Pintu Keluar dari Sesaknya Himpitan Jadi Sandwich Generation
Sumber: kemenkeu.go.id

Finance / 2 October 2023

Kalangan Sendiri

Pintu Keluar dari Sesaknya Himpitan Jadi Sandwich Generation

Claudia Jessica Official Writer
1028

Apakah Anda familiar dengan istilah Sandwich Generation atau Generasi Sandwich? Atau mungkin, Anda sendiri sedang mengalaminya? Keadaan dimana Anda harus merawat orang tua, sekaligus anak-anak dan diri Anda sendiri. Posisi terjepit seperti ini dinamakan sebagai generasi sandwich.

Melansir dari CNBC Indonesia, survei menunjukkan 48,7% penduduk usia produktif di Indonesia dapat dikategorikan sebagai generasi sandwich yang memiliki tanggung jawab finansial terhadap keluarga mereka. Penelitian ini melibatkan 1.828 responden yang berusia antara 25 hingga 45 tahun dan berasal dari berbagai wilayah di Indonesia pada bulan September 2021.

Selanjutnya, dari seluruh generasi sandwich di Indonesia, hanya sekitar 13,4% yang memiliki kesiapan finansial untuk mengatasi pengeluaran dasar, melakukan tabungan, dan berinvestasi. Sedangkan 35% lainnya masih harus berjuang dengan susah payah demi memenuhi kebutuhan mereka.

 

BACA JUGA: Kata Siapa Generasi Sandwich Ga Bisa Nabung? Nih Ikutin Tipsnya

 

Beban menjadi generasi sandwich sangatlah nyata menyebabkan berbagai tantangan finansial yang berdampak pada kesehatan mental generasi sandwich. Lantas, apakah ada cara untuk menyelesaikan atau menghentikan generasi sandwich ini?

1. Evaluasi dan Perbaiki Pengeluaran

Buat daftar lengkap dari semua pengeluaran bulanan Anda, termasuk tagihan, belanja makanan, transportasi, dan hiburan. Tinjau daftar ini secara kritis untuk mengidentifikasi area di mana Anda bisa berhemat. Mungkin Anda dapat memotong langganan yang tidak perlu atau mengurangi frekuensi makan di luar.

2. Bantu Orang Tua Siapkan Dana Pensiun

Diskusikan masa pensiun orang tua Anda. Bantu mereka menyusun rencana pensiun yang mencakup alokasi dana pensiun, investasi, dan asuransi. Ini akan membantu meringankan beban finansial Anda di masa depan.

3. Terbuka kepada Orang Tua dan Keluarga

Komunikasi adalah kunci. Bicarakan kebutuhan finansial keluarga Anda dengan jelas. Diskusikan prioritas keuangan bersama orang tua dan anggota keluarga lainnya. Ini dapat membantu menghindari ketegangan dan mencegah munculnya konflik.

 

BACA JUGA: Curhatan Dari Generasi Sandwich Yang Uangnya Selalu Kurang, Kamu Ngerasain Juga Nggak?

 

4. Siapkan Dana Darurat dan Proteksi

Dana darurat adalah penting. Alokasikan sebagian dana untuk dana darurat yang dapat digunakan dalam situasi darurat, seperti perawatan kesehatan mendesak atau perbaikan rumah yang tak terduga. Selain itu, pertimbangkan untuk memiliki asuransi kesehatan dan jiwa yang memadai untuk melindungi diri dan keluarga.

5. Pisahkan Anggaran Keluarga dan Orang Tua

Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk memiliki dua anggaran terpisah. Satu anggaran untuk kebutuhan keluarga Anda sendiri dan satu untuk membantu orang tua. Ini dapat membantu Anda menjaga kejelasan dalam melacak pengeluaran dan memastikan bahwa keduanya tidak saling tumpang tindih.

6. Investasikan Uang Anda

Pertimbangkan untuk berinvestasi. Anda dapat memilih investasi yang sesuai dengan profil risiko Anda, seperti reksa dana atau properti. Investasi yang cerdas dapat membantu uang Anda tumbuh seiring waktu dan mengurangi beban finansial di masa depan.

 

BACA JUGA: Adakah Batasan Anak Usia 30-an Memberikan Tanggung Jawab Kepada Orangtua?

 

7. Jaga Kesehatan Fisik dan Mental

Kesehatan adalah aset berharga. Jaga kesehatan fisik Anda dengan makan sehat, berolahraga, dan tidur yang cukup. Juga penting untuk menjaga kesehatan mental Anda. Pertimbangkan untuk mencari dukungan psikologis jika Anda merasa stres atau cemas.

8. Berdoa

Sebagai orang Kristen, tentu kita harus melibatkan Tuhan dalam setiap aspek kehidupan tak terkecuali ketika Anda berusaha berjuang untuk menyelesaikan kesesakkan menjadi generasi sandwich. Sebelum memulai semua usaha Anda, berdoalah kepada Tuhan dan serahkan semua masalah serta kekhawatiranmu kepada-Nya. Manusia berusaha, tetapi Tuhan yang menentukan.

9. Buat Mindset

Anda telah merasakan betapa beratnya menjadi seorang generasi sandwich. Apakah Anda akan membiarkan anak Anda merasakan sulitnya menjadi generasi sandwich juga?

 

BACA JUGA: Biar Anak Nggak Jadi Generasi Sandwich, Ini 3 Pentingnya Persiapkan Dana Pensiun Dini!

 

Langkah-langkah ini diharapkan dapat membantu Anda untuk keluar dari himpitan generasi sandwich yang terasa menyesakkan. Anda bisa mulai mencoba langka-langkah ini dengan teliti dan konsisten.

Bagikan artikel ini kepada generasi sandwich sepenanggungan seperti Anda.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami