Nomor Urut Capres-Cawapres Pemilu 2024 Sudah Ditetapkan! Pesan untuk Masyarakat
Sumber: Bloomberg Technoz

News / 15 November 2023

Kalangan Sendiri

Nomor Urut Capres-Cawapres Pemilu 2024 Sudah Ditetapkan! Pesan untuk Masyarakat

Claudia Jessica Official Writer
916

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan nomor urut pasangan calon presiden dan wakil presiden peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 pada Selasa (14/11/2023).

Pasangan calon nomor urut 1 adalah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, pasangan nomor urut 2 adalah Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan pasangan nomor urut 3 adalah Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Pengundian nomor urut ini dilakukan secara terbuka di Kantor KPU RI, Jakarta. Proses pengundian disaksikan oleh perwakilan pasangan calon, perwakilan partai politik pengusung, dan perwakilan masyarakat.

Nomor urut ini akan digunakan oleh masing-masing pasangan calon selama masa kampanye yang akan dimulai pada 28 November 2023 hingga saat pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

 

BACA JUGA: Sebelum Tentukan Pilihan Capres dan Cawapres 2024, Kenali dan Lihat Profilnya Dulu

 

Sebelum memutuskan untuk memilih salah satu dari tiga calon pasangan ini dengan hak suara Anda, yuk kenal lebih lanjut pasangan calon presiden dan wakil presiden 2024 ini.

Pasangan Calon 1: Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar

Anies Baswedan merupakan figur yang cukup dikenal di dunia pendidikan dan politik Indonesia. Ia pernah menjabat sebagai Rektor Universitas Paramadina, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, dan Gubernur DKI Jakarta. Anies dikenal dengan kebijakan-kebijakannya yang inovatif dan berpihak pada rakyat kecil, seperti program Kartu Jakarta Pintar (KJP), pembangunan infrastruktur transportasi, dan penataan ruang kota.

Muhaimin Iskandar (Cak Imin) adalah seorang politikus senior yang telah malang melintang di dunia politik Indonesia. Ia pernah menjabat sebagai Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia, Menteri Perindustrian dan Perdagangan Republik Indonesia, dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Muhaimin dikenal dengan pengalamannya di bidang ekonomi dan politik, serta dukungannya terhadap pengembangan ekonomi kerakyatan.

Pasangan Calon 2: Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka

Prabowo Subianto adalah seorang purnawirawan jenderal bintang tiga yang memiliki pengalaman panjang di bidang militer dan politik. Ia pernah menjabat sebagai Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Kopassus), Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Kostrad), dan Menteri Pertahanan Republik Indonesia. Prabowo dikenal dengan karakternya yang tegas, pengalamannya di bidang pertahanan dan keamanan, serta komitmennya dalam menjaga kedaulatan nasional Indonesia.

 

BACA JUGA: Ketua Umum PGI Ingatkan Umat Kristen untuk Memilih Pemimpin dan Caleg dengan Bijak

 

Gibran Rakabuming Raka merupakan seorang pengusaha muda dan Wali Kota Surakarta yang saat ini menjabat periode keduanya. Putra sulung Presiden Joko Widodo ini dikenal dengan gebrakannya dalam mengembangkan perekonomian dan pariwisata Kota Surakarta. Gibran diharapkan dapat membawa semangat perubahan dan inovasi dalam pemerintahan Indonesia.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA →

Sumber : jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami