%

2. Papua 58,0% 

3. Nusa Tenggara Timur 37,6% 

4. Sulawesi Utara 35,3% 

5. Maluku 33,2% 

6. Kalimantan Utara 29,6% 

7. Sulawesi Tengah 28,8% 

8. Maluku Utara 28,6% 

9. Kalimantan Timur 26,6%  

 

Pertumbuhan Kekristenan di Indonesia di Tahun 2022-2023

Pada awal 2022, terjadi penyebaran kekristenan yang sangat cepat di wilayah-wilayah baru di Indonesia. Daerah-daerah di Kalimantan dan Sulawesi menjadi dua wilayah yang banyak mendirikan gereja-gereja baru dan jemaatnya terus tumbuh dengan pesat. Hal ini didorong dari penyebaran injil dan pelayanan keagamaan di wilayah ini.

Selain itu, peran serta masyarakat lokal yang partisipasi dalam kegiatan gerejawi juga meningkat, baik dari kalangan muda maupun dewasa. Masyarakat semakin terbuka terhadap nilai-nilai kekristenan dan aktif terlibat dalam kegiatan sosial yang diadakan oleh gereja.

 

Perkembangan Teknologi Mempengaruhi Pelayanan Gereja

Perkembangan teknologi juga telah mendorong pertumbuhan gereja di Indonesia. Gereja-gereja mulai memanfaatkan platform digital untuk menjalankan ibadah daring, menyebarkan khotbah, dan mengadakan acara-acara rohani. Tentu saja kehadiran teknologi telah memberikan akses yang lebih luas kepada lebih banyak orang untuk terpapar dengan gereja tertentu, terutama di tengah situasi pandemi global yang terjadi beberapa waktu yang lalu. 

 

Gereja Ambil Bagian di Bidang Pendidikan

Kekristenan di Indonesia juga bukan saja hanya berfokus pada ibadah minggu. Tetapi gereja-gereja juga bergerak mengentaskan pendidikan yang minim di Indonesia. Sehingga banyak gereja mulai membangun sekolah-sekolah Kristen di berbagai wilayah dan telah memberikan kontribusi positif dengan mencetak generasi muda yang menghidupi nilai-nilai kekristenan.

 

Tantangan yang Dihadapi Umat Kristen di Indonesia 

Meskipun berada di tengah masyarakat yang pluralis, bukan berarti umat Kristen di Indonesia bisa hidup dengan nyaman dan aman. Agama minoritas yang disematkan kepada umat Kristen menjadi tantangan yang banyak dihadapi oleh gereja-gereja. 

Dalam satu dekade belakangan ini, begitu banyak tindakan intoleransi yang dihadapi umat Kristen. Bersyukur, pemerintah, tokoh agama dan umat beragama terus melakukan dialog, seminar-seminar dan kegiatan sosial lintas untuk memperkuat toleransi antarumat beragama dan membangun fondasi kerukunan.

Sepanjang satu tahun belakangan, kita melihat pertumbuhan gereja terus meningkat di Indonesia. Ini adalah kabar baik yang perlu dirayakan oleh umat Kristen. Namun tugas besar bagi umat Kristen dalam membangun hubungan erat antarumat beragama.

Halaman :
1

Ikuti Kami