Kalau Punya 10 Kriteria Ini, Artinya Kamu Sudah Jadi Pemimpin yang Diurapi Tuhan!
Sumber: blog.cicle.app

Single / 25 October 2023

Kalangan Sendiri

Kalau Punya 10 Kriteria Ini, Artinya Kamu Sudah Jadi Pemimpin yang Diurapi Tuhan!

Claudia Jessica Official Writer
1192

Sosok pemimpin dibutuhkan dalam berbagai hal. Seperti pemimpin negara, pemimpin dalam perusahaan, pemimpin dalam tim, pemimpin dalam keluarga, bahkan kita harus bisa memimpin setidaknya diri kita sendiri. Bibit kepemimpinan ada dalam setiap orang dengan tingkatan yang berbeda. Sosok pemimpin bukan sosok sembarang, mereka harus diurapi oleh Tuhan agar dapat memimpin bawahannya ke jalan yang benar.

Dalam Keluaran 18:21, Yitro memerintahkan kepada Musa untuk menunjuk orang-orang menjadi pemimpin atas ribuan, ratusan, dan puluhan orang. Dari sini kita bisa melihat bahwa sosok pemimpin membutuhkan kemampuan yang hebat untuk bisa memimpin banyak orang. Maka dari itu pemimpin yang baik yang diurapi Tuhan harus memiliki 10 tanda ini:

1. Memiliki kasih

Kemampuan yang pertama adalah pemimpin yang memiliki kasih. Pemimpin tidak bisa menjadi pemimpin yang baik jika tidak mampu mengasihi tanpa syarat. Kasih yang dimaksud bukanlah tentang kasih yang romantis atau kasih kekeluargaan, melainkan kasih agape, yaitu jenis cinta yang Tuhan miliki terhadap umat-Nya.

Seorang pemimpin harus mampu mengasihi dan mencintai semua yang berada di bawah kepemimpinannya.

 

BACA JUGA: Belajar Leadership Dari Nehemia, Ini Lho 4 Karakter yang Harus Anda Miliki

 

2. Mampu menjadi teladan

Seorang pemimpin yang hebat tidak hanya bisa memberikan perintah, tetapi juga hidup sesuai dengan prinsip dan nilai yang mereka ajarkan kepada bawahannya. Pemimpin yang baik harus bisa menjadi teladan dalam banyak hal. Dengan begitu, pemimpin bisa memimpin orang-orang yang ada di bawahnya untuk mengikutinya.

3. Mampu mengelola

Kemampuan mengelola adalah esensial dalam kepemimpinan yang hebat. Pemimpin yang efektif dapat merencanakan, mengatur, dan mengelola sumber daya dengan baik. Mereka memiliki visi yang jelas dan kemampuan untuk mengkoordinasikan upaya tim untuk mencapai tujuan bersama.

4. Disiplin

Pemimpin yang baik haruslah mengutamakan disiplin. Disiplin di sini artinya pemimpin harus bisa menetapkan standar-standar dan mampu menerapkannya secara konsisten. Dengan kedisiplinan, pemimpin dapat menjalankan tanggung jawabnya dengan konsisten hingga mencapai tujuan.

 

BACA JUGA: 3 Pertanyaan Ini Perlu Anda Jawab Jika Anda Menyebut Diri Seorang Pemimpin

 

5. Memiliki keunggulan

Keunggulan, atau dalam bahasa Inggris excellence bisa diartikan dengan memiliki kualitas terbaik. Hanya yang terbaik yang bisa menjadi unggul.

Pemimpin yang hebat selalu berusaha untuk mencapai keunggulan dalam kepemimpinan mereka. Mereka berfokus pada peningkatan terus-menerus dan belajar dari pengalaman mereka. Mereka memotivasi anggota tim untuk mencapai hasil terbaik

6. Berpegang teguh pada kebenaran

Integritas adalah salah satu tanda khas kepemimpinan yang hebat. Pemimpin yang jujur dan dapat diandalkan akan selalu berpegang pada kebenaran, bahkan dalam situasi yang sulit. Mereka memiliki standar moral yang tinggi dan tidak berkompromi dengan nilai-nilai mereka.

7. Mampu menjadi penatalayan yang baik

Seorang pemimpin yang baik harus menjadi penatalayan yang baik, ia tidak hanya perintah, tetapi juga pendengar dan penatalayan yang baik. Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mau mendengarkan masukan dari anggota timnya, memberikan umpan balik yang konstruktif, dan membantu anggota tim tumbuh dan berkembang.

8. Menjaga kekudusan

Pemimpin yang baik haruslah hidup kudus. Kekudusan berarti memiliki hubungan yang benar dengan Tuhan. Artinya, pemimpin tunduk kepada Tuhan karena kamu menghormati Tuhan. Tindakan kekudusan relevan dengan Tuhan.

Kekudusan tidak banyak relevansinya dengan manusia, namun kekudusan penting karena untuk menjadi pemimpin yang baik, seseorang harus mempunyai sikap hormat kepada Tuhan.

 

BACA JUGA: Biar Jadi Youth Leader yang Keren, Kamu Perlu Miliki 5 Hal Ini

 

9. Inspiratif

Pemimpin yang baik haruslah inspiratif. Mereka tidak boleh memprovokasi orang lain atau mengeluarkan sisi buruknya dengan hal-hal negatif. Pemimpin harus menginspirasi orang lain untuk mengeluarkan sisi terbaik mereka.

10. Memiliki tujuan yang jelas

Seorang pemimpin yang baik harus memiliki tujuan, dan memimpin orang-orang menuju tujuan mereka di dalam Tuhan. Kepemimpinan yang baik mempunyai tujuan.

Pemimpin tahu apa yang ingin dicapai dan memiliki rencana yang terstruktur untuk mencapai tujuan tersebut. Pemimpin memberikan arah dan fokus yang diperlukan untuk mencapai tujuan.

10 hal ini adalah sikap yang dimiliki oleh seorang pemimpin, terutama mereka yang memimpin banyak orang. Inilah 10 kriteria dan kualitas seorang pemimpin. Begitu banyak tanggung jawab seorang pemimpin, karenanya kita membutuhkan bantuan Tuhan untuk bisa menjadi pemimpin yang berkenan bagi-Nya.

Bagikan artikel ini ke sosial media Anda dan teman-teman supaya mereka tahu kriteria menjadi pemimpin yang diurapi Tuhan.

Sumber : liliesinternational.org
Halaman :
1

Ikuti Kami