Baru Gajian, Uang Sudah Habis... Gimana Solusinya Ya?
Sumber: canva.com

Finance / 18 September 2023

Kalangan Sendiri

Baru Gajian, Uang Sudah Habis... Gimana Solusinya Ya?

Claudia Jessica Official Writer
1037

Pernahkah Anda mengeluh seperti, “Gaji cuma numpang lewat doang, ga sempat menikmati..”

Baru aja gajian, tak terasa langsung habis setelah transfer ke sana-sini, bayar tagihan ini-itu, belanja, jajan, dan lain-lain. Kalau sampai terjadi, artinya kamu harus mulai evaluasi pengeluaran supaya gaji bisa awet sampai akhir bulan.

Coba lihat dan lakukan beberapa tips berikut ini:

1. Cari sumber kebocoran “halus”

Melakukan analisis anggaran dan mencari sumber kebocoran “halus” dapat membantu menemukan pengeluaran yang tidak perlu atau yang bisa dikurangi. Tinjau pengeluaran bulanan Anda dengan cermat, seperti langganan streaming, langganan gym, atau pembelian impulsif yang tidak terencana. Dengan mengidentifikasi dan mengurangi pengeluaran yang tidak perlu, Anda dapat mengalokasikan uang Anda secara lebih efektif.

 

BACA JUGA: Mampukah Beli Rumah dengan Gaji UMR?

 

2. Lihat dan tentukan bagian mana yang dapat dikurangi

Tinjau kembali pos-pos pengeluaran rutin Anda seperti tagihan listrik, air, telepon, atau internet. Cari cara untuk mengurangi tagihan tersebut, seperti menggunakan lampu hemat energi, mematikan peralatan yang tidak digunakan, atau memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan dalam layanan telepon dan internet. Setiap pengecutan biaya yang kecil dapat membantu mengakumulasi penghematan yang signifikan.

3. Kurangi belanja dan biaya untuk hiburan

Salah satu area yang biasanya dapat dihemat adalah pengeluaran untuk belanja dan hiburan. Buatlah anggaran untuk belanja kebutuhan sehari-hari, buat daftar belanja, dan hindari godaan untuk membeli barang-barang yang tidak terencana di luar anggaran. Selain itu, juga pertimbangkan alternatif hiburan yang lebih hemat seperti piknik di taman, berjalan-jalan di alam, atau mencari kegiatan gratis di komunitas Anda.

 

BACA JUGA: 10 Tips Mengatur Keuangan Buat Anda yang Memiliki Gaji yang Pas-pasan

 

4. Hemat biaya transportasi

Biaya transportasi dapat menjadi beban besar dalam anggaran pribadi. Cari cara untuk menghemat biaya ini, seperti menggunakan transportasi umum daripada mobil pribadi, carpooling dengan teman atau rekan kerja, atau menggunakan sepeda untuk perjalanan sehari-hari yang pendek. Selain menghemat uang, Anda juga dapat mendukung keberlanjutan lingkungan dengan memilih alternatif transportasi yang lebih ramah lingkungan.

5. Kurangi menggunakan jasa orang lain yang perlu dibayar

Pertimbangkan untuk meluangkan waktu dan energi untuk melakukan beberapa tugas sehari-hari sendiri, alih-alih membayar orang lain untuk melakukannya. Misalnya, Anda dapat memasak makanan sendiri daripada makan di luar, mencuci mobil sendiri, atau membersihkan rumah sendiri. Dengan melakukan tugas-tugas ini sendiri, Anda dapat menghemat uang dan mengurangi pengeluaran bulanan Anda.

Menghadapi kehabisan uang bisa menjadi tantangan, tetapi dengan perencanaan dan disiplin keuangan, Anda dapat mengatasi situasi ini. Selain tips di atas, penting untuk membuat anggaran pribadi yang realistis, mengutamakan kebutuhan daripada keinginan, dan menyisihkan sebagian pendapatan sebagai tabungan atau dana darurat.

 

BACA JUGA: Sadar Gak Sih, 4 Kebiasaan Ini yang Bikin Kamu 'Bokek' Padahal Baru Gajian

Sumber : finansialku
Halaman :
1

Ikuti Kami