Mendapatkan Pertolongan Pada Waktunya
Kalangan Sendiri

Mendapatkan Pertolongan Pada Waktunya

Lori Official Writer
      1701

Ayat Renungan:

Ibrani 4: 16, “Sebab itu marilah kita dengan penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya.”

2 Korintus 3:17, "Sebab Tuhan adalah Roh; dan di mana ada Roh Allah, di situ ada kemerdekaan.”

 

Membangun hubungan yang erat dengan Tuhan melalui doa dan renungan firman bukan saja membuat kita memahami isi hati Tuhan. Tapi persekutuan dengan Tuhan juga bisa melindungi kita dari banyak sekali gangguan yang mengalihkan fokus kita dari hal yang lebih penting.

Setiap hari adalah peperangan rohani bagi orang percaya. Karena besar kemungkinan akan selalu ada kekacauan, gangguan dan konflik diantara keluarga, tetangga, teman, rekan sepelayanan maupun sekerja. Saat kita meresponi keadaan yang terjadi dengan emosi atau perasaan, maka kita sedang membuka pintu untuk kita kehilangan damai sejahtera. Dan saat kita hanya mengandalkan perasaan, maka kita akan meresponi keadaan dengan marah, pahit dan kecewa. Efesus 4: 27 berkata bahwa “marah bisa jadi celah bagi si iblis untuk berkuasa”, begitu juga dengan kepahitan dan kekecewaan. 

Perasaan-perasaan ini akhirnya membuat kita berpikir bahwa kita benar. Meski sebenarnya itu adalah pengalihan dari fokus utama kita kepada Tuhan. Karena itu supaya kita tidak terjebak dengan emosi dan perasaan yang menipu ini, kita perlu dekat dengan Roh Kudus. Kita perlu menghampiri Tuhan setiap hari karena dari Dialah datangnya pertolongan kita. Di Ibrani 4: 16, dikatakan “Sebab itu marilah kita dengan penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya.” 

Roh Kudus adalah penolong yang dikirim Tuhan untuk kita. Hanya dengan mengandalkan Roh Tuhan, kita diberikan kuasa dan menang melawan setiap pikiran dan perasaan yang menjebak dan menguasai kita. “Sebab Tuhan adalah Roh; dan di mana ada Roh Allah, di situ ada kemerdekaan.” (2 Korintus 3:17)

Hari ini mari mulai dengan doa, renungkan dan perkatakan firman serta berjaga-jaga dalam Roh, supaya fokus kita selalu tertuju kepada apa yang penting untuk kita lakukan. 

 

Action: Keadaan apa yang hari-hari ini mengusik pikiran dan hatimu? Apa yang sudah kamu lakukan meresponi keadaan tersebut?

Ayat Hafalan: 2 Korintus 3:17, "Sebab Tuhan adalah Roh; dan di mana ada Roh Allah, di situ ada kemerdekaan.”

Ikuti Kami