Mempererat Hubungan dengan Saudara Kandung Dapat Menghindari Pembullyan

Parenting / 31 August 2023

Kalangan Sendiri

Mempererat Hubungan dengan Saudara Kandung Dapat Menghindari Pembullyan

Aprita L Ekanaru Official Writer
995

Hubungan antara saudara kandung merupakan salah satu jenis hubungan paling kompleks namun juga paling langgeng dalam hidup seseorang. Walaupun orang tua sudah tiada, saudara kandung tetap menjadi tempat bersandar dan berbagi kenangan.

Meskipun kadang terjadi konflik, cemburu, dan persaingan di antara saudara kandung, hubungan ini bisa menjadi yang paling kuat dan setia dalam hidup. Namun, apakah hubungan ini bisa melindungi dari bully?

Meskipun penelitian tentang bagaimana hubungan saudara kandung mempengaruhi pencegahan perundungan masih terbatas, para ahli berpendapat bahwa memiliki saudara kandung berpengaruh pada perkembangan anak, seperti pengaruh dari orang tua. Penelitian juga menunjukkan bahwa hubungan saudara yang baik, yang ditandai dengan kehangatan, kedekatan, dan kemampuan menyelesaikan masalah, dapat membantu saudara mengatasi pengalaman buruk dan pulih dari situasi yang sulit. Efek dari ikatan saudara ini dapat terasa sepanjang hidup, terlepas dari pengalaman baik atau buruk saat masa remaja.

Hubungan saudara kandung itu beragam, seperti hubungan manusia lainnya. Ada yang sangat dekat dan tak bisa pisah, tapi ada juga yang enggan berada dalam satu ruangan. Kebanyakan orang ada di tengah-tengah, ada kalanya berbahagia dan adakalanya juga susah bersama.

Tapi, apapun hubungan mereka, penting untuk menjaga agar hubungan saudara tetap baik. Ini bukan hanya melindungi dari perlakuan buruk, tapi juga memberi dukungan saat ada masalah.

Berikut ini penjelasan lebih dekat tentang seberapa kuat ikatan saudara dapat berdampak pada penindasan secara keseluruhan.

1. Mereka Mengajarkan Empati

Ketika ada dua anak atau lebih yang tumbuh bersama dalam jarak yang berdekatan dalam sebuah rumah, hal ini memberi mereka wawasan tentang pengalaman orang lain yang mungkin tidak mereka alami secara individu.

Misalnya, jika salah satu saudara kandung dikeluarkan dari tim olahraga, saudara kandung lainnya akan melihat rasa sakit hati, kesakitan, dan frustrasi yang dialami saudara laki-laki atau perempuan mereka. Alhasil, nantinya ketika seorang teman mengalami hal serupa, mereka bisa berempati dengan apa yang dialaminya. Begitu pula ketika salah satu saudaranya mengalami perundungan, maka saudaranya yang lain akan menyaksikan langsung dampaknya.

Jadi, mereka tidak hanya lebih berempati terhadap temannya yang mengalami situasi serupa, namun pengalaman ini juga bisa menjadi pencegah untuk melakukan intimidasi karena mereka akan memahami rasa sakit hati yang ditimbulkannya.

2. Mereka Menyediakan Sistem Pendukung Bawaan

Meskipun hubungan saudara kandung dapat memberikan elemen perlindungan dan membantu mencegah perundungan, saudara kandung masih bisa menjadi sasaran para penindas. Jika hal ini terjadi, memiliki ikatan saudara yang kuat dapat membantu saudara kandung mengatasi dan pulih dari penindasan.

Bahkan di masa dewasa, saudara kandung dapat menjadi sumber penghiburan ketika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai rencana. Selain itu, beberapa bukti menunjukkan bahwa ketika saudara kandung menghadapi kesulitan seperti penindasan, perceraian, atau kematian, mereka menjadi lebih dekat dan berfungsi lebih sebagai sebuah tim. Jadi, ketika salah satu saudara kandung mengalami perundungan, hal itu bisa mengakibatkan hubungan yang lebih erat.

3. Menerima Masukan yang Jujur

Entah itu pendapat tentang teman atau saran tentang gaya rambut, saudara kandung dapat mengandalkan satu sama lain untuk mendapatkan pendapat yang sangat jujur. Meskipun jenis komunikasi tanpa sensor ini terkadang mengganggu, hal ini juga dapat berfungsi sebagai lapisan pelindung dalam pencegahan penindasan.

Seringkali, saudara kandung dapat melihat tanda-tanda peringatan dalam persahabatan yang tidak sehat atau hubungan kencan yang penuh kekerasan. Mereka dapat dengan mudah menemukan musuh dan pasangan yang melakukan kekerasan dan sering kali tidak ragu untuk memperingatkan saudara laki-laki atau perempuannya. Selain itu, kakak-kakak dapat memberikan nasihat berguna tentang cara menghindari titik-titik intimidasi di sekolah serta siswa mana yang harus dihindari.

Sumber : Verywellfamily.com | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami