Membangun Mezbah Bagi Tuhan Setiap Hari
Kalangan Sendiri

Membangun Mezbah Bagi Tuhan Setiap Hari

Lori Official Writer
      1872

Ayat Renungan: Mazmur 62: 1-2, “Hanya dekat Allah saja aku tenang, dari pada-Nyalah keselamatanku. Hanya Dialah gunung batuku dan keselamatanku, kota bentengku, aku tidak akan goyah.”

 

Apa yang kita pikirkan saat mendengar kata mezbah? Mezbah adalah sebuah tempat, altar atau wadah yang biasa digunakan untuk mengorbanan sesuatu. Kita mempersembahkan korban karena itu menjadi pengganti dari hal yang penting dan berharga. Bangsa Israel biasanya melakukan persembahan penebusan dosa dengan mempersembahkan kambing atau domba. 

Namun tradisi ini berganti menjadi sesuatu yang nyata, ketika Tuhan Yesus sendiri mengorbankan diri-Nya untuk dosa manusia. Dia menjadi korban demi dosa kita. Meneladani pengorbanan Yesus, kita pun perlu memberikan korban persembahan untuk Tuhan melalui hidup kita, baik melalui perkataan, tindakan maupun cara hidup kita.

Hari ini mari merenungkan pentingnya membangun mezbah untuk Tuhan dalam kehidupan kita setiap hari.

1. Kita memiliki kepekaan. Semakin kita mendekat kepada Tuhan semakin kita mengalami kepekaan dan hati yang sensitif akan suara Tuhan. Waktu kita sensitif dengan suara, pikiran dan kehendak Tuhan, kita akan sensitif terhadap kebutuhan sesama kita. 

2. Kita mendapatkan ketenangan. Mazmur 62: 1-2 berkata, “Hanya dekat Allah saja aku tenang, dari pada-Nyalah keselamatanku. Hanya Dialah gunung batuku dan keselamatanku, kota bentengku, aku tidak akan goyah.” Daud menemukan kunci kepuasan sejati di dalam hidup yaitu dekat dengan Tuhan. Tak ada hal lain yang membuatnya puas selain Tuhan dan Daud sangat menyadari hal itu.

3. Punya kemampuan mengambil keputusan yang tepat. Saat kita dekat dengan Tuhan, kita akan diberikan hikmat. Amsal 2: 9-10 berkata, “Maka engkau akan mengerti tentang kebenaran, keadilan, dan kejujuran, bahkan setiap jalan yang baik. Karena hikmat akan masuk ke dalam hatimu dan pengetahuan akan menyenangkan jiwamu.”

Hari ini, mari mulai membangun mezbah Tuhan. Karena dengan melatih diri kita dekat dengan Tuhan akan membangun kita di dalam iman dan karakter kita.  

 

Action: Temukan hal apa yang paling kamu butuhkan hari-hari ini dari tiga manfaat membangun mezbah di atas? Lalu bagikan pergumulan tersebut kepada orang terdekatmu dan minta dukungan doa.

Ayat Hafalan: Mazmur 1: 1-2, "Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh, tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam.”

Hak cipta @Maria Kaesmetan

Ikuti Kami