Menjadi Kuat Karena Bersama
Kalangan Sendiri

Menjadi Kuat Karena Bersama

Lori Official Writer
      2280

Ayat Renungan: 

Matius 18: 20, “Sebab di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam nama-Ku, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka.”

 

Tuhan tidak menciptakan kita untuk menjalani hidup dan melakukan segalanya sendirian. Tetapi Dia mau kita meraih hal terbaik dalam hidup kita bersama dengan orang lain. 

Salah satu alasan Nehemia berhasil membangun kembali tembok Yerusalem adalah karena dia bekerja sama dengan banyak orang. Di Nehemia 3 dituliskan terdapat 18 tim yang membantu Nehemia mengerjakan proyek besar tersebut. Mereka saling membantu dan menolong, saling bahu membahu dan berjaga-jaga sampai tembok kembali berdiri.

Nehemia mencoba membangun semangat tim dengan memposisikan setiap orang diantara orang lain. Jadi saat yang satu mulai kelelahan maupun putus asa, dia bisa dikuatkan dengan semangat teman di sebelah kiri dan kanannya. Nehemia menolong setiap orang merasa aman dengan menempatkan mereka di lingkaran tim yang saling memberikan dukungan satu sama lain.

Di Perjanjian Baru kata-kata “satu sama lain” disebutkan sebanyak 58 kali. Alkitab menyampaikan bahwa kita harus saling membantu, saling melayani dan saling menanggung beban. Ini adalah cara untuk meraih hal terbaik dalam hidup kita! Demikian disampaikan dalam Matius 18: 20, “Sebab di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam nama-Ku, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka.” Ini bukan hanya bicara tentang doa, tetapi iman yang mendatangkan keberhasilan.

Selain Nehemia, kita juga bisa belajar pentingnya sebuah tim dari sosok Rasul Paulus, dimana dia tidak pernah melakukan pelayanannya sendiri. Hal yang sama juga dilakukan oleh Tuhan Yesus bersama dengan 12 murid-murid-Nya. Bagaimana dengan kita? Mungkin hari-hari ini kita sedang menghadapi kesulitan dalam mencapai tujuan kita karena kita memilih melakukannya sendiri. Tuhan mau kita mencapai hasil terbaik dalam hidup karena ada orang lain yang membuat kita tetap kuat di saat hampir menyerah dan tetap berharap di saat tak lagi ada harapan. 

 

Action: Lewat renungan hari ini, ambil satu atau dua tindakan nyata yang bisa mengingatkanmu bahwa peran tim penting untuk meraih kesuksesan dalam hidup. 

Ayat Hafalan: Roma 12: 5, “…demikian juga kita, walaupun banyak, adalah satu tubuh di dalam Kristus; tetapi kita masing-masing adalah anggota yang seorang terhadap yang lain.”

Ikuti Kami