Menjadi Kuat Karena Dukungan
Kalangan Sendiri

Menjadi Kuat Karena Dukungan

Lori Official Writer
      1571

Ayat Renungan: 

Pengkhotbah 4: 9 & 12, “Berdua lebih baik dari pada seorang diri, karena mereka menerima upah yang baik dalam jerih payah mereka…Dan bilamana seorang dapat dialahkan, dua orang akan dapat bertahan. Tali tiga lembar tak mudah diputuskan.”

Roma 12: 5, “…demikian juga kita, walaupun banyak, adalah satu tubuh di dalam Kristus; tetapi kita masing-masing adalah anggota yang seorang terhadap yang lain.”

 

Waktu kita memutuskan untuk menerima Tuhan Yesus dan lahir baru, kita ibarat sedang memulai lembaran hidup kita dari awal. Dan untuk terus bertumbuh secara iman, kita perlu mendapatkan dukungan dari orang lain.

Proses berubah butuh dukungan dan kita tidak bisa melakukannya sendirian. Setiap orang yang bertumbuh semakin dewasa dalam imannya melibatkan dukungan rohani dari orang lain. 

Dalam Pengkhotbah 4: 9-12 disampaikan, “Berdua lebih baik dari pada seorang diri, karena mereka menerima upah yang baik dalam jerih payah mereka. Karena kalau mereka jatuh, yang seorang mengangkat temannya, tetapi wai orang yang jatuh, yang tidak mempunyai orang lain untuk mengangkatnya! Juga kalau orang tidur berdua, mereka menjadi panas, tetapi bagaimana seorang saja dapat menjadi panas? Dan bilamana seorang dapat dialahkan, dua orang akan dapat bertahan. Tali tiga lembar tak mudah diputuskan.”

Ayat ini menegaskan kepada kita bahwa saat kita mendapatkan dukungan dari orang lain, kita tidak akan mudah jatuh atau dikalahkan. Karena itu, kapanpun fase hidup kita berubah kita pasti bisa gagal dan terjatuh. Tapi saat kita bergantung kepada orang lain mereka bisa membantu kita untuk bangkit dan kembali berjuang. 

Komunitas adalah tempat yang memberikan kita rasa aman. Entah itu kelompok kecil maupun teman-teman sesama orang percaya bisa jadi sumber dukungan yang kita butuhkan. Mereka bisa melihat apa yang tidak bisa kita lihat dan menjadi pengingat di waktu kita hampir tersesat. 

Jadi peranan orang-orang percaya yang sebegitu pentingnya atas pertumbuhan iman kita menjadi alasan untuk kita tidak boleh menjauhkan diri dari persekutuan. 

 

Action: Seberapa penting peran komunitas orang percaya dalam pertumbuhan rohanimu? Jika kamu adalah salah satu yang mengalami dukungan ini, bagikan pengalaman ini kepada orang lain dan ajak seseorang yang kamu kenal belum punya komunitas untuk ikut bergabung dan bertumbuh bersama.

Ayat Hafalan: Roma 12: 5, “…demikian juga kita, walaupun banyak, adalah satu tubuh di dalam Kristus; tetapi kita masing-masing adalah anggota yang seorang terhadap yang lain.”

Ikuti Kami