Fakta Alkitab : Ingin Umur Panjang Seperti Para Tokoh Alkitab? Ini Rahasianya...
Sumber: Youtube Channel Jawaban

Fakta Alkitab / 8 August 2023

Kalangan Sendiri

Fakta Alkitab : Ingin Umur Panjang Seperti Para Tokoh Alkitab? Ini Rahasianya...

Bella Tiurma Official Writer
2205

Di Alkitab, ada manusia yang usianya mencapai hingga ratusan tahun. Bahkan tercatat yang tertua ada metusalah yang hidup hingga 969 tahun. Lalu mengapa mereka bisa memiliki umur panjang? Dan sejak kapan manusia memiliki umur yang mulai semakin pendek? 

10 Tokoh Alkitab Berumur Panjang yang Dicatat Alkitab 

Dalam Alkitab ada 10 tokoh Alkitab yang memiliki umur panjang. Hal ini dicatat dalam Kejadian 5 yang menceritakan tentang keturunan Adam. Berikut 10 tokoh Alkitab berdasarkan silsilahnya. 

1. Adam, manusia pertama yang diciptakan oleh tangan Tuhan yang mencapai 930 tahun. 

2. Set, anak laki-laki ketiga Adam yang hidup mencapai 912 tahun 

3. Enos, cucu dari Adam yang hidup hingga 905 tahun 

4. Kenan, anak dari Enos yang hidup hingga 910 tahun 

5. Mahalalel, anak dari Enos yang lainnya dan hidup hingga 895 tahun 

 

Baca Juga : Fakta Alkitab : Penemuan Tanaman yang Digunakan untuk Mahkota Duri Yesus

 

6. Jared, cucu dari Kenan yang menjalani kehidupan hingga usia 962 tahun, yang menjadikannya manusia kedua paling panjang umur yang tercatat oleh Alkitab 

7. Henok, di usianya yang ke 365 tahun ia diangkat Allah karena memiliki hubungan karib dengan Tuhan 

8. Metusalah, anak dari Henok yang mencetak sejarah karena menjadi manusia dengan usia paling panjang yang tercatat oleh Alkitab. Ia hidup hingga mencapai 969 tahun 

9. Lamekh, ayah dari Nuh yang hidup mencapai usia 777 tahun 

10. Nuh, ia bersama keluarga melewati air bah dan hidup hingga usia 950 tahun. 

Faktor Umur Panjang Para Tokoh Alkitab 

Mungkin ada banyak orang yang mempertanyakan mengapa mereka bisa memiliki umur yang panjang, bahkan hingga ratusan tahun. Namun, sampai saat ini para ahli belum menemukan jawaban yang pasti. Karena setelah peristiwa air bah secara bertahap usia manusia kian menurun.. Kejadian ini memiliki berbagai tafsiran. 

Pertama, air bah adalah akibat perubahan cuaca ekstrim sehingga ada lapisan ozon yang terdampak dan mengubah kondisi lingkungan di bumi. Hal ini memberikan dampak kepada kualitas hidup manusia, seperti dampak polusi dan cuaca ekstrem di zaman modern saat ini. 

Kedua, karena disebabkan oleh perubahan pola hidup manusia. Dari sebelum terjadinya air bah, mereka memakan biji-bijian dan berbuah biji (Kejadian 1 : 29). Kemudian setelah air bah terjadi, mereka diperbolehkan juga memakan daging (Kejadian 9 : 1 – 4).

 

Baca Juga : Hubungan Antara Gunung Sion, Bangsa Israel, Yahudi, dan Zionis

 

Ketiga, ada beberapa orang yang menduga adanya penurunan genetika. Mereka yang memiliki umur panjang adalah keturunan langsung Adam dalam beberapa generasi, sehingga masih bisa hidup hingga ratusan tahung. Namun, semakin jauh dari silsilah Adam, maka rentang hidup mereka semakin pendek. 

Salah satu contohnya, Abraham yang hanya hidup mencapai 175 tahun dan ishak 100 tahun, sedangkan Musa hanya bisa hidup mencapai 120 tahun. 

Apa Rahasia Alkitab untuk Umur Panjang 

Jadi apakah yag bisa membuat manusia memiliki umur panjang bahkan pada generasi kita saat ini? Hal ini tentu masih perlu dilakukan riset dan menjadi obsesi banyak orang. Namun, Alkitab memberikan panduan kepada kita untuk menjalani hidup yang sehat, baik secara spiritual, mental, dan jasmani. 

Sehingga ketiga hal yang telah disebutkan diatas bisa terwujud dengan memulai dari pengenalan akan Tuhan dan ketaatan kita hidup dalam kebenaran (Ulangan 11 : 8 – 23; Amsal 3). 

Namun, satu hal yang perlu kita sadari bahwa kematian adalah bagian dari kehidupan yang merupakan konsekuensi dari dosa. Ini telah menjadi rancangan Allah. Sehingga Yesus datang untuk menebus manusia dan membawa kita kembali kepada rencana Allah yang semua.

Kehidupan yang kekal dalam hubungan yang indah bersama Tuhan, seperti yang telah dinyatakan dalam Roma 6 : 23 “Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus Tuhan kita” 

Saksikan lebih banyak Fakta Alkitab tentang Kematian dan Kebangkitan Yesus melalui video Fakta Alkitab : Ingin Umur Panjang Seperti Para Tokoh Alkitab? Ini Rahasianya...

Sumber : Youtube Channel Jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami