Siap Memutus Rantai Generasi Sandwich dengan Cara yang Alkitabiah?
Sumber: mommiesdaily.com/

Relationship / 29 September 2023

Kalangan Sendiri

Siap Memutus Rantai Generasi Sandwich dengan Cara yang Alkitabiah?

Claudia Jessica Official Writer
1891

Generasi sandwich, pasti sudah tidak asing dengan istilah ini kan? Istilah generasi sandwich adalah sebutan bagi mereka yang harus menopang beban ganda, selayaknya sandwich.

Generasi sandwich terjebak diantara dua generasi, atas dan bawah. Sehingga mau tidak mau, generasi sandwich harus membiayai dua generasi termasuk diri mereka sendiri.

Fenomena ini juga banyak dialami oleh warga Indonesia. Hal ini dapat dilihat sebuah unggahan di media sosial X (sebelumnya twitter) tentang generasi sandwich yang sibuk bekerja namun tidak terlihat hasilnya dalam bentuk materi. Unggahan ini dibalas 393 kali dan disukai oleh 7.011 orang.

Salah satu pengguna mengatakan, “Sebenernya sih bukan ke ga ikhlas bantu orang tua tp Cuma cape aja semuanya diserahin ke kita dan kita yg naggung,” tulis pengguna @Anglzzzzz.

 

BACA JUGA: Kata Siapa Generasi Sandwich Ga Bisa Nabung? Nih Ikutin Tipsnya

 

Sementara itu, pengguna @Seokjiinaku menulis, “Liat ini malah nangis sesegukkan. Gaji guru ga seberala tapi bayaran ini itu banyak banget. Liat org udh beli ini itu, aku bener2 ga keliatan karena ngasih mamah, bayar listrik, wifi, bayar utang Hp. Beneran capek tapi kalau bukan aku siapa lagi.

Selain kedua pengguna ini, masih ada banyak lagi respon dan cerita lain mengenai generasi sandwich. Sebenarnya, apa sih yang membuat banyak masyarakat kita menjadi generasi sandwich?

1. Orang tua tidak punya cukup uang pensiun

Ini berarti bahwa orang tua tidak memiliki tabungan atau dana yang cukup untuk menghidupi diri mereka sendiri setelah pensiun. Mereka mungkin tidak bisa memenuhi kebutuhan dasar mereka, seperti makanan, perawatan kesehatan, atau tempat tinggal, tanpa bantuan keuangan dari anak-anak mereka.

2. Kurang persiapan keuangan untuk pensiun

Ini berarti bahwa orang tua mungkin tidak melakukan perencanaan keuangan yang cukup untuk mempersiapkan masa pensiun mereka. Mereka mungkin tidak menabung atau menginvestasikan uang mereka dengan benar, sehingga ketika mereka memasuki masa pensiun, mereka tidak memiliki dana yang cukup untuk hidup secara mandiri.

 

BACA JUGA: Curhatan Dari Generasi Sandwich Yang Uangnya Selalu Kurang, Kamu Ngerasain Juga Nggak?

 

3. Orangtua juga merupakan generasi sandwich

Ini berarti bahwa orang tua juga memiliki tanggung jawab merawat orang tua mereka yang lebih tua. Ini bisa berarti memberikan perawatan fisik atau dukungan finansial kepada kakek atau nenek mereka. Sebagai hasilnya, anak-anak mereka harus merawat kedua generasi orang tua mereka sendiri, menciptakan beban ganda.

Lalu bagaimana kita bisa memutuskan rantai generasi sandwich seperti ini?

Yesaya 46:9-10 berfirman, “Ingatlah hal-hal yang dahulu dari sejak purbakala, bahwasanya Akulah Allah dan tidak ada yang lain, Akulah Allah dan tidak ada yang seperti Aku, yang memberitahukan dari mulanya hal yang kemudian dan dari zaman purbakala apa yang belum terlaksana, yang berkata: Keputusan-Ku akan sampai, dan segala kehendak-Ku akan Kulaksanakan.”

Benar, sejak dulu Tuhanlah yang memelihara kita, Dia menyediakan segala sesuatu yang kita butuhkan.

Baca halaman selanjutnya →

Sumber : jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami