Bertarung Menjaga Pikiran
Kalangan Sendiri

Bertarung Menjaga Pikiran

Lori Official Writer
      1582

Ayat Renungan: 

Amsal 4: 23, “Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.”

Roma 8: 6, “Karena keinginan daging adalah maut, tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera.”

 

Tuhan jauh lebih tertarik mengubah pikiran kita daripada mengubah keadaan kita. Kita mau Tuhan menyelesaikan semua masalah, rasa sakit, kesedihan, penderitaan dan penyakit kita. Tapi Tuhan mau bekerja atas diri kita lebih dulu, karena kita tidak akan mengalami transformasi apa-apa jika kita belum memperbaharui pikiran kita. 

Ayat renungan pagi ini dari Amsal 4: 23 mengingatkan kita untuk “menjaga hati dengan segala kewaspadaan”. Pikiran punya kuasa menentukan apakah hidup kita baik atau buruk. Misalnya saat kecil kita mendengar kata-kata seperti “Kamu tidak berharga. Kamu tidak berguna”. Dan saat kita percaya perkataan itu, hidup kita akan dibentuk seperti perkataan tersebut.

Jadi penting untuk kita menjaga pikiran, karena pikiran memampukan kita melawan setiap kebohongan dan tipuan si iblis. Bagaimana cara menjaga pikiran? Salah satu caranya hindari overthinking! Pikiran yang sehat dihasilkan dari mental yang sehat. Jika kita membiarkan mental kita bertarung penuh overthinking sepanjang 24 jam sehari, maka pikiran kita akan kehilangan kendali. Akibatnya kita akan menjadi stress dan mental kita terganggu. Saat dalam keadaan seperti inilah kita akan mudah mempercayai hal-hal yang negatif. 

Di dalam Roma 8: 6 disampaikan, “Karena keinginan daging adalah maut, tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera.” Jadi kita perlu memastikan pikiran kita dipenuhi oleh Roh Tuhan, karena dengan itu apapun keadaannya kita pasti bisa mengatasinya.

Hari ini mari menjaga pikiran kita dengan Roh Tuhan, mulai dengan pujian penyembahan atau memperkatakan kebenaran firman-Nya.

 

Action: Apakah hari-hari ini kau sedang berjuang melawan overthinking dan membuatmu mulai merasa stress? Jika kamu butuh dukungan, kami selalu ada untuk kamu. Temukan dukungan yang kamu butuhkan dengan menghubungi konseling center kami di 0811 9912 240, Whatsapp 0822 1500 2424.

Ayat Hafalan: 1 Petrus 4: 8, “Kasihilah sungguh-sungguh seorang akan yang lain, sebab kasih menutupi banyak sekali dosa.”

Ikuti Kami