4 Keuntungan Menggabungkan Keuangan dalam Pernikahan Menurut Samuel Ray
Sumber: static.promediateknologi.id

Finance / 30 October 2023

Kalangan Sendiri

4 Keuntungan Menggabungkan Keuangan dalam Pernikahan Menurut Samuel Ray

Claudia Jessica Official Writer
847

Meskipun bekerja sebagai HR Manager, nama Samuel Ray atau yang biasa disapa “Sam” dikenal sebagai influencer keuangan yang membagikan banyak pengalaman hidupnya seputar keuangan, pernikahan, dan pekerjaan. Bersama istrinya, Claudia Abednego, Samuel seringkali berbagi mengenai bagaimana mengelola keuangan dalam pernikahan mereka.

Samuel juga tak segan-segan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pengikutnya di Instagram. Seperti ketika Samuel menjawab pertanyaan salah satu pengikutnya dengan narasi “Buat aku pribadi, gabungin keuangan sama pasangan jadi salah satu keputusan terbaikku dalam hampir 10 tahun menikah. Kenapa?”

 

BACA JUGA: Biar Rumah Tangga Adem Ayem, Suami Istri Wajib Banget Bicarain 5 Perihal Keuangan Ini

 

Samuel Ray sangat meyakini bahwa menggabungkan keuangan setelah menikah bersama pasangan adalah salah satu keputusan terbaik yang pernah dia dan istrinya buat selama hampir sepuluh tahun pernikahan mereka karena 4 alasan ini:

1. Membuat Hubungan Lebih Kuat

Menurut Samuel Ray, menggabungkan keuangan bersama pasangan membuatnya dan sang istri menjadi lebih kompak dan saling sayang satu sama lain. Hal ini terjadi karena menanggung beban finansial bersama orang yang disayangi dapat membuat ikaran asmara menjadi lebih erat dan tak tergoyahkan.

2. Fokus pada Tujuan Bersama

Bagi Samuel, fokus adalah kunci. Ketika Anda dan pasangan fokus pada tujuan keuangan bersama, Anda akan memiliki arah yang jelas. Bayangkan kerja keras bersama-sama untuk mencapai impian yang sama, mulai dari memiliki rumah impian hingga menjelajahi dunia.

Mengelola keuangan bersama-sama akan membantu Anda merencanakan langkah-langkah yang sesuai dan memiliki arah yang sama. Dengan begitu, Anda dan pasangan akan merasa seperti satu tim yang bekerja sama, melawan segala rintangan.

“Keliling dunia, sampe buka bisnis bareng, literally ‘you and me vs everybody’-nya itu dapet banget,” tulis Sam dalam akun instagramnya.

 

BACA JUGA: Kerap Jadi Alasan Perceraian, Pahami Kenapa Pasangan Harus Mengelola Keuangan Bersama!

 

3. Menyadari Bangun Hidup Bareng-bareng

Perjalanan finansial bersama akan menciptakan momen-momen yang sangat berharga. Seperti Sam dan Claudia yang pertama kali membawa pulang mobil impian ke rumah yang mereka bangun susah payah, semuanya itu menjadi momen yang dirayakan bersama karena keduanya sama-sama berusaha membuat hal ini menjadi nyata.

4. Belajar Jadi Vulnerable

Dalam hubungan yang kuat, menjadi vulnerable atau terbuka satu sama lain adalah kuncinya. Terkadang, pria merasa perlu menunjukkan ketangguhan dan bahwa dia mampu menanggung segalanya sendiri. Tetapi zaman sekarang telah mengubah pandangan tersebut.

Menurut Sam, laki-laki yang kuat adalah mereka yang berani menunjukkan kelemahan dan kekurangan mereka. Mereka tidak ragu untuk membuka diri kepada pasangan mereka saat mereka merasa tidak mampu atau memiliki kegagalan, baik dalam investasi, pengambilan keputusan karier, atau hal lainnya. “It’s OK to be vulnerable to your spouse,” tulis Sam.

 

BACA JUGA: Meski Hanya Di Rumah Saja, Kamu Tetap Bisa Hasilin Uang Dengan Maksimalin Minatmu Loh, Mom

 

Kesimpulannya, menggabungkan keuangan memang membutuhkan waktu. Tidak bisa selesai dalam sekali duduk dan diskusi, bahkan terkadang dapat memicu konflik diantara pasangan. Namun, Sam membagikan bahwa langkah ini adalah langkah penting dalam membangun hubungan yang kuat bersama pasangan.

Sumber : Samuel Ray Instagram
Halaman :
1

Ikuti Kami