Bagaimana Orang Kristen Mengelola dan Menggunakan Uang dalam Hidup Mereka?
Sumber: canva.com

Finance / 10 November 2023

Kalangan Sendiri

Bagaimana Orang Kristen Mengelola dan Menggunakan Uang dalam Hidup Mereka?

Claudia Jessica Official Writer
1108

Uang adalah salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Dengan uang, kita dapat memenuhi kebutuhan hidup, seperti makan, minum, pakaian, tempat tinggal, dan transportasi. Uang juga dapat digunakan untuk mencapai tujuan-tujuan kita, seperti membeli rumah, mobil, atau pendidikan.

Namun bagi orang Kristen, uang bukan sekadar alat untuk memenuhi kebutuhan hidup atau mencapai tujuan pribadi. Uang merupakan alat yang bisa kita gunakan untuk melayani Tuhan. Kita dapat menemukan banyak contoh bagaimana orang Kristen menggunakan uang mereka untuk melayani Tuhan dari Alkitab.

Salah satu contoh yang paling terkenal adalah kisah janda miskin yang memberikan dua keping uang logam kepada Yesus. Dua keping uang logam itu mungkin tampak sangat kecil, tetapi Yesus sangat menghargai pemberiannya. Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya janda miskin ini memberi lebih banyak dari pada semua orang yang memasukkan uang ke dalam peti persembahan. Sebab mereka semua memberi dari kelimpahannya, tetapi janda ini memberi dari kekurangannya, semua yang ada padanya, yaitu seluruh nafkahnya.” (Markus 12:43-44)

 

 

BACA JUGA: Adakah Batasan Anak Usia 30-an Memberikan Tanggung Jawab Kepada Orangtua?

 

Lewat kisah ini, kita bisa belajar bahwa Tuhan tidak menilai pemberian kita berdasarkan jumlahnya, tetapi berdasarkan ketulusan hati kita. Bahkan, pemberian yang kecil sekalipun dapat menjadi berarti bagi Tuhan jika diberikan dengan ketulusan hati.

Selain itu, kita juga dapat belajar bahwa Tuhan menghargai orang-orang yang berkorban untuk-Nya. Seperti janda miskin dalam kisah tersebut, ia rela mengorbankan seluruh harta yang ia miliki untuk diberikan kepada Tuhan. Hal ini menunjukkan bahwa ia benar-benar mengasihi Tuhan dan ingin melayani-Nya.

Selain kisah janda miskin, ada banyak contoh lain dalam Alkitab yang menceritakan tentang bagaimana orang Kristen menggunakan uang mereka untuk melayani Tuhan. Siapa saja mereka?

  • Daud dan para pengikutnya memberikan persembahan kepada Tuhan untuk pembangunan Bait Suci (1 Tawarikh 29:1-9).
  • Paulus dan Silas mengumpulkan persembahan dari jemaat-jemaat untuk membantu jemaat-jemaat yang membutuhkan (1 Korintus 16:1-4).
  • Yohanes memberi makan orang-orang miskin dan membutuhkan (Yohanes 13:29).

Dari contoh-contoh tersebut, kita dapat belajar bahwa ada banyak cara untuk menggunakan uang untuk melayani Tuhan. Mari kita lihat beberapa hal spesifik yang dapat kita lakukan:

  • Memberikan persembahan kepada gereja atau lembaga-lembaga Kristen. Persembahan adalah salah satu cara yang paling umum untuk menggunakan uang untuk melayani Tuhan. Persembahan dapat digunakan untuk mendukung kegiatan-kegiatan pelayanan gereja atau lembaga-lembaga Kristen, seperti pelayanan kepada orang miskin, pendidikan, dan kesehatan.
  • Menyumbang untuk kegiatan-kegiatan pelayanan sosial. Ada banyak kegiatan-kegiatan pelayanan sosial yang membutuhkan dukungan finansial, seperti panti asuhan, rumah sakit, dan yayasan-yayasan yang membantu orang-orang yang membutuhkan. Dengan menyumbang untuk kegiatan-kegiatan ini, kita dapat membantu mereka yang membutuhkan dan menunjukkan kasih kita kepada sesama.
  • Memberi bantuan kepada orang-orang yang membutuhkan. Kita dapat memberikan bantuan kepada orang-orang yang membutuhkan dengan berbagai cara, seperti memberikan makanan, pakaian, atau uang. Kita juga dapat memberikan bantuan tenaga atau keterampilan kita.
  • Mendukung kegiatan-kegiatan misi dan penginjilan. Dengan mendukung kegiatan-kegiatan misi dan penginjilan, kita dapat membantu menyebarkan Injil ke seluruh dunia.

 

BACA JUGA: Memberi Hati, Pikiran dan Jiwa Sepenuhnya Untuk Tuhan

 

Namun, untuk melakukan semua hal tersebut, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Apa itu?

  • Lakukan dengan ketulusan hati. Tuhan tidak menilai pemberian kita berdasarkan jumlahnya, tetapi berdasarkan ketulusan hati kita.
  • Berdoalah kepada Tuhan untuk bimbingan. Mintalah Tuhan untuk menunjukkan kepada kita bagaimana kita dapat menggunakan uang kita untuk melayani-Nya.
  • Jangan memaksakan diri. Jangan memberikan uang yang melebihi kemampuan kita.

Dengan menggunakan uang kita dengan bijaksana, kita dapat menjadi berkat bagi orang lain dan menunjukkan kasih kita kepada Tuhan.

Anda juga bisa memberikan persembahan Anda untuk mendukung pelayanan CBN yang ingin membuat bangsa Indonesia mendengar injil Kristus dan menerima keselamatan secara utuh. Kenali lebih dalam tentang progam pelayanan CBN, klik di sini.

Anda bisa memberikan donasi melalui tombol berikut: DONASI UNTUK PELAYANAN VISI CBN

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami