Ketua Umum PGI Ingatkan Umat Kristen untuk Memilih Pemimpin dan Caleg dengan Bijak

News / 30 August 2023

Kalangan Sendiri

Ketua Umum PGI Ingatkan Umat Kristen untuk Memilih Pemimpin dan Caleg dengan Bijak

Aprita L Ekanaru Official Writer
1406

Dalam sebuah pertemuan yang berlangsung di Grha Oikoumene, Jakarta, pada Kamis (24/8/2023), Ketua Umum PGI, Pdt. Gomar Gultom, mengingatkan umat, termasuk jurnalis Kristen, tentang pentingnya memilih pemimpin dan calon legislatif (caleg) dengan bijak. Ia menegaskan bahwa dalam memilih, perlu melihat rekam jejak dan tidak boleh tertipu oleh tampilan luar atau janji-janji kosong. Tujuannya adalah untuk mendapatkan anggota legislatif yang memiliki integritas yang kuat sehingga mampu menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik demi kebaikan negara.

 

BACA JUGA: Bangun Gedung Baru Primaya Hospital PGI Cikini, PGI: "Kami Mau Lanjutkan Pelayanan Yesus"

 

Dalam diskusi tersebut, Ketua Umum PGI juga mengemukakan bahwa gereja memiliki peran penting dalam mendorong pilihan yang tepat. Ia mengusulkan agar gereja tidak memberikan proposal finansial kepada para caleg, karena hal ini tidak hanya akan memberikan beban finansial kepada mereka, tetapi juga karena gereja seharusnya hanya mendukung dan memilih caleg yang memiliki rekam jejak yang terbukti baik. Jika ada caleg yang memiliki integritas dan kualifikasi yang baik, gereja dapat memberikan dukungan dan bantuan.

Selain itu, isu terkait penerapan Undang-undang Penistaan Agama juga menjadi pembahasan penting. Ketua Umum PGI mengekspresikan keprihatinannya terhadap penerapan undang-undang ini karena bisa berpotensi untuk menafsirkan teologi dan agama secara salah. Ia menyatakan bahwa PGI sejak awal tidak setuju dengan penerapan undang-undang ini. Oleh karena itu, PGI tidak akan terlibat dalam proses pemberlakuan undang-undang ini, termasuk sebagai saksi ahli dalam kasus penodaan agama atau melaporkan pelanggaran terkait penistaan agama.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum PEWARNA, Yusuf Mujiono, memberikan apresiasi atas waktu yang diberikan untuk berdiskusi. Ia juga memaparkan beberapa program yang telah dilakukan oleh lembaga tersebut, salah satunya adalah program Napak Tilas Rasul Jawa yang telah dirangkum dalam sebuah buku. Ketua Umum PEWARNA juga mengundang Ketua Umum PGI untuk hadir dalam festival di Jepara, Jawa Tengah, serta acara Rakernas PEWARNA yang akan digelar pada November 2023.

 

BACA JUGA: Demi Memperkuat Kerjasama, MPH-PGI Lakukan Kunjungan ke KWI

 

Pada akhir pertemuan, Pdt. Gomar Gultom memberikan selamat atas terbitnya buku Napak Tilas Rasul Jawa dan merespon positif terhadap karya PEWARNA yang mengangkat kembali tokoh-tokoh penting dalam sejarah Kristen di berbagai daerah di Jawa.

Sumber : https://pgi.or.id/
Halaman :
1

Ikuti Kami