5 Tanaman Hias sebagai Cara Alternatif Mengurangi Polusi Udara di Rumah
Sumber: cnnindonesia.com

Health / 21 August 2023

Kalangan Sendiri

5 Tanaman Hias sebagai Cara Alternatif Mengurangi Polusi Udara di Rumah

Bella Tiurma Official Writer
1045

Beberapa waktu terakhir ini kita diperhadapkan dengan tantangan yang serius akibat kualitas udara yang memburuk dan polusi yang meningkat. Akibatnya, banyak masyarakat yang mengeluhkan kesulitan bernapas terutama saat berada di luar rumah. 

Lalu bagaimana sebaiknya kita mengambil langkah pencegahan terhadap setiap risiko gangguan pernapasan? Apakah tanaman hias benar-benar menjadi langkah yang efektif dalam melawan penyakit yang disebabkan oleh polusi? 

Pendapat Dokter Paru Terhadap Tanaman Hias Mengurangi Risiko Polusi Udara 

Dr. Erlina Burhan, seorang spesialis paru, menjelaskan bahwa menanam pohon di luar rumah atau memperbanyak tanaman di dalam ruangan merupakan langkah yang bisa diambil di tengah kondisi kualitas udara yang buruk saat ini. Sehingga kita dapat meningkatkan jumlah tanaman hijau di area sekitaran rumah.

 

Baca Juga : Partikel PM 2.5 pada Udara yang Buruk Memberikan Dampak Negatif Bagi Kesehatan, Apa Benar?

 

Namun, Dr. Erlina mengingatkan bahwa langkah tersebut mungkin belum cukup untuk mengatasi secara keseluruhan dari dampak serius polusi udara, terutama pada orang yang mengalami gangguan pernapasan akibat terpapar polusi udara dengan intensitas tinggi. 

Sementara itu, tanaman hijau memiliki dampak positif dalam memperbaiki kualitas udara, meskipun peran dalam memperbaiki kualitas udara masih terbatas, terutama saat polusi udara telah mencapai tingkat yang mengkhawatirkan. 

Selain itu, kita juga perlu untuk meningkatkan imunitas tubuh dalam menghadapi situasi buruk akibat polusi udara. Dr. Erlina menyarankan untuk mengkonsumsi nutrisi yang seimbang, terpenuhinya cairan tubuh, vitamin yang cukup, tidur yang cukup, dan rutin berolahraga. 

Tanaman yang Mampu Mengatasi Polusi Udara 

1. Lidah Buaya: Manfaat Ganda untuk Kesehatan dan Udara Bersih 

Lidah buaya, selain terkenal dengan sejumlah manfaat kesehatan dan kecantikannya. Ternyata memiliki kemampuan dalam memurnikan udara di dalam rumah. Tanaman yang berperan dengan melepaskan oksigen dan menyerap karbon dioksida di malam hari. 

Oleh karena itu, dengan adanya tanaman lidah buaya kita dapat menerima manfaat yang banyak saat malam hari ketika tidur. Dimana lidah buaya secara aktif membersihkan udara di sekitarmu. 

 

Baca Juga : Waspadalah! Kualitas Udara yang Buruk Berbahaya bagi Kesehatan Mata, Ini Cara Mengatasinya

 

2. Tanaman Laba-Laba: Simpel dan Efektif 

Tanaman laba-laba adalah pilihan yang sangat sesuai bagi kita yang ingin memiliki tanaman hias, tetapi hanya memiliki perawatan minimal. Dengan memiliki sifat yang mudah dirawat, tanaman laba-laba dapat memberikan manfaat penting dalam menjaga kualitas udara di rumah. 

Tanaman ini berfungsi sebagai penghilang karbon dioksida dari udara dan menghasilkan lebih banyak oksigen. Tetapi tanaman ini tetap memerlukan sedikit perhatian dari kita. 

3. Bunga Lily: Pembersih Udara Berkelas 

Bunga Lily terbukti menjadi salah satu tanaman hias terbaik dalam menghilangkan polusi udara. Selain keindahannya, bunga ini juga memiliki kemampuan unik dalam membersihkan udara. 

Bunga Lily mampu mengabsorpsi bahan kimia berbahaya dari udara melalui daunnya, yang kemudian dipecahkan di dalam tanah. Ini adalah contoh penting bagaimana tanaman hias dapat menjadikan udara di dalam rumah menjadi lebih bersih. 

4. Bunga Krisan: Kecantikan dan Pembersih Udara 

Bunga krisan bukan hanya memberikan sentuhan cantik pada interior rumahmu, tetapi juga memiliki peran dalam menjaga kualitas udara. Tanaman yang efektif dalam menghilangkan bahan kimia yang berasal dari cat atau lem, sehingga membantu menciptakan lingkungan udara yang lebih sehat di dalam rumah. 

 

Baca Juga : Kualitas Udara yang Buruk Dapat Merugikan Kesehatan Manusia

 

5. Tanaman Ular (Lidah Ibu Mertua): Penghilang Polutan yang Andal 

Tanaman ular, juga dikenal sebagai lidah ibu mertua, adalah salah satu tanaman yang memiliki kemampuan menghilangkan berbagai polutan udara. Kemampuannya meliputi penyerapan karbon dioksida dan pelepasan oksigen pada malam hari, menjadikannya sebagai tambahan yang berharga untuk meningkatkan kualitas udara di dalam ruang hunian. 

Memperkenalkan tanaman hias pemurni udara ke dalam rumah bisa menjadi langkah bijak untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan keluarga. Selain memberikan estetika alami, tanaman-tanaman ini membantu menyegarkan udara yang kita hirup setiap hari.

Sumber : health.detik.com| lifestyle.sindonews.com
Halaman :
1

Ikuti Kami