Viral Menu Diet Tiffany’s Plate yang Diikuti Banyak Orang, Apakah Sehat?
Sumber: Tangkapan layar TikTok @tiffanyymagee

Health / 29 August 2023

Kalangan Sendiri

Viral Menu Diet Tiffany’s Plate yang Diikuti Banyak Orang, Apakah Sehat?

Claudia Jessica Official Writer
1265

Saat ini, menu diet Tiffany’s Plate menjadi viral di kalangan pengguna TikTok. Tiffany’s Plate diketahui merupakan menu diet yang dipelopori oleh seorang TikToker bernama Tiffany Magee. Melalui video-videonya, Tiffany sering membagikan video dirinya makan berbagai jenis sayuran mentah di atas satu piring dan memberinya nama Tiffany's Plate.

Dengan melakukan diet ini, Tiffany mengaku berhasil menurunkan berat badannya hingga 30kg.

Klaim tersebut tentu membuat banyak orang penasaran dan ingin mencoba metode diet Tiffany’s Plate ini. Namun, apakah mengkonsumsi sayuran mentah itu baik untuk kesehatan tubuh?

Mengutip dari halodoc, sayuran mentah sangat rentan terkontaminasi bakteri yang dapat membuat seseorang keracunan makanan. Oleh karena itu, mengolah makanan hingga matang adalah langkah yang paling tepat untuk mencegah keracunan makanan karena suhu tinggi dapat membunuh kuman.

 

BACA JUGA: Diet ala Member BLACKPINK, Yuk Cari Tahu Rahasianya!

 

Apakah semua sayuran mentah itu tidak sehat?

Biasanya, sayuran segar sering dijadikan bahan utama untuk salad. Seperti yang kita tahu, salad termasuk dalam kategori makanan yang sehat dan rendah kalori. Dengan kata lain, sayuran mentah tetap merupakan pilihan yang baik untuk kesehatan jika dipersiapkan dengan benar dan diperhatikan kebersihannya agar terhindar dari kemungkinan kontaminasi bakteri.

Namun, sayuran mentah yang tidak diolah dengan baik dan belum dicuci secara benar memiliki risiko terkontaminasi oleh bakteri berbahaya seperti Salmonella, E. coli, dan Listeria.

Maka dari itu, jika ingin mengkonsumsi sayuran mentah, penting bagi kita untuk memastikan kebersihannya lebih dulu. Selain mencuci sayuran hingga bersih, terdapat beberapa langkah penting yang perlu diikuti sebelum mengonsumsi sayuran mentah, di antaranya:

  • Menghindari sayuran yang sudah memar atau rusak
  • Memisahkan sayuran dari daging mentah, unggas, dan makanan laut saat berada di keranjang belanja dan tas belanja
  • Selalu mencuci tangan dan mencuci peralatan, tempat untuk menyimpan makanan, termasuk talenan meja dapur sebelum dan sesudah menyiapkan sayuran dan buah
  • Membersihkan sayuran sebelum dimakan, dipotong, dan dimasak
  • Jangan mencuci sayuran dengan sabun atau detergen
  • Buang bagian sayur yang memar atau rusak.

 

BACA JUGA: Bisnis Jadi Panggilan Hidup – dr Reffy Nugraha Halim, CO Founder Lesssalt Diet

 

Selain memperhatikan cara mencuci sayur dengan benar, Anda juga perlu mencatat bahwa ada beberapa kelompok orang yang lebih rentan untuk jatuh sakit dan mengidap penyakit serius apabila mengkonsumsi sayuran mentah seperti ini, mereka adalah:

  • Anak-anak berusia 5 tahun ke bawah
  • Ibu hamil
  • Orang dewasa berusia 65 tahun ke atas
  • Orang yang memiliki masalah kesehatan atau mengkonsumsi obat yang menurunkan kemampuan tubuh untuk melawan kuman dan penyakit.

Tetaplah bijak dalam memilih apa yang Anda konsumsi karena tubuhmu adalah Bait Allah yang perlu Anda jaga kesehatannya.

 

BACA JUGA: Beras Merah Punya Dampak Buruk Buat Anak! Berikut Penjelasannya

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami