Mengapa Kita Perlu Terus Berdoa untuk Israel?
Sumber: Canva

Fakta Alkitab / 26 October 2023

Kalangan Sendiri

Mengapa Kita Perlu Terus Berdoa untuk Israel?

Puji Astuti Official Writer
1555

Di tengah gemuruhnya konflik yang tak henti antara Israel dan Hamaz, kita melihat banyak orang memberikan komentar dan analisis terhadap dampak tragis dari perang tersebut. Namun, seberapa sering kita merenung dan mendorong diri untuk berdoa dan memberkati Israel serta Yerusalem?  

Mungkin Anda bertanya, mengapa kita harus berdoa untuk Israel?  

1.Israel bangsa pilihan Tuhan  

Betapa jelas Alkitab mendeskripsikan bahwa Israel adalah bangsa pilihan Tuhan. Allah telah memilih bangsa ini untuk menjadi umat-Nya secara khusus  dan dalam janji-Nya, Dia berkomitmen untuk melindungi dan memberkati mereka.  

Sebab engkaulah umat yang kudus bagi TUHAN, Allahmu; engkaulah yang dipilih oleh TUHAN, Allahmu, dari segala bangsa di atas muka bumi untuk menjadi umat kesayangan-Nya. - Ulangan 7:6  

2.Israel mendapat panggilan Allah untuk menjadi berkat bagi bangsa-bangsa  

Lebih dari sekadar bangsa pilihan, Israel memiliki panggilan istimewa dari Allah untuk menjadi terang dan berkat bagi bangsa-bangsa.   

Aku ini, TUHAN, telah memanggil engkau untuk maksud penyelamatan, telah memegang tanganmu; Aku telah membentuk engkau dan memberi engkau menjadi perjanjian bagi umat manusia, menjadi terang untuk bangsa-bangsa, untuk membuka mata yang buta, untuk mengeluarkan orang hukuman dari tempat tahanan dan mengeluarkan orang-orang yang duduk dalam gelap dari rumah penjara. - Yesaya 42:6-7  

3.Apa yang terjadi di Israel menjadi petunjuk dan tanda akan akhir zaman  

Saat ini, Israel menghadapi tantangan  yang sangat berat. Mereka berhadapan dengan berbagai negara dan kelompok yang menyerang mereka dari berbagai arah : Suriah, Libanon, Yordania, Saudi Arabia, Iran, Hamas, Jihad Islam, Hezbollah, dll.   

Namun, banyak orang percaya bahwa apa yang terjadi di Israel dapat menjadi petunjuk tentang akhir zaman, seperti yang disebutkan dalam Matius 24:15-21. Sebagai contoh, deklarasi Israel sebagai negara pada tahun 1948, perang Arab-Israel pada tahun 1967, dianggap oleh beberapa ahli Alkitab sebagai peristiwa awal dari akhir zaman.  

BACA JUGA : Saling Tuduh, Pengeboman Rumah Sakit di Palestina Perbuatan Israel atau Hamas?

Israel sendiri adalah saksi bagi seluruh dunia tentang kasih dan keadilan Allah. Nubuatan tentang mereka dan perjalanan sejarah yang merupakan penggenapan nubuatan para nabi-nabi itu tercatat dalam sejarah. Hal ini menjadi sebuah bukti nyata yang tidak bisa dipungkiri bagaimana karya Tuhan atas Israel dan dampaknya pada bangsa-bangsa.   

Allah yang setia kepada janji-Nya pernah berkata kepada Abraham, bapa leluhur orang Israel bahwa :   

Aku akan memberkati orang-orang yang memberkati engkau, dan mengutuk orang-orang yang mengutuk engkau, dan olehmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat. - Kejadian 12 : 3  

Jadi mari kita berdoa untuk Israel, lepaskan berkat atas bangsa pilihan ini. Beberapa hal yang bisa menjadi topik doa adalah :   

1.  Doa untuk kedamaian Israel, berdoa untuk para pemimpin Israel dan bangsa-bangsa di sekitarnya menemukan titik temu dan kesepakatan untuk kedamaian wilayah tersebut.   

2. Doa agar bangsa Israel mengenal Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Mesias yang mereka nantikan.   

3. Berdoa agar Israel dapat menggenapi panggilannya untuk menjadi terang dan berkat bagi bangsa-bangsa.  

Mari kita bersama-sama berdoa dengan tekun dan penuh kasih untuk Israel. Mereka adalah bangsa yang memiliki peran penting dalam rencana Allah bagi dunia ini. Mari kita ambil bagian dalam penggenapan rencana Tuhan di akhir zaman ini dengan menabur dalam doa-doa kita, baik untuk Israel, bangsa-bangsa lain, dan bahkan untuk negeri kita tercinta, Indonesia.   

BACA JUGA : Ratusan Artis Serukan Kebebasan Israel & Palestina Agar Hidup Berdampingan Dengan Damai

Sumber : Berbagai Sumber / Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami