Apa Kata Alkitab Tentang Regenerasi Pemimpin Rohani di Gereja?
Sumber: google.com | Ernawidi

Kata Alkitab / 23 September 2023

Kalangan Sendiri

Apa Kata Alkitab Tentang Regenerasi Pemimpin Rohani di Gereja?

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
6831

Tuhan sangat peduli dengan regenerasi dalam gereja. Hal ini terbukti dari satu kisah di dalam Alkitab dimana Elia mempersiapkan Elisa untuk menggantikannya meneruskan pekerjaan Tuhan (1 Raja-Raja 19:14-15).

Jika kita merujuk kepada Alkitab, ada 6 hal yang harus diperhatikan para pemimpin untuk melakukan regenerasi di gereja, diantaranya:

Pertama, regenerasi adalah hal yang harus dilakukan sesegera mungkin. Seorang pemimpin yang baik harus mementoring seseorang, karena ketika dia melakukan hal itu, Tuhan akan memberikan hikmat untuk melakukan hal-hal yang besar". 

 

Baca Juga: Mau Regenerasi Pemimpin di Gereja? Begini Langkah-langkah Mengembangkan Kepemimpinan

 

Dalam hal ini, seorang pemimpin harus memilih calon pemimpin yang mau bekerja, bukan sekedar bisa berbicara. Kenyataannya masih banyak pemimpin yang memiliki kecenderungan memilih orang-orang yang dekat karena sering berbicara dengan mereka. Padahal belum tentu mereka memiliki kompetensi untuk mengerjakan tugasnya. Pola kepemimpinan ini hanya akan membuat orang-orang yang kompeten tidak dipandang sehingga akhirnya tidak dimentoring karena tidak pandai berbicara.

Kedua, calon pemimpin sudah selayaknya adalah sosok yang berkomitmen. Karena itu penting untuk mencari murid yang memang mampu bekerja sama dan berkomitmen. Inilah yang ditemukan Elia dari sosok Elisa, yang akan menggantikannya melayani umat Tuhan (1 Raja-Raja 19:20).

Ketiga, pemimpin yang baik harusnya membimbing dan bukan mengontrol. Banyak pemimpin yang menyangka bahwa dirinya mempunyai hak untuk mengontrol para penerusnya. Mereka akhirnya bersikap terlalu kaku dan bahkan mengekang. Pemimpin yang baik harusnya membimbing dan bukannya mengontrol. 

Keempat, para pemimpin harus berani berinvestasi waktu untuk melakukan regenerasi. Hal ini dapat dimulai dari kelompok kecil, namun harus pastikan anggota kelompok tersebut akan berbuah sehingga memiliki dampak yang besar. Pemimpin perlu ingat untuk "Start small with deep impact".

Kelima, para pemimpin harus berani mempercayakan hal besar kepada para calon pemimpin regenerasi. Dalam lomba lari estafet, misalnya, jika ada anggota kelompok yang tidak percaya untuk menyerahkan tongkat kepada pelari di depannya, maka kelompok tersebut akan dirugikan.

 

Baca Juga: Ps. Jeffrey Rachmat, Rahasia Menjalankan Proses Regenerasi

 

Keenam, pemimpin yang baik akan selalu menjadi teladan dan dicontoh oleh calon pemimpin. Hal ini bisa kita lihat dari kisah bagaimana Elisa tetap mengingat nama pemimpin rohaninya Elia ketika ia telah mendapat pengurapan Elia dan mampu melakukan berbagai mukjizat.

Apakah Anda sebagai pemimpin sudah berdoa untuk sosok pengganti Anda? Mari meniru keteladanan kepemimpinan yang dilakukan Tuhan Yesus kepada para murid-murid-Nya. Atau sebagaimana Paulus mempersiapkan Timotius muda untuk melayani gereja Tuhan. Banyak kisah yang dituliskan di dalam Alkitab yang menekankan terjadinya regenerasi pemimpin rohani. 

Hari ini mari mulai dengan langkah kecil yaitu mendoakan supaya Tuhan mendatangkan calon-calon pemimpin baru yang bisa dipakai luar biasa untuk melayani sesuai dengan karunia rohaninya masing-masing.

 

Sumber : jawaban.com/vina cahyonoputri
Halaman :
1

Ikuti Kami