Apakah Tuhan Peduli Dengan Pakaian yang Kita Pakai ke Gereja?
Sumber: pinterest

Kata Alkitab / 23 September 2023

Kalangan Sendiri

Apakah Tuhan Peduli Dengan Pakaian yang Kita Pakai ke Gereja?

Lori Official Writer
38271

Keluarga Kristen tradisional masih tetap menjunjung budaya konvensional tentang sopan santun, terutama soal cara berpakaian ke gereja. Apalagi di zaman yang sudah mulai bergeser ke arah modernisasi, di mana ditemukan anak-anak gadis bahkan sengaja memakai pakaian mini ke gereja. Dan tak jarang banyak anak-anak muda yang menghadiri ibadah gereja hanya dengan mengenakan celana pendek. Saat jemaat gereja tradisional menyaksikan hal itu, mereka mulai bergumam, “Hallo. Ini adalah gereja! Pakailah baju yang terbaik!”.

Lalu pertanyaannya: Benarkah Tuhan peduli dengan pakaian yang kita kenakan ke gereja? Apa pakaian yang sepantasnya dikenakan ke gereja? Jawaban dari bagaimana gaya, potongan, pakaian yang cocok dan yang tidak cocok dikenakan ke gereja sebenarnya sudah kita tahu saat pertama kali memasuki gedung gereja.

 

Baca Juga: Bagaimana Wanita Modern Kristen Harusnya Berbusana yang Pantas?

 

Sebagai contoh:

1. Seorang pria yang sudah bercerai yang siap mengikuti ibadah gereja untuk pertama kalinya setelah beberapa tahun absen, tetapi pakaian yang paling menyenangkan untuk digunakan adalah jeans tua yang robek dan keriput. Apakah dia membatalkan untuk pergi ke gereja?

2. Seorang ibu yang kelelahan nyaris tidak berhasil keluar dari rumah, dia bahkan tak lagi punya energi untuk menukar pakaiannya pagi itu. Apakah dia juga akan batal pergi ke gereja?

3. Sebuah keluarga yang mati-matian berjuang untuk memenuhi kebutuhan malah memilih untuk memberi sumbangan. Sehingga mereka tak lagi punya uang untuk membeli pakaian bagus untuk dipakai ke gereja. Apakah tanpa pakaian bagus mereka tidak akan pergi ke gereja?

Kebenarannya adalah, datang menghadap Tuhan harus membuat kita da orang-orang di sekitar kita nyaman. Apakah Anda nyaman dengan pakaian mini ketika semua orang mengenakan pakaian yang diatur oleh gereja Anda? Ini semua kembali kepada budaya atau kebiasaan setiap gereja. Anda sudah pasti tahu jawabannya bukan? Dan artikel ini bukan hanya membahas tentang pantas tidak pantas mengenakan busana mini atau celana pendek, tapi juga apakah kita juga hanya diwajibkan mengenakan pakaian mewah dan mahal?

Mengenakan pakaian yang bagus tidak membuat Anda menjadi seorang Kristen yang lebih baik atau lebih suci. Mengenakan pakaian mewah dan bagus ke gereja malah bisa saja mencuri fokus kita mendengar firman Tuhan dan hanya membuat orang lain merasa tidak nyaman dengan kita.

 

Baca Juga: Fakta Alkitab : Mengenal Seperti Apa dan Makna Dibalik Baju Imam Besar Israel

 

Saat kita bertemu dengan Yesus di gerbang surga, Dia tidak akan menanyakan kita, “Apakah kamu mengenakan gaun paskah ke gereja di hari Minggu?” Anda mungkin akan terkejut, tetapi faktanya banyak orang Kristen yang tidak pergi ke gereja karena beralasan tidak punya pakaian yang pantas untuk dipakai ke gereja. Tidak mengenakan pakaian yang bagus ke gereja kadang-kadang malah justru lebih dikenan Tuhan. Firman Tuhan menegaskan hal ini dalam 1 Samuel 16: 7, “Tetapi berfirmanlah TUHAN kepada Samuel: "Janganlah pandang parasnya atau perawakan yang tinggi, sebab Aku telah menolaknya. Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah; manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi TUHAN melihat hati."”

Tetapi kita perlu menekankan alasan yang tepat mengapa kita ‘tidak mengenakan pakaian bagus ke gereja’. Ada dua alasan berbeda; pertama, karena tidak punya waktu, energi atau uang dan alasan kedua adalah karena malas.

Dan jujur, banyak dari kita termasuk dalam alasan kedua. Kita tidak pernah mempersiapkan diri untuk menikmati ibadah Minggu. Hingga tiba waktu hendak ke gereja, kita mulai kewalahan mempersiapkan diri sebaik mungkin ke gereja. Kita sering kali mengenakan kemeja kotor yang kena noda atau mengenakan pakaian yang kurang matching karena beberapa alasan.

Jika kita bisa menghabiskan waktu berdandan untuk kencan malam dengan kekasih Anda. Atau berdandan ke acara sekolah saat bertemu teman-teman Anda. Atau berdandan saat menghadiri undangan pernikahan, mengapa kita terlalu malas berdandan untuk bertemu dengan Raja kita di setiap hari Minggu?

Masalahnya bukan soal kualitas pakaian yang kita kenakan tetapi soal hati kita. Ketika Anda pergi ke gereja, apakah Anda merasa bahwa hari Minggu adalah hari yang istimewa atau sesuatu yang sakral? Apakah Anda mempersiapkan hati Anda jauh hari sebelumnya? Atau apakah Anda hanya berniat untuk hadir saja? Apakah Anda berpikir bahwa Anda akan bertemu Raja segala raja? Ketika Anda mengenakan pakaian, apakah Anda berpikir tentang sesuatu yang akan membuat Anda terlihat menarik dan baik? Atau apakah Anda berpikir tentang seseorang yang akan Anda lihat di gereja?

 

Baca Juga: Tanpa Singgung Perasaan, Begini Orangtua Ingatkan Anak Gadisnya Soal Cara Berpakaiannya

 

Ini adalah pertanyaan yang harus kita tanyakan kepada diri kita sendiri. Dan ketika kita melakukannya, percayalah apapun yang kita kenakan akan terlihat baik.

Jadi, koreksi terlebih dahulu motivasi dan hati Anda. Pakaian Anda hanya atribut yang hanya bisa menyenangkan mata manusia, tetapi Tuhan melihat hati. Tak perlu heran jika seseorang mungkin mengenakan celana pendek atau jeans robek serta sandal jepit ke gereja (meskipun sangat dianjurkan untuk setidaknya berpakaian sopan). Mari menilai orang lain bukan dengan pakaian yang dikenakannya tetapi lewat buah kehidupannya.

Sumber : Crosswalk.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami