Persahabatan yang Membangun Iman
Kalangan Sendiri

Persahabatan yang Membangun Iman

Lori Official Writer
      1602

Ayat Renungan: 

1 Tesalonika 5: 11, “Karena itu nasihatilah seorang akan yang lain dan saling membangunlah kamu seperti yang memang kamu lakukan.”

 

Kita tidak akan bisa bertumbuh menjadi orang-orang percaya yang semakin dewasa dan kuat sendirian. Kita perlu komunitas! Komunitas memampukan kita untuk mendapatkan wawasan rohani yang lebih luas, kasih yang nyata dan dukungan moral dan spiritual di dalam satu kesatuan roh. 

Renungan pagi ini mengungkapkan pentingnya peran komunitas dalam membangun roh kita. Di dalam 1 Tesalonika 5: 11, Paulus menasehatkan jemaat di Tesalonika untuk saling memperhatikan satu sama lain dan jangan seorang pun yang merasa mampu hidup sendirian. Demikian disampaikan, “Karena itu nasihatilah seorang akan yang lain dan saling membangunlah kamu seperti yang memang kamu lakukan.” Paulus mencoba menyampaikan bahwa melalui komunitas, kita dan orang lain bisa terkoneksi melalui persahabatan yang alkitabiah dan saling membangun dalam berbagai aspek, baik karakter, wawasan, hubungan sosial dan juga pertumbuhan iman.

Di dalam Alkitab ada banyak dibagikan tentang bagaimana orang-orang percaya hidup tergantung dengan orang-orang percaya lainnya untuk mendapatkan dukungan (Kisah Para Rasul 2: 42-47). Tuhan Yesus sendiri sudah lebih dulu memberikan teladan ini yaitu saat Dia bersama-sama dengan 12 murid-murid-Nya. Dan kita bisa belajar 3 alasan penting berada dalam komunitas orang percaya:

Pertama, kita lebih aman. Saat melewati masa-masa sulit, kita akan lebih aman saat berjalan bersama orang lain yang bisa menyemangati dan berdoa untuk kita.

Kedua, sumber dukungan. Komunitas bisa menjadi sumber dukungan yang kita butuhkan saat kita hampir menyerah dalam mencapai satu tujuan. 

Ketiga, iman kita semakin bertumbuh. Saat kita berjalan sendiri, kita mungkin berjalan ke arah yang salah. Tapi saat kita berjalan dengan orang lain, kita belajar mendeteksi kesalahan kita, menemukan kebenaran yang sejati dan semakin bertumbuh. 

Jadi hari ini, belajar untuk membuka diri dan masuk dalam komunitas orang percaya. 

 

Action: Apakah kamu rindu untuk punya komunitas yang mendukungmu semakin bertumbuh dalam Tuhan? Kami mungkin punya solusi untuk membantumu menemukannya. Kamu bisa menghubungi Layanan Konseling Center kami yang hadir selama 24 jam setiap hari di kontak ini 0811 9914 240.

Ayat Hafalan: 1 Tesalonika 5: 11, “Karena itu nasihatilah seorang akan yang lain dan saling membangunlah kamu seperti yang memang kamu lakukan.”

Ikuti Kami