Belajar Mengatasi Konflik Rumah Tangga Lewat Pasangan Rendy dan Lady Nayoan
Sumber: Jawaban.com

Relationship / 21 August 2023

Kalangan Sendiri

Belajar Mengatasi Konflik Rumah Tangga Lewat Pasangan Rendy dan Lady Nayoan

Lori Official Writer
1279

Apakah pernikahan masih bisa diselamatkan setelah pasangan kedapatan selingkuh?

Pertanyaan ini menjadi sorotan saat Lady Nayoan menghadapi kenyataan bahwa suaminya, Rendy, terlibat perselingkuhan. Seperti kebanyakan pasangan lainnya, Lady Nayoan dan Rendy menghadapi ujian berat dalam pernikahan mereka karena muncul perselingkuhan. Akhirnya dia memutuskan untuk mengajukan gugatan cerai. Meskipun terluka dan pahit, Lady Nayoan ternyata meresponi konflik rumah tangganya dengan cara yang berbeda.

Apa saja yang sebenarnya dilakukan Lady sampai akhirnya rumah tangga mereka bisa kembali pulih?

1. Melibatkan Tuhan 

Dalam sebuah podcast bersama Denny Sumargo, Lady Nayoan berbicara tentang perjalanan melalui konflik ini. Salah satu pendekatan penting yang dia ambil adalah membangun hubungan yang lebih erat dengan Tuhan. Dia mencari bimbingan dari pendeta gereja dan melibatkan iman dalam prosesnya.

 

Baca Juga: Tak Jadi Cerai, Pendeta Teguhkan Kembali Janji Nikah Rendy dan Lady Nayoan

 

2. Merendahkan hati untuk mau dipimpin Tuhan

Langkah berikutnya adalah merendahkan diri untuk dipimpin oleh Roh Kudus. Lady Nayoan menyadari pentingnya mendengarkan dan merespons panggilan Tuhan dengan kerendahan hati. Dia menyadari bahwa kerendahan hati adalah kunci dalam menjalin komunikasi yang bermakna.

"Komunikasi itu harus datang dari kerendahan hati karena kalau masih ada keangkuhan di dalam hati, komunikasi kita pasti tidak akan bisa nyambung. Kerendahan hati itu adalah ketulusan kita dan itu yang akan memurnikan sebuah hubungan,” jelasnya

 

3. Mengadu kepada Tuhan lewat doa

Lady Nayoan menceritakan bagaimana ia berdoa tanpa henti, bahkan ketika air mata mengalir. Doanya terus mengalir selama hampir setahun, memohon pemulihan bagi rumah tangganya. Kepercayaannya pada Tuhan membuatnya yakin bahwa doa-doa ini akan dijawab.

"Aku berdoa sama Tuhan, dibalik pintu. Aku berdoa sambil nangis. Berdoa hampir setahun. Aku bilang Tuhan pulihkan rumah tanggaku. Doa-doa yang aku doakan ke Tuhan itu untuk memulihkan rumah tanggaku dan mengembalikan suamiku supaya dia sadar kalau dia salah dan mengasihi aku istrinya dan anak-anaknya. Dan disaat dia minta rujuk, dia minta damai itu Tuhan menjawab doaku,” ungkapnya.

 

4. Ikut Konseling Pernikahan

Meskipun memutuskan untuk bercerai, Lady Nayoan tetap mengikuti konseling pernikahan daring. Ini membantu dia tetap fokus pada upayanya memperbaiki pernikahannya, tidak terpengaruh oleh pendapat orang lain. Melalui proses ini, dia merasakan dukungan Tuhan dalam penyembuhan hatinya.

"Aku tidak melupakan tapi aku jadikan pelajaran bahwa aku harus melepaskan pengampunan. Aku ampuni semua orang yang sudah aku sakiti dan yang menyakiti aku. Jadi Tuhan kasih aku damai sejahtera dan pelan-pelan aku jalani hidup lagi. Dan dari kecelakaan itu, aku melihat perubahan Rendy. Dia berdoa buat aku, itu setelah 9 tahun menikah karena susah buat aku nyuruh dia berdoa. Tapi dia berdoa buat kesembuhanku. Kalau lagi nyeri, dia pegang belakang aku dia doa. Aku lihat orang yang berbeda,” terang Lady.

 

Baca Juga: Cara Orang Kristen Memerdekakan Diri dari Toxic Relationship Pernikahan

 

Rendy dan Lady Nayoan akhirnya berhasil melalui proses ini dan memilih untuk bersatu kembali. Kegagalan yang mereka alami dalam pernikahan ternyata diizinkan Tuhan untuk membentuk keduanya menjadi pribadi yang lebih baik. Di dalam Kristen, kata perceraian menjadi sesuatu yang begitu rumit. Karena itulah diperlukan kasih karunia Tuhan untuk memulihkan hubungan yang rusak.

Papa mama yuk bangun pernikahanmu di dalam Tuhan, melibatkan doa, kerendahan hati dan pengampunan.

“Bagaimanapun juga, bagi kamu masing-masing berlaku: kasihilah isterimu seperti dirimu sendiri dan isteri hendaklah menghormati suaminya.” (Efesus 5: 33)

Halaman :
1

Ikuti Kami