Fakta Alkitab : Amanat Agung yang Wajib DIlakukan oleh Para PengikutNya
Sumber: Youtube Channel Jawaban

Fakta Alkitab / 30 August 2023

Kalangan Sendiri

Fakta Alkitab : Amanat Agung yang Wajib DIlakukan oleh Para PengikutNya

Bella Tiurma Official Writer
1423

"Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman." - Matius 28 : 19 – 20

Amanat Agung disampaikan sendiri oleh Yesus sebelum dia terangkat ke surga, peristiwa yang disebut kenaikan Isa Almasih terjadi setelah kebangkitan Yesus dari kubur 40 hari sebelumnya. Selama 40 hari Yesus telah menemui murid-muridnya, seperti pertemuan pertama Yesus dengan Maria Magdalena dan Maria lain. Pertemuan dengan dua orang murid yang berjalan ke Emaus hingga perjumpaan dengan Thomas murid yang sempat meragukan kebangkitannya. 

Amanat Agung Tercatat di Beberapa Alkitab 

Dalam bahasa aslinya, Amanat Agung memiliki arti sebuah perintah. Itulah sebabnya Alkitab mengartikan sebagai Amanat Agung dan bukan anjuran atau himbauan Agung.  

Amanat Agung disampaika Yesus ketika DIa sedang bersiap-siap untuk naik ke surga. Ketika itu Yesus mengumpulkan para murid dan Ia memberikan perintah untuk melakukan pemuridan dan dilanjutkan dengan pembaptisan kepada semua bangsa.

 

Baca Juga : Janji Tuhan Bagi Gereja yang Setia Mengerjakan Amanat Agung

 

Pemuridan bertujuan memberikan pengajaran tentang segala sesuatu yang diperintahkan oleh Tuhan. Setelah itu, setiap murid akan dibaptis dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus. Bahkan Yesus memastikan sendiri bahwa Dia lah yang akan menyertai gerakan pemuridan itu sampai akhir zaman. (Matius 28 : 18 – 20

Amanat Agung menjadi perintah yang penting bagi orang Kristen. Oleh karena itu, kitab injil lain juga mencatat tentang amanat Agung, seperti 

- Markus 16 : 15 – 18 

- Lukas 24 : 46 – 49 

- Yohanes 21 : 15 – 19 

- Kisah Para Rasul 1 : 8 

Semua ayat-ayat dalam kitab-kitab tersebut menekankan bahwa penginjilan dan pemuridan adalah suatu tugas yang agung. 

Lokasi Pemberitaan Amanat Agung oleh Yesus 

Dalam Alkitab sebenarnya tidak menyebutkan secara rinci keberadaan lokasi Yesus menyampaikan amanat Agung. Alkitab hanya menyebutkan di sebuah gunung di Galilea (Matius 28 : 16), sebuah tempat di  luar kota dekat Betania (Lukas 24 : 50), dan sebuah bukit yang disebut Bukit Zaitun (Kisah Para Rasul 1 : 20).

 

Baca Juga : Pengaruh Artificial Intelligence Terhadap Generasi dan Kehidupan

 

Dari semua tempat yang tertulis di dalam Alkitab, v  para sejarawan mengidentifikasi bahwa puncak Gunung Arbel yang menghadap ke sisi barat laut Galilea, tampak menjadi tempat yang paling masuk akal. 

Selama ribuan tahun, orang Yahudi telah menjadikan gunung Abel sebagai penanda wilayah. Dimana gunung Arbel adalah gunung tertinggi di sekitar laut Galilea yang memiliki tinggi sekitar 1.250 kaki/380 meter. 

Gunung Arbel juga terletak dekat dengan tempat-tempat, seperti Kapernaum dan sisi barat laut yang dijadikan oleh Yesus dan para murid menghabiskan sebagian besar waktu mereka dalam melakukan pelayanan di Galilea. 

Sumber : Youtube Channel Jawaban
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami