Tempat Berbagi Beban dan Kelemahan
Kalangan Sendiri

Tempat Berbagi Beban dan Kelemahan

Lori Official Writer
      1035

Ayat Renungan: 

Efesus 4: 25, “Karena itu buanglah dusta dan berkatalah benar seorang kepada yang lain, karena kita adalah sesama anggota.”

Mazmur 133: 1, "Sungguh, alangkah baiknya dan indahnya, apabila saudara-saudara diam bersama dengan rukun!"

 

Tahukah bahwa ada beberapa hal dalam hidup ini yang tak bisa kita ubah sendiri. Karena itu kita butuh orang lain yang mau secara terbuka dan tulus memberikan dukungan kepada kita, dan kita bisa mendapatkannya dari komunitas orang-orang percaya. Seperti ditulis dalam Mazmur 133: 1, "Sungguh, alangkah baiknya dan indahnya, apabila saudara-saudara diam bersama dengan rukun!"

Mungkin kita akan berkata, “Oh tidak, aku bisa bertumbuh sendiri dan aku tak perlu orang lain. Aku tak perlu gereja atau kelompok kecil!” Tapi bayangkan seperti saat kita berada di sebuah arena pertandingan sepak bola. Saat kita berhadapan dengan pemain lawan yang bertubuh kekar dan kuat, kita perlu melakukan kerja sama yang baik bersama tim untuk bisa mengalahkan lawan. Kita perlu mengatur posisi dan sama-sama saling melengkapi kelemahan kita.

Hal serupa juga berlaku dalam kehidupan kita, bersama komunitas kita bisa saling berbagi beban dan masalah kita, seperti rasa sakit, beban dan tantangan yang kita hadapi. Tetapi untuk membangun hubungan yang solid seperti dalam tim sepakbola tidak terjadi secara instan. Kita perlu berkorban waktu untuk bertemu, berkumpul dan berbagi untuk lebih mengenal. Dan saat kebiasaan ini terus dibangun, kita akan semakin akrab dengan orang-orang di dalamnya. Orang-orang ini lalu menjadi teman yang bisa mendorong, mendukung dan membangun kita berubah menjadi lebih baik.

Di dalam Efesus 4: 25 disampaikan, “Karena itu buanglah dusta dan berkatalah benar seorang kepada yang lain, karena kita adalah sesama anggota.” Ayat ini mengingatkan kita bahwa untuk bertumbuh, kita perlu menjadi diri kita sendiri dan mau jujur. Kejujuran dan kebenaran adalah kunci untuk membuat kita merasa aman dan membentuk kita menjadi pribadi yang terus bertumbuh bersama orang lain.

 

Action: Apakah kamu adalah salah satu anggota komunitas di gerejamu? Ambil waktu untuk berdoa untuk teman komunitasmu dan berkati mereka supaya mengalami pertumbuhan di dalam Tuhan.

Ayat Hafalan: Roma 12: 5, “…demikian juga kita, walaupun banyak, adalah satu tubuh di dalam Kristus; tetapi kita masing-masing adalah anggota yang seorang terhadap yang lain.”

Ikuti Kami