Waktunya Papa Mama Pergi Kencan, Terus Siapa yang Urus Anak?
Sumber: orami.co.id

Relationship / 26 July 2023

Kalangan Sendiri

Waktunya Papa Mama Pergi Kencan, Terus Siapa yang Urus Anak?

Bella Tiurma Official Writer
1418

Bagi beberapa pasangan suami istri, meskipun telah resmi menikah merencanakan untuk pergi berkencan seperti masa pacaran masih perlu dilakukan. Perencanaan kencan ini dilakukan bukan hanya sekedar berkencan, tetapi memiliki beberapa manfaat salah satunya untuk memperkuat dan menjaga keharmonisan bahkan memperdalam hubungan pernikahan. 

Namun, sebuah hubungan pernikahan yang telah dikaruniai anak menjadi sangat sulit untuk merencanakan pergi berkencan berdua. Seringkali kita menemukan kebimbangan para orangtua menentukan tempat atau kepada siapa anak dititipkan saat ingin berpergian tanpanya. 

Oleh karena itu, ada tiga pilihan tips yang dapat dipertimbangkan bagi para orangtua yang ingin pergi kencan bersama pasangan tanpa anak. 

1. Dititipkan kepada orangtua kita atau Nenek dan Kakek 

Tak ada satupun nenek atau kakek yang tidak senang saat kita menitipkan anak kita kepada mereka. Menurut mereka hadirnya sang cucu dapat menjadi sebuah hiburan tersendiri dan membangun hubungan yang leih dekat lagi. Sehingga saat kita sedang berkencan dengan pasangan, kita tidak perlu khawatir waktu anak menjadi berantakan dalam hal makan hingga pola tidurnya. 

Selain itu, anak kita akan mendapatkan kasih sayang dan perhatian penuh selama kita pergi. Sehingga kita tidak merasa khawatir akan anak merasa bosan. Meskipun aktivitasnya akan menjadi terbatas dan kurang maksimal karena terkendala usia nenek dan kakek yang sudah usia lanjut. 

 

Baca Juga : 5 Tindakan Kasih untuk Memperkuat dan Memiliki Hubungan Pernikahan yang Langgeng

 

2. Meninggalkan Hanya Bersama Pengasuh atau Babysitter 

Beberapa orangtua ketika dalam situasi harus meninggalkan anaknya disaat berpergian akan memilih untuk menitipkan kepada pengasuh atau babysitter di rumah. Hal ini menjadi pilihan yang baik karena para pengasuh biasanya sudah berpengalaman dalam mengurus anak. Meskipun ada beberapa tantangan yang harus dihadapi para orangtua untuk mencari kriteria pengasuh yang baik dan terpercaya. 

3. Daycare 

Menjadi pilihan yang sangat terakhir jika para orangtua sudah tidak punya pilihan lagi untuk menitipkan anaknya yaitu dengan menitipkan di daycare. Karena disana anak akan mendapatkan pemantauan sesuai dengan usianya dan mendapatkan pengasuh yang paham mengenai tumbuh kembang anak. 

Di daycare para orangtua akan merasa aman karena selama dititipkan anak akan diajak untuk beraktivitas menghilangkan penat sesuai dengan usianya. Sehingga tak hanya sekedar dititipkan saja, tetapi ada pembelajaran untuk mengembangkan motorik anak. 

 

Manfaat Suami Istri Melakukan Kencan Setelah Menikah 

Meskipun sudah menikah, bukan berarti merencanakan kencan bersama pasangan tidak diperlukan. Justru dengan merencanakan kencan bersama pasangan akan mendapatkan beberapa manfaat bagi kelangsungan hubungan pernikahan. 

1. Mempererat Hubungan 

Setiap pasangan yang merencanakan bepergian bersama akan memiliki waktu khusus secara intens untuk meningkatkan komunikasi bersama pasangan. 

2. Memperbaharui Komitmen 

Ketika sepasang suami istri berkencan tak jarang mereka akan saling membangun hubungan kedekatannya dan meningkatkan komitmen awal mereka saat menikah. Bahkan kita juga bisa berdiskusi untuk menentukan komitmen baru yang disetujui bersama. 

 

Baca Juga : 3 Alternatif Tempat untuk Menitipkan Anak

 

3. Meredakan Perselisihan 

Beberapa pasangan suami istri ketika menghadapi sebuah perselisihan, untuk meredakan amarah keduanya dapat dilakukan dengan merencanakan kencan sebagai bentuk nostalgia masa-masa indah bersama. Sehingga saat berkencan kita dengan suasana hati yang bahagia kita dapat membicarakan permasalahan yang terjadi dengan lebih santai, kepala dingin, dan suasana yang baik. 

4. Memberikan Ruang untuk Evaluasi 

Tak jarang momen-momen kencan bersama pasangan dapat digunakan untuk saling mengoreksi dengan tulus dan memberikan masukan satu sama lain. Hal ini dilakukan sebagai bentuk perhatian menuju kebaikan bersama dan mengungkapkan harapannya. 

5. Waktu Relaksasi 

Manfaat terakhir yang sangat terasa bagi para suami dan istri ketika melakukan kencan bersama adalah hilangnya rasa penat terhadap rutinitas yang menjenuhkan. Bahkan setelah berkencan seringkali suami istri akan memiliki pikiran yang lebih segar dan bersemangat kembali dalam menjalankan aktivitasnya.

Sumber : jawaban.com | popmama.com
Halaman :
1

Ikuti Kami