Apakah Pada Dasarnya Manusia Memiliki Malaikat Pelindung?
Sumber: renunganpdkk.blogspot.com

Kata Alkitab / 10 August 2023

Kalangan Sendiri

Apakah Pada Dasarnya Manusia Memiliki Malaikat Pelindung?

Bella Tiurma Official Writer
1768

“Ingatlah, jangan menganggap rendah seorang dari anak-anak kecil ini. Karena Aku berkata kepadamu: Ada malaikat mereka di sorga yang selalu memandang wajah Bapa-Ku yang di sorga.” - Matius 18 : 10 

Ketika kita bertanya apakah pada dasarnya manusia memiliki malaikat pelindung, Yesus telah mengatakan bahwa masing-masing dari kita memiliki malaikat pelindung yang telah ditugaskan untuk menjaga kita ketika masih anak-anak. 

Meskipun dalam Alkitab kita tidak menemukan secara terperinci penjelasan pelayanan malaikat penjaga, tetapi dalam kitab Ibrani menjelaskan bagaimana keunggulan dan keagungan Yesus Kristus. Namun, dalam Ibrani 1 : 14 mengatakan bahwa “Bukankah mereka semua adalah roh-roh yang melayani, yang diutus untuk melayani mereka yang harus memperoleh keselamatan?” 

Lalu apa yang dilakukan malaikat penjaga? 

Salah satu fungsi yang dijalankan adalah memberikan perlindungan, baik dalam rohani maupun fisik. Meskipun kita mungkin saja tidak selalu menyadari perlindungan dari malaikat pelindung kita secara nyata, terutama dalam peperangan rohani.

 

Baca Juga : Setiap Orang Tuhan Berikan Malaikat Pelindung, Begini Sosoknya Kata Paus Fransiskus

 

Mungkin kita memang tidak bisa melihat peran malaikat pelindung, tetapi ada baiknya kita menghargai setiap perannya. Karena melalui kisah Ayub, kita mendapatkan pengetahuan tentang bagaimana pertempuran di alam roh mempengaruhi kehidupan kita di dunia nyata. Sehingga iblis dan malaikat akan saling berinteraksi dalam pertempuran spiritual yang seringkali mempengaruhi hidup manusia. 

Iblis memang memiliki peran dan tugas untuk menyerang kita sebagai anak-anak Allah, sementara malaikat memiliki peran dalam melindungi dan mendukung kita di dalam iman percaya kepada Tuhan. Bahkan pada hierarkinya iblis memiliki banyak tingkatan dan ditugaskan untuk menyerang setiap umat Kristiani (Efesus 6 : 10 – 18). 

Apakah malaikat turut berperan sebagai utusan? 

Beberapa orang mungkin ada yang sempat berpikir bahwa seseorang yang telah meninggal dunia akan diutus sebagai roh pelindung kita. Tetapi kita perlu merenungkan kembali hal itu, karena setelah kita meninggal kita benar-benar meninggal. Baik kita akan pergi ke surga atau pun ke neraka, akan kembali kepada apa yang kita terima dari anugerah keselamatan dari Allah melalui iman kita pada Yesus Kristus (Yohanes 1 : 12; 3 : 16).

 

Baca Juga : Ketahuilah 5 Tanda bahwa Anda Sedang Berada Dalam Masa Peperangan Rohani

 

Suatu hal yang tidak mungkin jika seseorang yang telah meninggal dapat kembali lagi ke dunia dalam bentuk apapun (Lukas 16 : 19 – 31). Bahkan walaupun dalam Alkitab menyebutkan beberapa nama malaikat, seperti Gabriel (Lukas 1 : 29) dan Michael (Daniel 11 : 1), kita tidak akan pernah tahu siapa yang menjadi malaikat pelindung kita. 

Oleh karena itu, manusia yang tidak bisa berubah menjadi malaikat saat mereka meninggal. Tetapi Yesus telah mengajarkan kepada kita tentang perkawinan di surga seperti yang tertulis dalam Matius 22 : 30 “Karena pada waktu kebangkitan orang tidak kawin dan tidak dikawinkan melainkan hidup seperti malaikat di sorga.” 

Hal ini menjelaskan bahwa kita mungkin akan menjadi seperti malaikat dalam arti tertentu, tetapi tetap sebagaimana kita hanya manusia. Paulus juga mengajarkan kepada kita tentang kita yang akan mempertahankan identitas dan karakteristik yang duniawi dalam kekekalan (1 Korintus 13 : 11 – 12). 

Meskipun kita akan diubah untuk menjadi serupa dengan Kristus (1 Yohanes 3 : 2), kita tetap akan menjadi diri kita sendiri di bumi, dan tidak akan berubah menjadi malaikat.

Sumber : crosswalk.com
Halaman :
1

Ikuti Kami